Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Kumpulan Soal Cerdas Cermat Al-Qur'an

LCC Al-Qur'an | Pertanyaan Quis Tentang Al-Qur'an
Berikut adalah kumpulan soal dan juga jawabannya tentang Al-Qur'an. Bagi yang ingin mengadakan lomba cerdas cermat atau quis tentang Al-Qur'an, silakan dicomot saja. Semoga bermanfaat.
Soal cerdas cermat Al-Qur'an:
T : Berapa jumlah Surah dlm Al-Qur'an?
J : 114 Surah

T : Berapa jumlah Juz dlm Al-Qur'an?
J : 30 Juz

T : Berapa jumlah Hizb dlm Al-Qur'an?
J: 60 Hizb

T: Berapa jumlah Ayat dlm Al-Qur'an?
J: 6236 Ayat

T : Berapa jumlah Kata dlm Al-Qur'an?, dan Berapa Jumlah Hurufnya?
J: 77437 Kata, atau 77439 Kata dan 320670 Huruf

T : Siapa Malaikat yang disebut dlm Al-Qur'an?,
J : Jibril, Mikail, Malik, Raqib, Atiid, Malakul maut, Harut, Marut, Al-Hafazoh, Al-Kiromul katibun, Hamalatul Arsy, dll.

T : Berapa Jumlah Sajdah (ayat Sujud) dlm Al-Qur'an?
J : 15 Sajdah

T : Berapa Jumlah para Nabi yg disebut dlm Al-Qur'an?
J : 25 Nabi

T : Berapa Jumlah Surah Madaniyah dlm Al-Qur'an?, sebutkan.
J : 28 Surah, al-Baqoroh, al-Imron, al-Nisa" al-Maidah, al-Anfal, al-Tawbah, al-Ra'd, al-Haj, al-Nur, al-Ahzab, Muhammad, al-Fath, al-Hujurat, al-Rahman, al-Hadid, al-Mujadilah, al-Hasyr, al-Mumtahanah, al-Shaf, al-Jum'ah, al-Munafiqun, al-Taghabun, al-Thalaq, al-Tahrim, al-Insan, al-Bayinah, al-Zalzalah, al-Nashr.

T : Berapa Jumlah Surah Makiyah dlm Al-Qur'an? sebutkan.
J : 86 Surat, selain surah tersebut di  atas.

T : Berapa Jumlah Surah yg dimulai dgn huruf dlm Al-Qur'an?
J : 29 Surah.

T : Apakah yg dimaksud dgn Surah Makiyyah?, sebutkan 10 saja.
J : Surah Makiyyah adalah Surah yg diturunkan di Makkah sebelum Hijrah, seperti: al-An'am, al-Araf, al-Shaffat, al-Isra', al-Naml, al-Waqi'ah, al-Haqqah, al-Jin, al-Muzammil, al-Falaq.

T : Apakah yg dimaksud dgn Surah Madaniyyah? sebutkan lima saja?
J : Surah Madaniyah adalah Surah yg diturunkan di Madinah setelah Hijrah, seperti: al-Baqarah, al-Imran, al-Anfal, al-Tawbah, al-Haj.

T : Siapakah nama para Nabi yg disebut dlm Al-Qur'an?
J : Adam, Nuh, Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub, Musa, Isa, Ayub, Yunus, Harun, Dawud, Sulaiman, Yusuf, Zakaria, Yahya, Ilyas, Alyasa', Luth, Hud, Saleh, ZulKifli, Syuaib, Idris, Muhammad Saw.

T : Siapakah satu-satunya nama wanita solehah yg disebut namanya dlm Al-Qur'an?
J : Maryam binti Imran.

T : Siapakah satu-satunya nama Sahabat yg disebut namanya dlm Al-Qur'an?
J : Zaid bin Haritsah. Rujuk dlm surah Al Ahzab ayat 37.

T : Apakah ayat dlm Al-Qur'an yg pertama kalil turun?
J : surah al alaq ayat 1-5 (إقرأ باسم ربك الذي خلق)

T : Apakah ayat terakhir yg turun dlm Al-Qur'an?
J : ayat 3 surah al maidah
 أليوم أكملت لكم دينكم وأ تممت عليكم نعمتي و رضيت لكم الإسلام دينا

T : Apakah nama Surah yg tanpa Basmalah?J : Surah at-Tawbah (baro'ah).

T : Apakah nama Surah yg memiliki dua Basmalah?
J : Surah al-Naml.

T : Apakah yg disebut surah al-mu'awidzatain (2 surah penjagaan)?
J : Surah Al-Falaq & An-Naas.

T : Apakah nama Surah yg bernilai seperempat Al-Qur'an?
J : Surah al-Kafirun.

T : Apakah nama Surah yg bernilai sepertiga Al-Qur'an?
J : Surah al-Ikhlas

T : Apakah nama Surah yg menyelamatkan dari siksa Qubur?
J : Surah al-Mulk

T : Apakah nama Surah yg apabila dibaca pada hari Jum'at akan menerangi sepanjang pekan?
J : Surah al-Kahfi

T : Apakah ayat yg paling Agung dan dlm Surah apa?
J : Ayat Kursi, dlm Surah al-Baqarah ayat No.255

T : Apakah nama Surah yg paling Agung dan berapa jumlah ayatnya?
J : Surah al-Fatihah, 7 ayat.

T : Apakah ayat yg paling bijak dan dlm surah apa?
J : Firman Allah Swt :" Barang siapa yg melakukan kebaikan sebesar biji sawi ia akan lihat, Barang siapa melakukan kejahatan sebesar biji sawi ia akan lihat.. (Surah al-Zalzalah ayat 7-8)

T : Apakah nama Surah yg ada dua sajdahnya?
J : Surah al-Haj ayat 18 dan ayat 77.

T : Pada Kata apakah pertengahan Al-Qur'an itu di Surah apa? ayat no Berapa?
J :
:* وليتلطف* Surah -Kahfi ayat No. 19

T : Ayat apakah bila dibaca setiap habis Sholat Fardhu dpt mengantarkannya masuk ke dalam surga?
J : Ayat Kursi.

T : Ayat apakah yg diulang-ulang sbyk 31 kali dlm satu Surah dan di Surah apa?
J: Ayat (فَبِأَيَّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ) pada Surah al-Rahman.

T : Ayat apakah yg diulang-ulang sbyk 10 kali dlm satu Surah dan di surah apa? Apakah ayat ini ada juga disebut dlm surah lainnya? Di Surah apa?
J : Ayat (وَيْلٌ يَوْمَئِذٍ لِّلْمُكَذِّبِيْنَ) pada Surah al-Mursalat, juga ada dlm Surah al-Muthaffifiin ayat No. 10.

T : Apakah Ayat terpanjang dlm Al-Qur'an? pada Surah apa? Ayat berapa? Dan apa yang dibahas?
J: Ayat No 282 Surah al-Baqarah, membahas muamalah dg sesama manusia dlm keuangan& hutang piutang

Artikel keren lainnya:

Baligh Tapi Tidak Aqil

REYNHARD
Oleh Ust Adriano Rusfi, Psikolog
Apa yang dapat anda katakan dan simpulkan dari seorang laki-laki 36 tahun yang hidup sepenuhnya ditopang secara finansial  oleh kedua orangtuanya yang kaya raya?
Ia hanya perlu belajar... belajar... dan belajar... Ia tak perlu mencari nafkah,  menghadapi kesulitan hidup, atau menghadapi masalah... Ia mungkin jago problem solving untuk soal-soal di atas kertas. Tapi akan begitu keteteran untuk solution making dan decision making di kehidupan nyata...
Seorang Reynhard tak pelak lagi adalah seseorang dengan academic capability yang hebat. Terbukti bahwa dia sedang mengambil program doktoral di Manchester... Tapi apakah dia adalah seorang intelektual? Dalam perspektif Islam: ia mungkin mampu berpikir, tapi belum tentu telah BERAKAL (aqil)!!!
Peralihan

Ah... dengan perspektif cemas aku jadi ingat percakapan dengan beberapa rekan dosen dari sebuah kampus prestisius di Bandung:
"Bang, mahasiswa S-3 kami di usia 27 tahun belum aqil, Bang... Hidup mereka kebanyakan 100% ditopang orangtua... Kemandirian belum punya... Dan mudah putus asa... "
Dan aku menjadi setengah panik ketika terngiang prediksi seorang teman dari BKKBN Jogja, tepat 29 Juni 2018 silam:
"Tahu nggak Bang, bahwa di tahun 2035 kami perkirakan kedewasaan mental (aqil) baru terjadi di usia 30..."
Duh...
Karena masalahnya tak sesederhana itu... Karena bersamaan dengan melambatnya aqil, kedewasaan fisik (baligh) justru semakin cepat... Teman-teman dokter bilang:
"Bang, ini era early puberty... Anak kita sudah mulai baligh di usia 9 tahun... Nafsunya mulai bergejolak di usia itu..."
Astaghfirullah... Gas nafsu (baligh) teraktivasi makin cepat, justru ketika rem akal (aqil) teraktivasi semakin lambat... Nafsu, yang terdiri dari syahwat (eros) dan ghadhab (thanatos) membuncah dini justru saat fungsi akal tumbuh melambat...
Aku jadi teringat pernyataan Kohlberg maupun Piaget: Moralitas berkorelasi positif signifikan dengan intelektualitas (aqil)...
Dan Robert Eipstein ngamuk-ngamuk di The Psychology Today: "Kita menghasilkan generasi sampah (trashing teen)... Melakukan pembocahan (infantilization)... Dan Memperpanjang masa kanak (extended childhood)...
Dan Reynhard telah menjadi produk sempurna dari generasi adolescence yang baru muncul sejak awal abad 20 ini... Memperkosa adalah paduan sempurna dari life instinct dan death instinct sekaligus...
Tapi ada yang lebih aku cemaskan: bahwa pendidikan kita sedang menyiapkan generasi baligh non aqil ini... Anak-anak kita dituntut fokus belajar, sehingga tak perlu memikirkan masalah, mencari nafkah, memasak, mencuci pakaian sendiri, berjuang mengatasi hidup...
Apakah kita sedang menanti Reynhard-Reynhard baru???
Batu, 8 Januari 2020
-------
Tambahan:
Adalah termasuk ayah yang jahat yang mengatakan kepada anaknya “Kamu fokus saja sekolah, biar ayah yang memikirkan fasilitasnya”


Artikel keren lainnya:

Nama-nama 313 Rasul dan Nabi Allah

INILAH NAMA-NAMA 313 UTUSAN ALLOH  (RASUL ALLAH)
Telah kita ketahui bersama bahwa nama2 rasul yg wajib kita hafal dan ketahui ada 25. Sedangkan jumlah keseluruhan para rasul ada 313. Dan dalam kitab jauhar tauhid di katakan ada 114-115. Mungkin ini yang tidak banyak diketahui orang, yakni tentang nama2 para rasul yg berjumlah 313.
Al-Alim al-‘Allamah asy-Syaikh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani (kelahiran Tanara, Serang, Banten tahun 1813 M dan wafat di Mekkah tahun 1897 M), dalam kitabnya yg berjudul ats-Tsamaru al-Yani’ah fi Riyadh al-Badi’ah menjelaskan:
فمن كتب اسمائهم ووضعهم فى بيته او قراها اوحملها تعظيما لهم وتكريما لذواتهم واحتراما لنبوتهم واستمدادا من هممهم العالية واستغاثة بارواحهم المقدسة سهل عليه امورالدنيا والاخرة وفتح عليه ابواب الخيرات ونزول الرحمة والبركات ودفع عنه الشرور , وقال صلى الله عليه وسلم حياتهم ومماتهم سواء فهم متصرفون في الارض والسماء.
“Barangsiapa yang menulis nama2 rasul dan meletakkannya di rumah atau membacanya atau membawanya dengan mengagungkan mereka, memuliakan keberadaan mereka, menghormati kenabian mereka, berharap dari keinginan mereka yg tinggi dan beristighatsah dengan ruh2 mereka yg suci, maka akan dimudahkan oleh Allah Swt. segala urusan di dunia dan akhirat. Dan akan dibukakan pintu2 kebaikan dan diturunkan rahmat, keberkahan serta menolak segala kejelekan. Rasulullah Saw. bersabda: “Hidup dan matinya mereka (para rasul) itu sama saja, tetap beraktivitas (hidup) di bumi dan di langit.”
والمشهور ان المرسلين ثلاثمائة وثلاثا عشر كما في حديث ابي ذر وهاهي اسماؤهم على ماروى عن انس: ادم , شيث, انوش, قيناق, مهيائيل, اختوخ, ادريس, متوشلخ, نوح, هود, عبهف, مرداريم, شارع, صالح, ارفخشذ, صفوان, حنظلة, لوط, عصان, ابراهيم, اسمعيل, اسحق, يعقوب, يوسف, شمائيل, شعيب, موسى, لوطان, يعوا, هرون, كليل, يوشع, دانيال, بونش, بليا, ارميا, يونس, الياس, سليمان, داود, اليسع, ايوب, اوس, ذانين, الهميع, ثابت, غابر, هميلان, ذوالكفل, عزير, عزقلان, عزان, الوون, زاين, عازم, هريد, شاذن, سعد, غالب, شماس, شمعون, فياض, قضا, سارم, عيناض, سايم, عوضون, بيوزر, كزول, باسل, باسان, لاخين, غلضات, رسوغ, رشعين, المون, لوغ,برسوا, الاظيم, رشاد, شريب, هيبل, ميلان, عمران, هرييب, جريت, شماع, صريخ, سفان, قبيل, ضعضع, عيصون, عيصف, صديف, برواء,حاصيم, هيان, عاصم, وجان, مصداع, عاريس, شرحبيل, خربيل, حزقيل, اشموئيل, غمصان, كببر, سباط, عباد بثلخ, ريهان, عمدان, مرقان, حنان, لوحنا, ولام, بعيول, بصاص, هبان, افليق, قازيم, نصير, اوريس, مضعس, جذيمة, شروحيل, معنائيل, مدرك, حارم, بارغ هرميل, جابد, زرقان, اصفون, برجاج, ناوى, هزرابن اشبيل, عطاف, مهيل, زنجيل, شمطان, القوم, حوبلد, صالح, سانوخ, راميل, زاميل, قاسم, باييل, بازل, كبلان, باتر, حاجم, جاوح, جامر, حاجن, راسل, واسم, رادن, سادم, شوشا, جازان, صاحد, صحبان, كلوان, صاعد,غفران, غاير, لاحون, بلدخ, هيدان, لاوى, هيراء, ناصى, حانك, حافيخ, كاشيخ, لافث, نايم, حاشم, هجام, ميزاد,اسيمان, رحيلا, لاطف, برطفون, ابان, عورائض, مهمتصر, عانين, نماخ, هندويل, مبصل, مضعتام, طميل, طابيح, مهمم حجرم, عدون, منبد, بارون, روان, معبن, مزاحم, يانيد, لامى, فردان,جابر, سالوم, عيص, هربان, جابوك, عابوج, مينات, قانوح, دربان, صاخم, حارض, حراض, حرقيا, نعمان, ازميل, مزحم, ميداس, يانوح, يونس, ساسان, فريم, فريوش, صحيب, ركن, عامر, سحنق, زاخون, حينيم, عياب, صباح, عرفون, مخلاد, مرحم, صانيد, غالب, عبدالله, ادرزين, عدسار, زهران, بايع, نظير, هورين, كايواشيم, فتوان, عابون, رباخ, صابح, مسلون, حجان, روبال, رابون, معيلا, سايعان, ارجيل, بيغين, متضح, رحين, محراس, ساخين, حرفان, مهمون, حوضان, البؤن, وعد, رخيول, بيغان, بتيحور, حوظبان, عامل, زحرام, عيس, صبيح, يطبع, جارح, صهيب, صبحان, كلمان, يوخى, سميون, عرضون, حوحر, يلبق, بارع, عائيل, كنعان, حفدون, حسمان, يسمع, عرفور, عرمين, فضحان, صفا, شمعون, رصاص, اقلبون, شاخم, خائيل, احيال, هياج, زكريا, يحيى, جرجيس, عيسى بن مريم, محمد صلى الله عليه وسلم عليهم اجمعين .
“Dan menurut pendapat yg masyhur, sesungguhnya para rasul itu berjumlah 313, seperti yg disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dzar Ra. Dan inilah nama2 rasul itu seperti yg diriwayatkan dari sahabat Anas Ra.:
1. Adam As.
2. Tsits As.
3. Anuwsy As.
4. Qiynaaq As.
5. Mahyaa’iyl As.
6. Akhnuwkh As.
7. Idris As.
8. Mutawatsilakh As.
9. Nuh As.
10. Hud As.
11. Abhaf As.
12. Murdaaziyman As.
13. Tsari’ As.
14. Sholeh As.
15. Arfakhtsyad As.
16. Shofwaan As.
17. Handholah As.
18. Luth As.
19. Ishoon As.
20. Ibrahim As.
21. Isma’il As.
22. Ishaq As.
23. Ya’qub As.
24. Yusuf As.
25. Tsama’il As.
26. Su’aib As.
27. Musa As.
28. Luthoon As.
29. Ya’wa As.
30. Harun As.
31. Kaylun As.
32. Yusya’ As.
33. Daaniyaal As.
34. Bunasy As.
35. Balyaa As.
36. Armiyaa As.
37. Yunus As.
38. Ilyas As.
39. Sulaiman As.
40. Daud As.
41. Ilyasa’ As.
42. Ayub As.
43. Aus As.
44. Dzanin As.
45. Alhami’ As.
46. Tsabits As.
47. Ghobir As.
48. Hamilan As.
49. Dzulkifli As.
50. Uzair As.
51. Azkolan As.
52. Izan As.
53. Alwun As.
54. Zayin As.
55. Aazim As.
56. Harbad As.
57. Syadzun As.
58. Sa’ad As.
59. Gholib As.
60. Syamaas As.
61. Syam’un As.
62. Fiyaadh As.
63. Qidhon As.
64. Saarom As.
65. Ghinadh As.
66. Saanim As.
67. Ardhun As.
68. Babuzir As.
69. Kazkol As.
70. Baasil As.
71. Baasan As.
72. Lakhin As.
73. Ilshots As.
74. Rasugh As.
75. Rusy’in As.
76. Alamun As.
77. Lawqhun As.
78. Barsuwa As.
79. Al-‘Adzim As.
80. Ratsaad As.
81. Syarib As.
82. Habil As.
83. Mublan As.
84. Imron As.
85. Harib As.
86. Jurits As.
87. Tsima’ As.
88. Dhorikh As.
89. Sifaan As.
90. Qubayl As.
91. Dhofdho As.
92. Ishoon As.
93. Ishof As.
94. Shodif As.
95. Barwa’ As.
96. Haashiim As.
97. Hiyaan As.
98. Aashim As.
99. Wijaan As.
100. Mishda’ As.
101. Aaris As.
102. Syarhabil As.
103. Harbiil As.
104. Hazqiil As.
105. Asymu’il As.
106. Imshon As.
107. Kabiir As.
108. Saabath As.
109. Ibaad As.
110. Basylakh As.
111. Rihaan As.
112. Imdan As.
113. Mirqoon As.
114. Hanaan As.
115. Lawhaan As.
116. Walum As.
117. Ba’yul As.
118. Bishosh As.
119. Hibaan As.
120. Afliq As.
121. Qoozim As.
122. Ludhoyr As.
123. Wariisa As.
124. Midh’as As.
125. Hudzamah As.
126. Syarwahil As.
127. Ma’n’il As.
128. Mudrik As.
129. Hariim As.
130. Baarigh As.
131. Harmiil As.
132. Jaabadz As.
133. Dzarqon As.
134. Ushfun As.
135. Barjaaj As.
136. Naawi As.
137. Hazruyiin As.
138. Isybiil As.
139. Ithoof As.
140. Mahiil As.
141. Zanjiil As.
142. Tsamithon As.
143. Alqowm As.
144. Hawbalad As.
145. Solih As.
146. Saanukh As.
147. Raamiil As.
148. Zaamiil As.
149. Qoosim As.
150. Baayil As.
151. Yaazil As.
152. Kablaan As.
153. Baatir As.
154. Haajim As.
155. Jaawih As.
156. Jaamir As.
157. Haajin As.
158. Raasil As.
159. Waasim As.
160. Raadan As.
161. Saadim As.
162. Syu’tsan As.
163. Jaazaan As.
164. Shoohid As.
165. Shohban As.
166. Kalwan As.
167. Shoo’id As.
168. Ghifron As.
169. Ghooyir As.
170. Lahuun As.
171. Baldakh As.
172. Haydaan As.
173. Lawii As.
174. Habro’a As.
175. Naashii As.
176. Haafik As.
177. Khoofikh As.
178. Kaashikh As.
179. Laafats As.
180. Naayim As.
181. Haasyim As.
182. Hajaam As.
183. Miyzad As.
184. Isyamaan As.
185. Rahiilan As.
186. Lathif As.
187. Barthofun As.
188. A’ban As.
189. Awroidh As.
190. Muhmuthshir As.
191. Aaniin As.
192. Namakh As.
193. Hunudwal As.
194. Mibshol As.
195. Mudh’ataam As.
196. Thomil As.
197. Thoobikh As.
198. Muhmam As.
199. Hajrom As.
200. Adawan As.
201. Munbidz As.
202. Baarun As.
203. Raawan As.
204. Mu’biin As.
205. Muzaahiim As.
206. Yaniidz As.
207. Lamii As.
208. Firdaan As.
209. Jaabir As.
210. Saalum As.
211. Asyh As.
212. Harooban As.
213. Jaabuk As.
214. Aabuj As.
215. Miynats As.
216. Qoonukh As.
217. Dirbaan As.
218. Shokhim As.
219. Haaridh As.
220. Haarodh As.
221. Harqiil As.
222. Nu’man As.
223. Azmiil As.
224. Murohhim As.
225. Midaas As.
226. Yanuuh As.
227. Yunus As.
228. Saasaan As.
229. Furyum As.
230. Farbusy As.
231. Shohib As.
232. Ruknu As.
233. Aamir As.
234. Sahnaq As.
235. Zakhun As.
236. Hiinyam As.
237. Iyaab As.
238. Shibah As.
239. Arofun As.
240. Mikhlad As.
241. Marhum As.
242. Shonid As.
243. Gholib As.
244. Abdullah As.
245. Adruzin As.
246. Idasaan As.
247. Zahron As.
248. Bayi’ As.
249. Nudzoyr As.
250. Hawziban As.
251. Kaayiwuasyim As.
252. Fatwan As.
253. Aabun As.
254. Rabakh As.
255. Shoobih As.
256. Musalun As.
257. Hijaan As.
258. Rawbal As.
259. Rabuun As.
260. Mu’iilan As.
261. Saabi’an As.
262. Arjiil As.
263. Bayaghiin As.
264. Mutadhih As.
265. Rahiin As.
266. Mihros As.
267. Saahin As.
268. Hirfaan As.
269. Mahmuun As.
270. Hawdhoon As.
271. Alba’uts As.
272. Wa’id As.
273. Rahbul As.
274. Biyghon As.
275. Batiihun As.
276. Hathobaan As.
277. Aamil As.
278. Zahirom As.
279. Iysaa As.
280. Shobiyh As.
281. Yathbu’ As.
282. Jaarih As.
283. Shohiyb As.
284. Shihats As.
285. Kalamaan As.
286. Bawumii As.
287. Syumyawun As.
288. Arodhun As.
289. Hawkhor As.
290. Yaliyq As.
291. Bari’ As.
292. Aa’iil As.
293. Kan’aan As.
294. Hifdun As.
295. Hismaan As.
296. Yasma’ As.
297. Arifur As.
298. Aromin As.
299. Fadh’an As.
300. Fadhhan As.
301. Shoqhoon As.
302. Syam’un As.
303. Rishosh As.
304. Aqlibuun As.
305. Saakhim As.
306. Khoo’iil As.
307. Ikhyaal As.
308. Hiyaaj As.
309. Zakariya As.
310. Yahya As.
311. Jurhas As.
312. Isa As.
313. Muhammad Saw.
Alhasil, menurut dengan konteks kekinian, kalau kita posting ataupun share status 313 nama2 rasul ini insya Allah juga akan mendapatkan keutamaan sebagaimana mereka yg meletakkannya di rumah atau membacanya atau membawanya dgn mengagungkan mereka, memuliakan keberadaan mereka, menghormati kenabian mereka, berharap dari keinginan mereka yg tinggi dan beristighatsah dengan ruh2 mereka yg suci, sebagaiman disebutkan di atas. Aamiin.
صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِمْ اَجْمَعِيْنَ… شيء لله لهم الفاتحة
اَللّٰـهُمَّ إِنِّـى أَسْـأَلُكَ وَأَ تَـوَجَّـهُ إِ لَـيْكَ بِحَبِـيْـبِكَ اْلـمُصْطَفَ عِـنْدَكَ يَا حَبِـيْـبَنَا يَا مُحَـمَّدُ إِنَّا نَتَوَسَّلُ بِكَ إِلَى رَبِكَ فَاشْـفَعْ لَنَا عِنْدَ اْلـمَوْلَى اْلعَظِيْم يَانِعْمَ الرَّسُـوْلُ الـطَّاهِرُ اَللّٰـهُمَّ شَفِـعْـهُ فِـيْنَا بِـجَاهِـهِ عِنْدَكَ. الفاتحة.....
اَللّٰـهُمَّ إِ نِّـى أَ سْـأَ لُكَ وَ أَ تَوَجَّـهُ إِ لَـيْكَ جَمِـيْعِ اْلأَ نْـبِيَآءِ الْمُطَهَّـرِيْنَ وَا الرَّسُوْلِ الْمُرْسَلِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَجَمِـيْعِ أَوْلِـيَآ ئِكَ فِى مَشَارِقِ اْلأَرْضِ وَمَغَا رِ بِهَا فِى بَـرِّهَا وَبَحْرِهَا مِنْ أَوْلِـيَآ ءِ اْلأَ بْدَا لِ وَاْلأَ وْ تَا دِ وَ اْلأَ قطار خُصُوْصًا بِكَرَا مَـةِ وَبَـرَكَةِ سَـيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ صَلَى اللهُ عَلَـيْهِ وَسَلَّـم وَسَـيِّدِ نَا الْخِضِر عَلَـيْهِ السَّلاَ مْ وَ الشّيخنا خير افندى خُصُوْصًا بِجُوْدِ كَ وَ فَضْـلِكَ وَكَرَا مَتِكَ إِ خْتَـصْنِى بِـرِضَا كَ وَ مَغْـفِرَتِكَ وَكَرَا مَتِكَ فِى الدُّ نْيَا وَ اْلأَ خِرَ ةِ .الفاتحة......

Artikel keren lainnya:

Hikmah Menyapu Debu Kasur Sebelum Tidur

JANGAN ANGGAP REMEH MENGIBAS DEBU DI KASUR
Mengapa kita harus mengibas debu seprai kita ?.
Ini adalah apa yang kita akan ungkapkan dan di sinilah tantangan ilmiah dan kesimpulan oleh para ilmuwan Barat:
"Ketika seseorang tidur beberapa sel-sel mati dan jatuh ke spreinya. Dan setiap kali kita bangun ia akan akan tertinggal di belakang dan terakumulasi. Sel-sel mati ini tidak terlihat oleh mata telanjang dan hampir tidak dapat dihancurkan.
Mengibas kasur
Ketika jumlah sel-sel mati meningkat, maka akan dengan mudah menembus kembali ke dalam tubuh yang menyebabkan penyakit serius.
Ini ilmuwan Barat mencoba untuk menghancurkan sel menggunakan berbagai disinfektan seperti dettol dan sejenisnya, tapi semua sia-sia. Sel-sel mati tidak pindah atau menghilang.
Salah satu ilmuwan mengatakan, ia mencoba mengibas debu 3 kali seperti dalam Hadist dan tercengang menemukan bahwa semua sel-sel mati menghilang!!. Subhanallah...
Nabi Muhammad bersabda, "Barangsiapa pergi ke tempat tidur, ia harus mengibas debu di kasur tidurnya tiga kali, karena dia tidak tahu apa yang ditinggalkan."
Kebanyakan orang berpikir itu adalah cara menghilangkan serangga kecil, tetapi tidak tahu bahwa masalah ini jauh lebih besar dari itu.
Hal ini sangat menyedihkan, bila kita menemukan bahwa kebanyakan dari kita mengabaikan ajaran Nabi Muhammad .
Sebab itulah Rasulullah SAW mengajarkan untuk melakukan beberapa hal sebelum membaringkan tubuh di atas kasur. Di antara sunnah yang penting untuk dikerjakan ialah membersihkan atau mengibas kasur dengan lidi, kain, dan bisa juga peralatan lain.
Sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Bukhari dan Muslim dalam sebuah riwayat, "Apabila salah seorang diantara kalian hendak tidur, maka kibasilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya, karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya.”
Lidi yang dikibaskan ke kasur tempat di mana kita akan tidur, akan mengusir segala bentuk gangguan yang kemungkinan menetap di atasnya. Semisal Jin yang menempati kasur-kasur itu, akan terusir dengan kibasan yang kita lakukan. Selain itu, bisa juga untuk menghindari adanya kotoran-kotoran lain.
Dalam Syarah Shahih Muslim diterangkan, bahwa seseorang hendaknya mengibaskan kasurnya sebelum tidur, baik dengan tangan, sapu lidi, kain sarung atau sejenisnya. Mengibas sebanyak tiga kali, sebagaimana tertuang dalam Fathul Barri. Tidak lupa pula membacakan Asma Allah SWT bersama kibasannya. Kalimat Bismillah menjadi yang penting, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah riwayat Imam Muslim. Bagi orang yang bangkit dari tidurnya dan kemudian kembali lagi, berdasar pada Hadist riwayat Tirmidzi, maka hendaknya ia kembali mengibas kasurnya lagi.
Mudah-mudahan dengan amalan yang sederhana ini, kita dapat terhindar dari tidur bersama dengan Jin dan Syaitan yang juga ikut berbaring di atas tempat tidur.
WallahuA'lam  ...

Artikel keren lainnya:

18 Nilai Dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas

Karakter adalah tabiat, sifat, watak yang terdapat pada diri seseorang yang menjadikannya berbeda dengan orang lain. Yang namanya karakter itu harus dibina dan dibentuk sedini mungkin. Dalam pendidikan di Indonesia, kita mengenal dengan yang namanya pendidikan karakter. Lalu karakter apa saja yang ingin dibangun dalam sistem pendidikan kita?
Anak SD
Berikut ada 18 nilai dalam pendidikan karakter versi kemendiknas:
1. Religius
Religius adalah ketaatan dan kepatuahan dalam memahami dan melaksanakan ajaran agama (aliran kepercayaan) yang dianut, termasuk dalam hal ini adalah sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama (aliran kepercayaan) lain, serta hidup rukun dan berdampingan.

2. Jujur

Jujur adalah sikap dan perilaku yang menceminkan kesatuan antara pengetahuan, perkataan, dan perbuatan (mengetahui apa yang benar, mengatakan yang benar, dan melakukan yang benar) sehingga menjadikan orang yang bersangkutan sebagai pribadi yang dapat dipercaya.

3. Toleransi

Toleransi adalah sikap dan perilaku yang mencerminkan penghargaan terhadap perbedaan agama, aliran kepercayaan, suku, adat, bahasa, ras, etnis, pendapat, dan hal-hal lain yang berbeda dengan dirinya secara sadar dan terbuka, serta dapat hidup tenang di tengah perbedaan tersebut.

4. Disiplin

Disiplin adalah kebiasaan dan tindakan yang konsisten terhadap segala bentuk peraturan atau tata tertib yang berlaku.

5. Kerja keras

Kerja keras adalah perilaku yang menunjukkan upaya secara sungguh-sungguh (berjuang hingga titik darah penghabisan) dalam menyelesaikan berbagai tugas, permasalahan, pekerjaan, dan lain-lain dengan sebaik-baiknya.

6. Kreatif

Kreatif adalah sikap dan perilaku yang mencerminkan inovasi dalam berbagai segi dalam memecahkan masalah, sehingga selalu menemukan cara-cara baru, bahkan hasil-hasil baru yang lebih baik dari sebelumnya.

7. Mandiri

Mandiri adalah sikap dan perilaku yang tidak tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan berbagai tugas maupun persoalan. Namun hal ini bukan berarti tidak boleh bekerjasama secara kolaboratif, melainkan tidak boleh melemparkan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain.

8. Demokratis

Demokratis adalah sikap dan cara berpikir yang mencerminkan persamaan hak dan kewajiban secara adil dan merata antara dirinya dengan orang lain.
9. Rasa ingin tahu
Yakni cara berpikir, sikap, dan perilaku yang mencerminkan penasaran dan keingintahuan terhadap segala hal yang dilihat, didengar, dan dipelajari secara lebih mendalam.

10. Semangat kebangsaan atau nasionalisme

Nasionalisme adalah sikap dan tindakan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau individu dan golongan.

11. Cinta tanah air

Cinta tanah air adalah sikap dan perilaku yang mencerminkan rasa bangga, setia, peduli, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, budaya, ekomoni, politik, dan sebagainya, sehingga tidak mudah menerima tawaran bangsa lain yang dapat merugikan bangsa sendiri.

12. Menghargai prestasi

Menghargai prestasi adalah sikap terbuka terhadap prestasi orang lain dan mengakui kekurangan diri sendiri tanpa mengurangi semangat berprestasi yang lebih tinggi.

13. Komunikatif

Komunikatif adalah senang bersahabat atau proaktif, yakni sikap dan tindakan terbuka terhadap orang lain melalui komunikasi yang santun sehingga tercipta kerja sama secara kolaboratif dengan baik.

14. Cinta damai

Cinta damai adalah sikap dan perilaku yang mencerminkan suasana damai, aman, tenang, dan nyaman atas kehadiran dirinya dalam komunitas atau masyarakat tertentu.

15. Gemar membaca

Gemar membaca adalah kebiasaan dengan tanpa paksaan untuk menyediakan waktu secara khusus guna membaca berbagai informasi, baik buku, jurnal, majalah, koran, dan sebagainya, sehingga menimbulkan kebijakan bagi dirinya.

16. Peduli lingkungan

Peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

17. Peduli sosial

Peduli sosial adalah sikap dan perbuatan yang mencerminkan kepedulian terhadap orang lain maupun masyarakat yang membutuhkannya.

18. Tanggung jawab

Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, baik yang berkaitan dengan diri sendiri, sosial, masyarakat, bangsa, negara, maupun agama.

Artikel keren lainnya:

Kiat Jitu Sukses Kuliah

Semua orang yang sedang kuliah pastinya menginginkan dirinya menjadi orang yang sukses. Baik sukses ketika studi atau pun sukses ketika sudah wisuda. Oleh karena itu, penulis ingin berbagi tips supaya bisa sukses ketika kuliah. Mudah-mudahan menginspirasi dan menjadi bahan renungan untuk para pembaca.
Toga Wisuda
Manfaatkan fasilitas
Yang namanya kampus pasti punya fasilitas wifi gratis dan perpustakaan. Setidaknya kedua fasilitas ini merupakan fasilitas minimal sebuah kampus. Apalagi kampus besar pasti punya fasilitas yang banyak dan lebih canggih. Semua fasilitas yang ada di kampus harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai wifi gratis cuma dipakai sosmedan doank.
Banyak baca
Nah ini yang harus dibiasakan seorang mahasiswa. Rajin membaca harus menjadi bagian dari kebiasaan mahasiswa. Ada peribahasa mengatakan "buku adalah gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya". Kita harus mengakui bahwa literasi orang Indonesia sangatlah kurang. Kita itu lebih banyak baca status sosmed daripada baca buku. Selain itu, ketahanan daya baca kita juga kurang. Kalau ada tulisan di WA
Belajar berorganisasi
Kamu juga bisa ikut organisasi yang ada di intra ataupun ekstra kampus. Berorganisasi sangat bermanfaat bagi kamu untuk belajar berkomunikasi, belajar mengendalikan orang, belajar mengatur waktu, dll. Kompetensi tersebut sangat dibutuhkan ketika kamu memasuki dunia kerja.
Manfaatkan seminar gratis
Kalau ada seminar gratis yang ada di kampus kamu, manfaatkanlah sebaik-baiknya. Banyak cara untuk mendapatkan ilmu. Ada beberapa ilmu yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas.
Dekati dosen
Kita harus memperkenalkan diri dan banyak ngobrol dengan dosen khususnya dengan dosen pembimbing atau dosen wali. Karena kelak kita akan banyak berhungan dengan dosen pembimbing saat penyusunan skripsi. Mintalah saran dan do'anya demj kesuksesan studi kita. Tetap jaga adab kamu kepada dosen. Selain itu, do'akan dosen-dosen yag telah memberikan banyak ilmu kepada kita agar senantiasa diberikan kesehatan dan keberkahan.
Rajin menulis karya ilmiah
Yang namanya mahasiswa itu harus bisa menulis makalah, artikel, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Kadang kita itu membuat makalah saat ada tugas saja. Cobalah terus belajar menulis artikel dan kirimkan ke redaksi koran. Biasanya mereka menyediakan kolom untuk karya pembacanya.
Ikuti kegiatan UKM
Adanya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) bertujuan untuk mengembangkan bakat mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. UKM itu sama seperti ekskul yang ada di sekolah. Ikutilah minimal satu UKM yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Selain itu, di UKM juga kamu bisa belajar berorganisasi.

Artikel keren lainnya:

Lima Syair Tentang Warisan Harta Karya Taufiq Ismail

Puisi berjudul "Lima Syair Tentang Warisan Harta" Karya Taufiq Ismail.
Puisi ini berisi tentang 5 pemimpin yang mereka tidak gila akan harta bahkan di akhir hayatnya mereka menyedekahkan sebagian besar hartanya.
Bersedekah

Lima Syair Tentang Warisan Harta

(I)
Inilah syair pertama tentang secercah sejarah
Mengenai nabi Muhammad menjelang wafat
Ketika sakit beliau sudah terasa berat
Pada tabungannya yang sedikit jadi teringat
Menyedekahkannya belumlah lagi sempat
Maka Rasulullah berkata pada Aisyah
‘Aisyah, mana itu ashrafi?
Sedekahkanlah segera di jalan Allah
Berikanlah secepatnya pada orang tidak berpunya
Bila masih ada harta kutinggalkan
Dirumahku ini, pasti itu bakal jadi rintangan
Dan aku tak aman menghadap Tuhan.”
Sesudah tabungan itu dibagikan
Maka wafatlah beliau dengan aman.

(II)
Inilah syair kedua tentang Khalid bin Walid
Perwira tinggi yang amat gagah berani
Seorang jenderal pertempuran yang sejati
Caranya mati dia sesali sendiri
Karena bukan gugur di medan pertempuran
Tapi karena sakit, mati di atas dipan
Mengenai harta benda yang dia tinggalkan
Hanya tiga jenis macamnya:
Sebilah pedang
Seekor kuda
Dan seorang pembantu rumah tangga.

(III)
Inilah syair ketiga tentang Umar yang perkasa
Yang pernah menaklukkan Persia dan Roma
Yang kilatan pedangnya menggoncang kerajaan demi kerajaan
Yang perkasa, kaya serta berkuasa
Tetapi sesudah dia tiada lagi bernyawa
Warisannya cuma sehelai baju
Terbuat dari kain yang kasar
Dan uang lima keping
Seharga lima dinar.

(IV)
Inilah syair keempat tentang Aurangzeb
Penguasa imperium Mughal di India
Luas dan jaya kerajaannya
Adil serta merata kemakmurannya
Dan ketika dia pergi menghadap Tuhan
Dia meninggalkan dua warisan
Pertama, uang sebanyak empat rupi dua anna
Hasil penjualan kopiah jahitannya
Kedua, uang sebanyak 305 rupi
Upah menyalin Quran dengan tangan
Dan semua itu ke mana pergi
Pada rakyat yang miskin habis dibagi-bagi.

(V)
Inilah syair kelima tentang Sultan Shalahuddin
Pahlawan perang yang sangat harum namanya
Raja dari kawasan yang amat luasnya
Sultan dari kerajaan yang sangat makmurnya
Dan dia, pada hari wafatnya
Tidak mewariskan harta benda suatu apa
Karena seluruhnya sudah habis disedekahkannya
Pada kawula fakir miskin yang lebih memerlukannya
Sehingga biaya pemakamannya
Adalah urunan dari sahabat-sahabatnya
Dan ada rakyat yang datang menyumbang batang-batang jerami
Untuk membuat batu bata
Sebagai pagar dari makamnya.

Artikel keren lainnya:

Meme Ekspektasi Vs Realita Liburan Yang Bikin Hati Pahit

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hatiku gembira

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore! Hore! Hore!

Itulah cuplikan lirik lagu libur telah tiba yang dipopulerkan oleh Tasya. Asyik donk kalau bisa liburan. Akan tetapi, ada kalanya harapan yang diinginkan tidak sesuai dengan kenyataan dan ekspektasi yang diidamkan tidak selaras dengan realita yang ada. Pedih memang pedih. Pahit memang pahit.
Berikut ada kumpulan meme gambar yang menunjukkan bahwa harapan yang tak sesuai dengan kenyataan saat libur.
1. Meme macet libur
Udah seneng donk saat mau berangkat ke tempat wisata. Namun malangnya, perjalanan menuju tempat piknik sangatlah macet. Jadinya kita lebih banyak menghabiskan waktu di perjalanan daripada menikmati wisatanya. Sabar toh le...
Meme liburan
2. Meme tempat wisata penuh sesak
Ada yang menyarankan bahwa janganlah liburan di musim lebaran! Mengapa? Bukannya melihat pemandangan, malah melihat orang yang lagi liburan.
Meme liburan
3. Meme liburan yang maya
Ekspektasinya bisa melihat pemandangan pantai apalagi saat sunset. Apalah daya bila hanya bisa melihat fotonya saja.
Meme liburan
4. Harapan vs Kenyataan
Ini yang terjadi pada sebuah keluarga saat hari libur. Mengepel, masak, ngurus rumah, dll. Padahal pengennya mah santuy, bertamasya dan makan-makan di restoran. Yah, sering kali harapan tak sesuai dengan kenyataan.
Meme liburan
5. Meme kegiatan saat liburan
Apa sih yang kamu kerjakan saat libur? Piknik, jalan-jalan, kulineran atau hangout sama teman-teman? Ya, pengen nya sih begitu. Tapi pada kenyataannya yang ku kerjakan adalah tidur, sleeping dan berhibernasi. Membosankan.............
Meme liburan
6. Meme foto saat liburan
Harapannya kita foto-foto yang keren untuk bukti kita telah pergi ke suatu tempat. Anehnya kenapa kalau kita minta difotoin sama orang lain, harapan tak sesuai kenyataan seperti gambar di bawah ini.
Meme foto
7. Harapannya bersih, kenyataannya kotor
Yang namanya liburan, pastinya pengen menikmati suasana yang asri, bersih, dan tenang. Apalah jadinya ternyata tempat wisata yang kita kunjungi kotor, panas, dan banyak sampah? Pastinya kecewa donk.
Meme harapan vs kenyataan
Selamat liburan. Have a nice day!

Artikel keren lainnya:

Semua Siswa Unik dan Punya Keistimewaan

Bagus di baca utk seorang Guru
Tidak Ada Orang yang Tidak Memiliki Kompetensi.
----------------------------
Siswa SD
Di suatu sekolah, ada seorang guru yang selalu tulus mengajar dan selalu berusaha dengan  sungguh-sungguh membuat suasana kelas yang baik untuk murid-muridnya.
Ketika guru itu menjadi wali kelas 5, seorang anak–salah satu murid di kelasnya– selalu berpakaian kotor dan acak-acakan. Anak ini malas, sering terlambat dan selalu mengantuk di kelas. Ketika semua murid yang lain mengacungkan tangan untuk menjawab kuis atau mengeluarkan pendapat, anak ini tak pernah sekalipun mengacungkan tangannya.
Guru itu mencoba berusaha, tapi ternyata tak pernah bisa menyukai anak ini. Dan entah sejak kapan, guru itu pun menjadi benci dan antipati terhadap anak ini. Di raport tengah semester, guru itu pun menulis apa adanya mengenai keburukan anak ini.
Suatu hari, tanpa disengaja, guru itu melihat catatan raport anak ini pada saat kelas 1. Di sana tertulis: “Ceria, menyukai teman-temannya, ramah, bisa mengikuti pelajaran dengan baik, masa depannya penuh harapan,”
“..Ini pasti salah, ini pasti catatan raport anak lain….,” pikir guru itu sambil melanjutkan melihat catatan berikutnya raport anak ini.
Di catatan raport kelas 2 tertulis, “Kadang-kadang terlambat karena harus merawat ibunya yang sakit-sakitan,”
Di kelas 3 semester awal, “Sakit ibunya nampaknya semakin parah, mungkin terlalu letih merawat, jadi sering mengantuk di kelas,”
Di kelas 3 semester akhir, “Ibunya meninggal, anak ini sangat sedih terpukul dan kehilangan harapan,”
Di catatan raport kelas 4 tertulis, “Ayahnya seperti kehilangan semangat hidup, kadang-kadang melakukan tindakan kekerasan kepada anak ini,”
Terhentak guru itu oleh rasa pilu yang tiba-tiba menyesakkan dada. Dan tanpa disadari diapun meneteskan air mata, dia mencap memberi label anak ini sebagai pemalas, padahal si anak tengah berjuang bertahan dari nestapa yang begitu dalam.
Terbukalah mata dan hati guru itu. Selesai jam sekolah, guru itu menyapa si anak:
“Bu guru kerja sampai sore di sekolah, bagaimana kalau kamu juga belajar mengejar ketinggalan, kalau ada yang gak ngerti nanti Ibu ajarin,”
Untuk pertama kalinya si anak memberikan senyum di wajahnya.
Sejak saat itu, si anak belajar dengan sungguh-sungguh, prepare dan review dia lakukan di bangkunya di kelasnya.
Guru itu merasakan kebahagian yang tak terkira ketika si anak untuk pertama kalinya mengacungkan tanganya di kelas. Kepercayaan diri si anak kini mulai tumbuh lagi.
Di Kelas 6, guru itu tidak menjadi wali kelas si anak.
Ketika kelulusan tiba, guru itu mendapat selembar kartu dari si anak, di sana tertulis. “Bu guru baik sekali seperti Bunda, Bu guru adalah guru terbaik yang pernah aku temui.”
Enam tahun kemudian, kembali guru itu mendapat sebuah kartu pos dari si anak. Di sana tertulis, “Besok hari kelulusan SMA, Saya sangat bahagia mendapat wali kelas seperti Bu Guru waktu kelas 5. Karena Bu Guru lah, saya bisa kembali belajar dan bersyukur saya mendapat beasiswa sekarang untuk melanjutkan sekolah ke kedokteran.”
Sepuluh tahun berlalu, kembali guru itu mendapatkan sebuah kartu. Di sana tertulis, “Saya menjadi dokter yang mengerti rasa syukur dan mengerti rasa sakit. Saya mengerti rasa syukur karena bertemu dengan Ibu guru dan saya mengerti rasa sakit karena saya pernah dipukul ayah,”
Kartu pos itu diakhiri dengan kalimat, “Saya selalu ingat Ibu guru saya waktu kelas 5. Bu guru seperti dikirim Tuhan untuk menyelamatkan saya ketika saya sedang jatuh waktu itu. Saya sekarang sudah dewasa dan bersyukur bisa sampai menjadi seorang dokter. Tetapi guru terbaik saya adalah guru wali kelas ketika saya kelas 5.
Setahun kemudian, yang datang adalah surat undangan, di sana tertulis satu baris,
“Mohon duduk di kursi Bunda di pernikahan saya,”
Guru pun tak kuasa menahan tangis haru dan bahagia.
Kalau hati kita bergetar membaca cerita ini, silahkan share cerita ini ke semua orang terutama kepada guru /pendidik karena keikhlasanya mampu menggetarkan dunia.

Artikel keren lainnya:

Idgham Mutamatsilain, Idgham Mutajanisain dan Idgham Mutaqaribain: Pengertian, Huruf dan Contoh

Idgham adalah memasukkan huruf kepada huruf yang lain seakan-akan mengucapkan satu huruf. Berdasarkan makhraj dan sifat yang terjadi pada idgham, idgham dibagi menjadi 3, yaitu idgham mutamatsilain, idgham mutajanisain dan idgham mutaqaribain.
Idgham
A. Idgham Muatamatsilain
Pengertian Idgham Mutamatsilain
Idgham mutamatsilain adalah idgham yang terjadi apabila bertemunya dua huruf yang sama makhraj dan sifatnya serta huruf yang pertama sukun. Contohnya ba' sukun bertemu ba', lam sukun bertemu lam, sin sukun bertemu sin, dll. Contoh:
ذْ ← ذ: إِذ ذَّهَبَ
دْ ← د: وَقَدْ دَّخَلُوْا
وْ ← و: عَفَـواْ وَّقَالُواْ
بْ ← ب: فَاضْرِبْ بِّهِ
تْ ← ت: كَانَتْ تَّعْمَلُ
Bila kita membahas idgham secara lebih luas lagi. Idgham di atas merupakan idgham shagir karena huruf pertamanya adalah sukun.
Catatan:
Wau sukun yang sebelumnya dhammah bertemu wau dan ya' sukun yang sebelumnya kasrah bertemu ya' lagi tidak termasuk mutamatsilain karena memang jauh makhrajnya. Wau' mad dan ya' mad makhrajnya di jauf, sedangkan wau makhrajnya di bibir serta ya' makhrajnya di tengah lidah. Contoh:
وْ ← و: قَالُوْا وَهُمْ
يْ ← ي: فِيْ يَوْمٍ
Nah kata kedua contoh di atas bukan merupakan idgham mutamatsilain karena jauh makhrajnya.
Dikecualikan mutamatsilain yang terjadi pada Ha bertemu Ha di surat Al-Haqqah ayat 28-29.
هْ ← ه: مَا أَغْنَى عَنِّيْ مَالِيـهْ. هَـلَكَ عَنِّيْ....
Apabila dibaca washal dari ayat 28 ke 29 maka cara bacanya boleh idgham atau membaca idzhar dengan saktah.
Contoh Idgham Mutamatsilain
Berikut beberapa contoh idgham mutamatsilain yang diambil dari Al-Quran dan dilengkapi dengan keterangan surat dan ayatnya.
• Al-Baqarah: 16
فَمَا رَبِحَتْ تِّـجَارَتُهُمْ
• Al-Maidah: 61
وَقَـدْ دَّخَلُواْ
• Al-Anbiya’: 87
إِذْ ذَّهَبَ
• Al-Fajr: 17
بَلْ لَّا تُكْرِمُونَ
• Al-Muthaffifin: 3
أَوْ وَّزَنُوهُمْ
B. Idgham Mutajanisain
Pengertian Idgham Mutajanisain
Idgham mutajanisain adalah idgham yang terjadi pada dua huruf sama makhrajnya tapi beda sifatnya. Namun, tidak semua huruf yang sama makhraj dan beda sifat harus diidghamkan. Idgham mutajanisain berlaku pada:
1. Huruf Nith’iyyah (النطعية)
• Ta’ sukun bertemu Tha’
وَدَّت طَّـآئِفَةٌ
• Tha’ sukun bertemu Ta
لَئِن بَسَطتَ
• Ta’ sukun bertemu Dal
أَثْقَلَت دَّعَوَا
• Dal sukun bertemu Ta
قَد تَّـبَيَّنَ
2. Huruf Latsawiyyah (اللثوية)
• Tsa’ sukun bertemu Dzal
يَلْهَث ذَّلِكَ
• Dzal sukun bertemu Zha’
إِذْ ظَّلَمْتُمْ
3. Huruf Syafawiyyah (الشفوية)
• Ba’ sukun bertemu Mim
ارْكَبْ مَّعَنَا
Catatan:
• Ba’ sukun bertemu Wau
أَبْوَاب
• Mim sukun bertemu Wau
أَمْوَال
• Wau sukun bertemu Mim
أَوْ مَا مَلَكَتْ
• Mim sukun bertemu Ba’
مَالَهُمْ بِهِ
Mim sukun bertemu ba’ dihukumi ikhfa’ syafawi yang disertai ghunnah.
Ketika tha’ sukun bertemu ta’ dibaca dengan idgham naqish. Idgham naqish adalah memasukkan huruf ke huruf yang lainnya namun ada beberapa sifat yang masih muncul pada huruf yang pertama. Perhatikan bait berikut ini!
وَبَيِّنِ الإِطْـبَاقَ مِنْ أَحَطتُّ مَعْ »« بَسَطتَّ وَالخُلْفُ بِنَخْلُقْكُمْ وَقَعْ
Artinya:
Dan jelaskanlah sifat ithbaq pada kata (أَحَطتُّ) dan (بَسَطتَّ). Dan para ulama qiraat berbeda pendapat pada (نَخْلُقْكُمْ).
Idgham pada kata (بَسَطتَّ) masih menyisakan sifat ithbaq yang terdapat pada huruf tha’ sehingga idghamnya tidak sempurna.
Contoh Idgham Mutajanisain di Al-Qur’an
• Ali Imran: 69
وَدَّتْ طَّـآئِفَةٌ
• Ali Imran: 122
إِذْ هَمَّتْ طَّـآئِفَتَانِ
• Al-Maidah: 28
لَئِن بَسَطْتَّ 
• Al-Araf: 176
يَلْهَثْ ذَّلِكَ 
• Hud: 42
ارْكَبْ مَّعَنَا
C. Idgham Mutaqaribain
Pengertian Idgham Mutaqaribain
Idgham mutaqaribain adalah idgham yang terjadi apabila dua yang berdekatan makhrajnya dan berbeda sifatnya bertemu dan huruf yang pertama sukun.
Kaidah di atas tidak berlaku secara umum.  Dalam bacaan riwayat Imam Hafsh dari Imam Ashim, Idgham mutaqaribain hanya berlaku pada huruf-huruf berikut:
• Qaf (ق) sukun bertemu kaf (ك). Contoh:
اَلَمْ نَخْلُقْكُّمْ
• Lam (ل) sukun bertemu ra' (ر). Contoh:
وَقُـل رَّبِّ
• Lam ta'rif (ال) bertemu huruf berikut:
ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ن
Contoh:
اَلدَّهْرِ
وَالتِّينِ
وَالضُّحَى
وَمِنَ النَّاسِ
• Nun (ن) sukun bertemu ya' (ي), mim (م), wau (و), lam (ل) dan ra' (ر). Contoh:
مِنْ وَّاقٍ
مِنْ مَّسَدٍ
مِنْ رَبِّـهِمْ
أَنْ لَّـمْ يَرَهُ
Syarat berlakunya idgham adalah nun sukun dan huruf idgham harus berbeda kalimat. Apabila nun sukun bertemu huruf idgham pada satu kata maka hukumnya idzhar muthlaq.
Izhhar muthlaq terdapat pada 4 kata, yaitu (الدُّنْيَا), (بُنْيَانٌ), (قِنْوَانٌ) dan (صِنْوَانٌ). Salah satu faidah keempat kata tersebut tidak diidghamkan karena takut tertukar dengan kata  (الدُّيَّا), (بُيَّانٌ), (قِوَّانٌ) dan (صِوَّانٌ).
Catatan:
Lam ta'rif ketika bertemu huruf yang 13 tadi disebut dengan idgham syamsiyah.
Dalam pembahasan nun sukun dan tanwin, ketika nun sukun bertemu wau, ya dan mim disebut dengan idgham bighunnah. Adapun nun sukun bertemu lam dan ra' disebut dengan idgham bila ghunnah.
Dikecualikan hukum lam bertemy ra' pada surat Al-Muthaffifin ayat 14 yang tetap dibaca idzhar dan disertai dengan saktah.
كَلَّا بَـلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ ...
Faidah tidak berlakunya idgham adalah supaya tidak salah makna karena menyangka (بَرَّنَ).
Contoh bacaan Idgham Mutaqaribain di Al-Qur’an
Kali saya akan memberikan beberapa contoh idgham mutaqaribain di Al-Quran dan disertai keterangan surat dan ayat.
• Al-Mursalat: 20
اَلَمْ نَخْلُقْكُّمْ
• An-Nisa’: 158
بَلْ رَّفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ
• Thaha: 114
وَقُـل رَّبِّ زِدْنِي عِلْماً
• Al-Isra’: 24
وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا
• Al-Mu’minun: 29
وَقُلْ رَّبِّ أَنْزِلْنِي
Semoga postingan tentang hukum idgham mutamatsilain, idgham mutajanisain dan idgham mutaqaribain ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Amin.

Artikel keren lainnya: