Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Contoh Soal PAI SMP kelas 9 Bab Aqiqah dan Qurban

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka. Dalam asesmen sumatif, mata pelajaran PAI juga menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan. Berikut terdapat beberapa contoh soal PAI kelas 9 Kurikulum Merdeka yang dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan belajar dan latihan menjawab soal untuk bisa menghadapi asesmen sumatif dengan baik dan lancar.

PAI

Soal PAI Bab Bersyukur dengan Akikah, Peduli Sesama dengan Berkurban

I. Silakan beri tanda silang pada jawaban yang kalian anggap paling sesuai!

1. Penyembelihan hewan harus dilaksanakan sesuai ketentuan Islam, salah satunya adalah dengan memutuskan bagian tubuh berikut….

A. saluran nafas, saluran makan dan dua urat leher hewan

B. tenggorokan, saluran nafas, dua urat leher hewan

C. tenggorokan, urat nadi, dua urat leher hewan

D. tenggorokan, saluran makanan, leher hewan

 

2. Tujuan penyembelihan hewan sesuai syariat Islam salah satunya ditinjau dari segi kesehatan adalah.…

A. prosesnya sangat efektif

B. daging sembelihannya sehat

C. agar hewan halal dikonsumsi

D. kualitas dagingnya menjadi lebih mahal

 

3. Perhatikan tata cara penyembelihan hewan secara tradisional berikut!

1) Sembelihlah hewan sampai memutuskan saluran nafas, saluran makan dan dua urat leher hewan

2) Arahkan pisau pada bagian leher hewan

3) Berniat menyembelih dengan membaca basmallah dan takbir

4) Letakkan hewan di atas lubang penampungan darah

5) Hadapkan hewan yang akan disembelih dihadapkan ke kiblat

6) Pegang kuat-kuat atau ikat kaki hewan

7) Siapkan lubang penampungan darah

Urutan penyembelihan hewan secara tradisional yang tepat adalah ….

A. 3, 2, 1, 5, 7, 6,4

B. 3, 7, 6, 4, 5, 2,1

C. 7, 6, 5, 4, 2, 3, 1

D. 7, 5, 6, 4, 3, 2, 1

 

4. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

1) Hewan yang disembelihnya berupa kambing/domba.

2) Hewan yang disembelihnya berupa kambing/domba, sapi, unta.

3) Disunahkan memotong hewan pada hari ke tujuh dari kelahiran bayi

4) Penyembelihan dilaksanakan pada tanggal 10, 11, 12, 13 Zulhijjah.

5) Orang yang melaksanakannya adalah orang tua dari anak yang baru lahir.

Dari pernyataan diatas, yang termasuk ketentuan akikah terdapat pada nomor ….

A. 1, 2 dan 4

B. 1, 3 dan 5

C. 2, 3 dan 5

D. 3, 4 dan 5

 

5. Bapak Hasan dan ibu Hasanah dikaruniai anak pertamanya seorang anak laki-laki. Sebagai wujud rasa syukurnya, keluarga ini berniat akikah dengan cara menyembelih 20 ekor ayam untuk dimasak dan dibagikan kepada tetangga dan keluarga dekatnya. Dilihat dari kesahannya, akikah yang dilakukan oleh bapak Hasan adalah….

A. sah, karena nilai ayam yang disembelih setara dengan hewan akikah yaitu kambing/domba

B. tidak sah, karena seharusnya anak laki-laki akikahnya lebih banyak daripada anak perempuan

C. sah, dengan catatan nilai ayam yang disembelih harganya sama dengan hewan akikah yaitu kambing/domba

D. tidak sah, karena syarat dan ketentuan hewan akikah adalah hewan ternak yang ditentukan, yaitu kambing atau domba

 

6. Salah satu hikmah utama dari pelaksanaan ibadah akikah adalah ….

A. mendidik diri untuk lebih peduli kepada sesama

B. merupakan wujud rasa syukur lahirnya sang anak

C. lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

D. melatih diri agar bersikap dermawan

 

7. Menyembelih hewan pada tanggal tertentu, dengan niat taqarrub kepada Allah Swt. disebut….

A. zakat

B. akikah

C. kurban

D. sedekah

 

8. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) dibagikan dalam keadaan sudah matang

2) memotong kambing/domba

3) dilaksanakan pada tanggal 10, 11, 12 dan 13 Zulhijah.

4) boleh ikut memakannya asal bukan kurban nazar

5) ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah

Pernyataan tersebut yang merupakan bagian dari ketentuan kurban adalah….

A. 1, 3 dan5

B. 1, 2, dan 3

C. 2, 3 dan 4

D. 2, 4 dan 5

 

9. Di bawah ini yang bukan merupakan nilai utama dari pelaksanaan kurban adalah….

A. sebagai wujud kepasrahan kepada sang pencipta

B. sebagai wujud kecintaan kepada sang pencipta

C. sebagai wujud ketaatan kepada sang pencipta

D. sebagai wujud permohonan kepada sang pencipta

 

10. Dengan nikmat yang dilimpahkan Allah kepada keluarga, Pak Farhan membeli seekor sapi untuk ibadah kurban. Bagi Pak Farhan sekeluarga, kebahagian yang didapatnya menjadi semakin lengkap dengan melihat orang lain juga berbahagia menyantap daging kurban di hari raya Idul Adha ini. Sikap yang ingin ditanamkan Pak Farhan terhadap keluarganya adalah….

A. mendidik anak sejak dini untuk menghayati sejarah Nabi

B. membiasakan diri makan makanan yang halalan á¹­oyyiban

C. menumbuhkan sikap kepedulian sosial terhadap orang lain

D. melatih kesabaran seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim a.s.

 

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Mengapa alat yang digunakan untuk menyembelih hewan harus tajam?

2. Dalam proses penyembelihan hewan, darahnya harus benar-benar dialirkan sampai kering. Apa manfaat hal tersebut apabila ditinjau dari segi kesehatan?

3. Penyembelihan dapat dilakukan secara tradisional dan secara modern. Tuliskan urutan tata cara penyembelihan hewan secara tradisional sesuai dengan ketentuan Islam!

4. Jelaskan makna hadis riwayat Ibnu Majah yang menyatakan bahwa setiap anak itu tergadai dengan akikahnya!

5. Jelaskan mengapa penyembelihan hewan kurban termasuk bukti pasrah dan syukur seseorang terhadap Allah Swt.!

Artikel keren lainnya:

Materi Pendidikan Pancasila SMP dan MTs Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila mempunyai kedudukan strategis dalam upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas.

Pendidikan Pancasila memiliki 4 (empat) elemen kunci beserta cakupan/substansinya, sebagai berikut:

  1. Pancasila

  2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  3. Bhinneka Tunggal Ika

  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Pendidikan Pancasila

Materi bahasan Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs kelas 8:

Bab I Pancasila dalam Kehidupan Bangsaku

A. Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Kehidupanku 

B. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa dalam Kehidupanku 

C. Pancasila sebagai Ideologi Negara dalam Kehidupanku 


Bab II Pedoman Negaraku

A. Memahami Proses Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945 

B. Fungsi dan Kedudukan UUD NRI Tahun 1945

C. Berani Menjalankan UUD NRI Tahun 1945 di Lingkungan Tempat Tinggal 


Bab III Peraturan di Negaraku

A. Peraturan di Rumahku, Sekolahku, Lingkunganku, dan Negaraku

B. Pengertian Tata Urutan Perundang-undanga

C. Jenis dan Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan

D. Implementasi Peraturan Perundang-undangan

E. Komitmen Penerapan Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan di Indonesia


Bab IV Melestarikan Budaya Bangsaku

A. Pelestarian Tradisi, Kearifan Lokal, dan Budaya Nasional 

B. Budaya Nasional sebagai Alat Pemersatu Bangsa

C. Budaya Nasional sebagai Identitas dan Jati Diri Bangsa


Bab V Merawat Keutuhan Bangsa dan Negaraku

A. Wawasan Nusantara untuk Merawat Keutuhan Bangsa dan Negaraku

B. Pelaksanaan Wawasan Nusantara

Artikel keren lainnya:

Contoh Soal Pendidikan Pancasila SMP Bab Melestarikan Budaya Bangsaku

Pada Pendidikan Pancasil kurikulum merdeka untuk jenjang SMP terdapat bab melestarikan budaya bangsaku. Pada bab ini siswa akan diajak mempelajari dan memahami pentingnya pelestarian tradisi, kearifan lokal, dan budaya untuk mengembangkan identitas pribadi, sosial, dan bangsa. Siswa juga akan diajak mengenali budaya nasional yang terbentuk dari kearifan lokal dan budaya daerah sebagai alat pemersatu bangsa.

Pendidikan Pancasila

Berikut ada beberapa contoh soal pendidikan pancasila SMP Bab Melestarikan Budaya Bangsaku.

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C, atau D! 

1. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

(1) Masyarakat Kalimantan mengolah alam dengan cara nataki. 

(2) Masyarakat Labuan Bajo menangkap ikan di laut. 

(3) Masyarakat Sunda mengumpulkan padi di lumbung bernama leuit. 

(4) Masyarakat Banten bertani dengan sistem hidroponik. 

Dari pertanyaan tersebut, yang merupakan contoh kearifan lokal ditunjukkan oleh nomor …. 

A. 1 dan 2 

B. 1 dan 3 

C. 2 dan 3 

D. 2 dan 4 


Ayo, Berpentas Budaya Bab 4 | Melestarikan Budaya Bangsaku | Melestarikan Budaya Bangsaku 125 


2. Tari Saman bukan sekadar ekspresi berbudaya, melainkan releksi nilai yang hidup di masyarakat. Pernyataan tersebut memberikan pengertian bahwa budaya merupakan …. 

A. ekspresi kehidupan bermasyarakat 

B. releksi dari nilai luhur masyarakat 

C. tradisi yang diwariskan leluhur 

D. penerjemahan dari adat dan istiadat 


3. Saat ini, bahasa ibu terancam keberadaannya karena semakin sedikit keluarga yang mengajarkannya kepada para penerusnya. Padahal, menurut Pasal 32 ayat (1) dan (2) UUD NRI Tahun 1945, negara menjamin masyarakat memelihara dan mengembangkan budaya dan bahasa daerahnya termasuk budaya yang harus dilestarikan. Pernyataan berikut ini yang tidak sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …. 

A. banyak generasi muda yang tidak bisa berbahasa ibu 

B. pelestarian bahasa ibu dijamin oleh undang-undang 

C. bahasa ibu digunakan dalam berkomunikasi dengan keluarga 

D. bahasa ibu harus digunakan di lingkungan sekolah 


4. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

(1) Kurangnya minat generasi muda dalam mempelajari budaya 

(2) Minimnya sosialisasi budaya kepada masyarakat, terutama generasi muda 

(3) Mementaskan budaya nasional di kancah internasional 

(4) Mengajukan hak paten budaya nasional  

Dari pernyataan tersebut, faktor-faktor yang menjadi penyebab pudarnya budaya nasional ditunjukkan oleh nomor …. 

A. 1 dan 2 

B. 1 dan 3 

C. 2 dan 3 

D. 2 dan 4 


5. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

(1) Membeli alat musik tradisional untuk dijual kembali 

(2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya

(3) Menggelar olimpiade humaniora Nusantara 

(4) Menggeluti hobi fotografi 

Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor …. 

A. 1 dan 2 

B. 1 dan 3 

C. 2 dan 3 

D. 2 dan 4 


6. Seni pertunjukan Gambang Semarangan adalah identitas budaya masyarakat Semarang yang mencakup seni musik, vokal, tari, dan lawak. Seni pertunjukan ini gencar disosialisasikan dalam bentuk pelatihan-pelatihan oleh Pemerintah Daerah Semarang untuk menjaga kelestariannya. 

Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu Seni Gambang Semarangan …. 

A. mulai memudar di tengah masyarakat 

B. digemari oleh generasi muda masa kini 

C. merupakan budaya masyarakat Semarang 

D. mencakup seni musik, vokal, tari, dan lawak 


7. Seni pertunjukan terbang gede asal Serang, Banten, sudah ada sejak masa Sultan Ageng Tirtayasa pada abad ke-16 M. Kini, seni terbang gede telah mengalami akomodasi budaya dengan seni marawis yang berkembang cukup pesat akhir-akhir ini.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu seni terbang gede …. 

A. kurang berkembang pada masa Sultan Ageng Tirtayasa 

B. mengalahkan popularitas seni marawis di Banten 

C. terancam punah sebagai salah satu seni pertunjukan 

D. bertahan eksis dengan proses akomodasi budaya 


8. Perhatikan pernyataan berikut ini! 

(1) Mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa 

(2) Melakukan adaptasi budaya asing 

(3) Memperteguh jati diri bangsa 

(4) Memperkaya devisa negara 

Dari pernyataan tersebut, yang merupakan tujuan pemajuan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor …. 

A. 1 dan 2 

B. 1 dan 3 

C. 2 dan 3 

D. 2 dan 4 


9. Perhatikan contoh-contoh berikut ini! 

(1) tradisi lisan 

(2) manuskrip 

(3) fotograi 

(4) permainan tradisional  

Dari contoh-contoh tersebut, yang mencerminkan objek pelestarian budaya nasional ditunjukkan oleh nomor …. 

A. 1, 2, dan 3 

B. 1, 2, dan 4 

C. 1, 3, dan 4 

D. 2, 3, dan 4 


10. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari kebudayaan bangsa-bangsa lain. 

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut yaitu …. 

A. budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain 

B. gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya 

C. budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa 

D. budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain 


B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 

1. Dalam pergaulan internasional, para pelajar Indonesia dikenal sebagai orang yang sopan, ramah, dan gemar membantu. Berdasarkan pernyataan tersebut, apakah terdapat hubungan antara tradisi, kearifan lokal, dan budaya dengan pembentukan identitas pribadi, sosial, dan bangsa? Jika ada, apa hubungannya? 

2. Di sebuah sekolah terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Ada seni tari dan seni bela diri. Tari tango asal Argentina ternyata lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sedangkan pendaftar tari saman asal Aceh relatif sedikit. Pada kategori seni bela diri, ekstrakurikuler karate lebih digemari dibandingkan pencak silat. Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang kalian tawarkan agar budaya nasional lebih banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah tersebut? 

3. Ada seorang pelajar yang lolos seleksi program pertukaran budaya ke Korea Selatan. Pelajar ini memang sangat menggemari budaya Korea Selatan. Namun, di sisi lain, ia kurang mengenali budaya nasional, bahkan budaya asal daerahnya. Menurut kalian, bagaimana sebaiknya sikap pelajar ini? Apakah pelajar ini sebaiknya membatalkan program pertukaran budaya tersebut dan mengenali budaya nasional terlebih dahulu?

4. Gambang semarangan adalah contoh budaya nasional asal Semarang yang hampir pudar. Menurut kalian, faktor apa yang menyebabkan budaya nasional tersebut memudar? Apa solusi yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian budaya nasional? 

5. Pemerintah harus berupaya melestarikan budaya nasional melalui berbagai regulasi dan kegiatan kebudayaan. Berdasarkan pernyataan tersebut, mengapa sebuah bangsa harus melestarikan budayanya? Jelaskan hubungan antara budaya dengan pembentukan identitas dan jati diri pribadi, sosial, dan bangsa! 

Artikel keren lainnya:

Download Buku PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka untuk MTs dan SMP

Buku PAI & Arab MTS berdasarkan KMA 183

Mata  pelajaran  Pendidikan  Agama  Islam  dalam kurikulum merdeka meliputi 4 aspek: Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Masing-masing aspek tersebut pada dasarnya saling terkait dan melengkapi. Akan tetapi ada perbedaan pembelajaran PAI di SMP dan MTs yakni kalau di MTs setiap aspek PAI dijadikan mata pelajaran tersendiri. Adapun pembelajaran PAI di SMP dijadikan pelajaran terpadu.

Selain itu, di MTs juga ada pelajaran wajib tambahan yaitu Bahasa Arab. Seperti halnya pembelajaran bahasa lainnya, pembelajaran bahasa Arab juga terdiri dari 4 aspek kecakapan, yaitu menyimak (istima'), bericara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah).

Buku PAI dan Bahasa Arab

Berikut terdapat beberapa link buku Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk MTs dan SMP berdasarkan kurikulum merdeka.

Al-Quran Hadits

Buku pelajaran Al-Quran Al-Hadits MTs kelas 7 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Al-Quran Al-Hadits MTs kelas 8 kurikulum merdeka download di sini 

Buku pelajaran Al-Quran Al-Hadits MTs kelas 8 kurikulum merdeka download di sini

Aqidah Akhlak

Buku pelajaran Aqidah Akhlak MTs kelas 7 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Aqidah Akhlak MTs kelas 8 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Aqidah Akhlak MTs kelas 9 kurikulum merdeka download di sini

Fikih

Buku pelajaran Fikih MTs kelas 7 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Fikih MTs kelas 8 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Fikih MTs kelas 9 kurikulum merdeka download di sini

Sejarah Kebudayaan Islam

Buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs kelas 7 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs kelas 8 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MTs kelas 9 kurikulum merdeka download di sini

Bahasa Arab

Buku pelajaran Bahasa Arab MTs kelas 7 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Bahasa Arab MTs kelas 8 kurikulum merdeka download di sini

Buku pelajaran Bahasa Arab MTs kelas 9 kurikulum merdeka download di sini

Pendidikan Agama Islam

Buku pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP kelas 7 kurikulum merdeka  download di sini

Buku pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP kelas 8 kurikulum merdeka  download di sini

Buku pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP kelas 9 kurikulum merdeka download di sini

=================

Buku pelajaran kurikulum merdeka klik di sini!

Artikel keren lainnya: