Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Tatung Mustari Trips to Singapore with Bintang Madani Junior High School

Alhamdulillah, saya bersama beberapa guru dan siswa-siswi SMP Bintang Madani Bandung mengunjungi Singapura untuk kegiatan overseas tahun ini. Overseas dilaksanakan pada 6 - 10 November 2023. Berikut dokumentasi dan rangkuman perjalanan kami selama di Singapura.

Hari Ke-1

• Check in Campbell in

• Flower Dome

Flower Dome Garden by the Bay merupakan tempat berbentuk kubah yang mempesona dan wajib dikunjungi kalau ke Singapura. Di tempat ini mata akan dimanjakan dengan warna-warni bunga-bunga. Ada sekitar 30.000 jenis bunga dan 150 spesies tumbuhan yang diambil dari seluruh dunia. Flower Dome ini selalu berganti-ganti tema tergantung musim bunga.

• Cloud Forest

Setelah puas berkeliling di Flower Dome, kami langsung menuju ke Cloud Forest. Lokasinya ini berada di samping Flower Dome. Sesuai namanya, tempat ini merupakan replikasi dari cloud forest atau hutan awan yang suasananya berkabut dan lembab. Tanaman yang ada di sini pun adalah tanaman yang biasa hidup di habitat cloud forest tersebut. Selain itu, di sini juga kita akan merasakan seperti di dunia Avatar.

Tatung Mustari at Cloud Forest

Tatung Mustari menikmati sejuknya udara

• Orchard Road

• Masjid Al-Falah

Selain tempat belanja dan wisata, di Orchard Road juga terdapat masjid ikonik yaitu masjid Al-Falah. Masjid ini cukup besar, letaknya di dekat The Paragon atau sekitar 2 menit dari ibox di Orchard Road.

Hari Ke-2

• Sekolah Indonesia Singapura

Sekolah Indonesia Singapura (SIS) didirikan pada tanggal 20 Mei 1969. Pada 29 Maret 2016, SIS diakui sebagai salah satu sekolah swasta di Singapura. Nama lembaga berubah menjadi Sekolah Indonesia (Singapurar) Limited atau SIS Ltd. Kebanyakan murid yang belajar di sini adalah anak pejabat atau pekerja Indonesia yang bekerja di Singapura. Hal yang unik yang saya temukan adalah seragamnya sama dari semua level.

Sekolah Indonesia Singapura

• Masjid Sultan

Masjid Sultan merupakan masjid bersejarah dan masjid pertama yang dibangun di Singapura.

• Merlion Park

Merlion Park merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Di sini terdapat patung singa bertubuh ikan yang menjadi ikon Singapura. Terdapat dua patung Merlion di taman ini, yang pertama berdiri di ketinggian 8,6 meter sedangkan patung kedua tingginya sekitar 2 meter. Kita juga akan mendapati pemandangan Marina Bay Sands.

Tatung Mustari dengan latar Marina Bay Sand


• Bugis Street

Bugis Street merupakan sebuah kawasan ibaratnya seperti Mangga Dua, atau Pasar Baru kalau di Jakarta. Kita bisa belanja oleh-oleh di sini dengan harga miring dibanding tempat lain.

• Sentosa Island

• Universal Studio

Universal Studios Singapore merupakan taman hiburan terbesar dalam lingkup Asia Tenggara dan berada di kawasan Sentosa World Resort.

SBM at Universal Studio

• Wings of Time

Wings of time show adalah sebuah pertunjukan yang memadukan seni, laser, air mancur, dan teknologi yang diadakan setiap hari di pantai Siloso, Pulau Sentosa, Singapura.

Hari Ke-3

• Museum Nasional Singapura

Museum Nasional Singapura adalah museum tertua yang memamerkan tentang sejarah Singapura. Di balik eksterior kolonial abad ke-19, galeri-galerinya mengadopsi cara-cara mutakhir dan multi-perspektif dalam menyajikan sejarah dan budaya untuk mendefinisikan ulang pengalaman museum konvensional. Sebagai landmark budaya dan arsitektur di Singapura.

SBM at SNM

Tatung Mustari di Museum Nasional Singapura

• Science Center

Singapore Science Center adalah sebuah tempat wisata di Singapura (luas 7.500 meter persegi) yang didedikasikan untuk menambah pengetahuan tentang sains seluruh pengunjung dari segala usia.

• Omni Theatre

Omni Theatre merupakan satu-satunya teater kubah IMAX di Singapura, yang dilengkapi layar berbentuk kubah setinggi lima lantai yang menghipnotis Anda pada aksi yang terpampang di layar. Saksikan mamut bertaring dan berbulu yang menjadi hidup atau beruang yang menari di layar raksasa.

• Little India

• Masjid Angullia

Masjid Angullia ialah salah satu masjid yang terletak di kawasan Little India, Singapura. masjid bersejarah berusia 130 tahun di kota Little India dapat menampung 2.500 jemaah yang sebelumnya hanya dapat menampung 1.500. Masjid ini pertama kali dibangun almarhum Mohammad Salleh Eusoff Angullia pada 1890, seorang Muslim Sunni Gujarat dari Rander, utara Mumbai dan kakek buyut ketua masjid saat ini, Ayoob Angullia. Itu dibangun kembali pada tahun 1970-an. 

Hari Ke-4

• Bugis Street

• Check Out Campbell in

• NEWater

NEWAter merupakan PDAM’nya Singapura. FYI kalau air di Singapura itu didaur ulang dan air keran di sana bisa langsung diminum. Berikut saya rangkum proses pemurnian air dari air limbah sampai bisa dikonsumsi:

Langkah pertama daur ulang air dalam sistem NEWater adalah mengumpulkan air limbah di pabrik reklamasi air untuk pengolahan standar. NEWater memanfaatkan pemisahan saluran drainase air hujan dan air limbah. Saluran air limbah itu bermuara ke tiga pabrik pengolahan air limbah nasional yaitu Kranji, Bedok, dan Changi.

Selanjutnya limbah tersebut difiltrasi sebagai tahap pertama proses daur ulang air.

Penyaringan dilakukan menggunakan teknologi Microfiltration (MF). Yaitu menyalurkan air melalui lapisan khusus sehingga partikel padat dan protozoa dapat tersaring. Hasil dari filtrasi ini merupakan air yang hanya mengandung larutan garam dan molekul organik saja.

Tahapan selanjutnya, yaitu proses Reverse Osmosis (RO). Berbeda dengan proses filtrasi, pada tahap RO digunakan membran semipermeabel. Membran tersebut berpori sangat kecil sehingga hanya dapat dilalui oleh partikel air saja. Zat-zat seperti bakteri, virus, logam berat, sulfat, nitrat, klorida, hidrokarbon, tersuspensi di membran ini.

Di tahap akhir, air murni tersebut kemudian didesinfeksi dengan sinar UV untuk memastikan telah melampaui kualitas yang ditetapkan oleh US EPA dan WHO. Dengan sedikit penambahan unsur alkali untuk mengembalikan keseimbangan pH, NEWater pun siap untuk disalurkan pada konsumen.

Tatung Mustari di NEWater

========

Reported by Tatung Mustari

Thank to:

SMP Bintang Madani Bandung

Sekolah Indonesia Singapura

KAAI Tour and Travel


Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tatung Mustari Trips to Singapore with Bintang Madani Junior High School"

Post a Comment

Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.