Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Soal Tajwid Bab Ghunnah Dan Kunci Jawabannya

Soal Tajwid Bab Ghunnah
Untuk mengetahui pemahaman siswa pelajaran, maka kita harus melakukan evaluasi berupa ulangan atau ujian. Kali ini saya akan berbagi soal tajwid tentang hukum ghunnah beserta kunci jawabannya. Soal ini bisa digunakan untuk UH, PTS, PAS, PKK, US, dll.
Materi tentang hukum ghunnah bisa dilihat di link berikut >> Hukum Ghunnah <<
Soal Tajwid
 Pilihlah A, B, C atau D yang merupakan jawaban yang paling tepat!
1. Secara bahasa ghunnah berarti ....
A. Suara yang samar
B. Suara yang jelas dan keras
C. Suara yang keluar dari mulut
D. Suara yang keluar dari hidung

2. Huruf yang disifati ghunnah adalah ....
A. Qaf dan Kaf
B. Kaf dan Lam
C. Lam dan Mim
D. Mim dan Nun

3. Ghunnah dibagi menjadi berapa tingkatan?
A. 2 tingkatan
B. 3 tingkatan
C. 4 tingkatan
D. 5 tingkatan

4. Tingkatan ghunnah yang dibaca panjang atau ditahan 2-3 harakat adalah ....
A. Kamilah dan naqishah
B. Akmal dan anqash
C. Akmal dan kamilah
D. Naqshah dan anqash

5. Yang merupakan hukum yang dibarengi ghunnah akmal adalah ....
A. Izhar syafawi
B. Idgham mitslain
C. Ikhfa’ haqiqi
D. Izhar halqi

6. Ghunnah anqash adalah nun dan mim dalam keadaan ....
A. Sukun dan dihukumi idgham
B. Sukun dan dihukumi izhar
C. Sukun dan dihukumi ikhfa’
D. Berharakat dan mad

7. Berikut yang merupakan contoh ghunnah kamilah adalah ....
A. أَنْبَأَهُمْ
B. مُحَمَّدٌ
C. أَنْـعَمْتَ
D. يَعْمَلُوْنَ

8. Berikut yang merupakan contoh ghunnah naqishah adalah ....
A. أَنْـعَمْتَ
B. يَعْمَلُوْنَ
C. فِيْهِنَّ
D. عِنْدَ

9. Pada kata (فَأَمَّا) terdapat hukum ghunnah karena ....
A. Nun bertasydid
B. Mim bertasydid
C. Mim dibaca mad
D. Terdapat pada satu kata

10. Pada kata (النُّوْرِ) terdapat hukum ghunnah karena ....
A. Nun bertasydid
B. Mim bertasydid
C. Nun dibaca mad
D. Terdapat pada satu kata

Kunci Jawaban
1. D
2. D
3. C
4. C
5. B
6. B
7. A
8. A
9. B
10. A

Artikel keren lainnya:

Panduan Soal LOTS dan HOTS

Panduan Soal LOTS dan HOTS
Ketika seorang guru menyusun soal, baik untuk ulangan formatif atau ulang sumatif, harus memperhatikan tingkat kesulitan dan variasi soal. Dalam penyusunan soal, dikenal istilah LOTS dan HOTS. LOTS merupakan akronim dari low order thinking skill atau tingkat berfikir rendah. Tingkat kognitif LOTS  adalah dari C1 (mengingat), C2 (memahami) dan C3 (menerapakan). Sedangkan HOTS merupakan akronim dari high order thinking skill atau tingkat berfikit tinggi. Tingkat kognitif HOTS adalah C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta).

Soal yang baik dan benar menggambarkan tingkatan kognitif seperti apa yang akan disentuh, mulai dari yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi. Bobot pertanyaan yang menggambarkan tingkatan kognitif yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi disajikan berikut ini.
A. LOTS
1. C1 (Mengingat)
Apa...    
Siapa...
Kapan...
Di mana...
Sebutkan...
Jodohkan...
Pasangkan...
Persamaan kata...
Golongkan...
Berilah nama...
Dll.
2. C2 (Memahami)
• Jelaskanlah...
Terangkahlah...
Bedakanlah...
Terjemahkanlah...
Simpulkan...
Bandingkan...
Ubahlah...
Ramalkanlah…
Berikanlah interpretasi...
 Apa bedanya...
 Bagaimana proses....
 Apa manfaat...
 Apa dampak...
3. C3 (Menerapkan)
 Bagaimana cara penerapan...
 Bagaimana cara pencegahan...
Gunakanlah...
Tunjukkanlah...
Demonstrasikanlah...
Carilah hubungan...
Tulislah contoh...
Siapkanlah...
Klasifikasikanlah...
B. HOTS
1. C4 (Menganalisis)
Mengapa…
• Menurut kamu, mengapa ...
Kemukakan bukti-bukti…
Analisislah...
Identifikasikan…
Tunjukkanlah sebabnya…
Berilah alasan-alasan…
 Langkap apa....
 Apa yang harus dilakukan...
2. C5 (Mengevaluasi)
Berilah pendapat…
Alternatif mana yang lebih baik…
Setujukah anda…
Kritiklah…
Berilah alasan…
Nilailah…
Bandingkan…
Bedakanlah…
 Bagaimana peran...
 Apa kritik dan saran...
3. C5 (Mencipta)
• Buatlah video tentang...
• Buatlah pidato tentang...
Bentuklah…
Ciptakanlah…
Susunlah…
Rancanglah...
Tulislah…
Bagaimana kita dapat memperbaiki…
Kembangkan …

Artikel keren lainnya:

Hikmah Berteman Dengan Berbagai Karakter Manusia

Assalamu 'Alaykum
Semangat Pagi
Kebanyakan orang memilih teman karena ada kesamaan, baik itu hobi, karakter, kelas, derajat, kesukaan, dll. Namun, adakalanya kita dipaksa untuk berteman dan berkelompok dengan orang-orang yang berbeda dengan kepribadian kita.
Inilah Hikmah Berteman Dari Berbagai Karakter Manusia
Karakter
1. Ada TEMAN yang bersifat keras, dialah sebetulnya yang mendidik kita untuk  berani dan bersikap tegas.
2. Ada TEMAN yang lembut, dialah yang mengajarkan kepada kita cinta dan kasih sayang terhadap sesama.
3. Ada TEMAN yang cuek dan masa bodoh, dialah sebetulnya yang membuat kita berpikir bagaimana agar kita bersikap perhatian terhadap orang lain.
4. Ada TEMAN yang tidak bisa dipercaya dan kata-katanya sulit dipegang kebenarannya, sebetulnya dialah yang membuat kita berpikir dan merasa betapa tidak enaknya dikhianati, maka belajarlah untuk menjadi orang yang dapat dipercaya.
5. Ada TEMAN yg jahat & hanya memanfaatkan kebaikan orang lain, sebenarnya dia adalah orang yg membuat kita bertindak bagaimana bisa berbuat banyak kebaikan namun tetap waspada.
Setiap karakter manusia di atas akan selalu baik & mendidik kita (Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya).
Tanpa orang2 seperti itu kita akan selalu terlena dalam zona nyaman & tidak berkembang.
Bersyukurlah selalu dalam setiap keadaan dan terimalah setiap orang dalam hidup kita.
Karena Allah tidak pernah keliru mempertemukan kita dgn siapa pun, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya.
Karena karakter Orang seperti di atas tadi secara tidak langsung selain melatih kesabaran (Potensi Diri) kita, juga membuat kita semakin DEWASA & BIJAKSANA. 
Ketika ada Orang bicara mengenai kita di belakang, itu adalah tanda bahwa kita sdh ada di depan mereka 
Saat Orang bicara merendahkan diri kita, itu adalah tanda bhw kita sudah berada di tempat yg lbh tinggi dari mereka 
Saat Orang bicara dgn nada iri mengenai kita, itu adalah tanda bahwa kita sdh jauh lebih baik dari mereka.
Saat Orang bicara buruk mengenai kita, pdhal kita tidak pernah mengusik kehidupan mereka, itu adalah tanda bahwa kehidupan kita sebenarnya lebih indah dari mereka.
"Payung tidak dapat menghentikan hujan tapi membuat kita bisa berjalan menembus hujan untuk mencapai Tujuan".
Orang pintar bisa gagal,
Orang  hebat bisa jatuh,
Tetapi orang yang RENDAH HATI & SABAR  dalam segala hal akan selalu mendapat jalan untuk menempatkan diri dengan seimbang karena kokoh pijakannya.
Wassalamu 'Alaikum

Artikel keren lainnya:

Soal Tajwid Tentang Idgham (Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain)

Soal Tajwid Bab Idgham (Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain)
Untu mengetahui pemahaman siswa pelajaran, maka kita harus melakukan evaluasi berupa ulangan atau ujian. Kali ini saya akan berbagi soal tajwid tentang idgham mutamatsilain, mutajanisain dan mutaqaribain beserta kunci jawabannya. Soal ini bisa digunakan untuk UH, PTS, PAS, PKK, US, dll.
Materi tentang idgham mutamatsilain, mutajanisain dan mutaqaribain di link berikut >> Hukum Idgham <<
Tajwid
Pilihlah A, B, C atau D yang merupakan jawaban yang paling tepat!
1. Idgham mutaqaribain adalah ....
A. Apabila dua huruf yang sama makhraj dan sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
B. Apabila dua huruf yang sama makhraj tapi beda sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
C. Apabila dua huruf yang dekat makhraj dan sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
D. Apabila dua huruf yang beda makhraj tapi sama sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.

2. Idgham mutajanisain adalah ....
A. Apabila dua huruf yang sama makhraj dan sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
B. Apabila dua huruf yang sama makhraj tapi beda sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
C. Apabila dua huruf yang dekat makhraj dan sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.
D. Apabila dua huruf yang beda makhraj tapi sama sifatnya bertemu serta huruf yang pertama sukun.

3. Hukum idgham pada (اَلَمْ نَخْلُقْكُّمْ) adalah .....
A. Idgham mutamatsilain
B. Idgham mutajanisain
C. Idgham mutaqaribain
D. Idgham bilaghunnah

4. Hukum idgham pada (إِذْ ذَّهَبَ) adalah .....
A. Idgham mutamatsilain
B. Idgham mutajanisain
C. Idgham mutaqaribain
D. Idgham bighunnah

5. Hukum idgham pada (بَسَطْتَ) adalah .....
A. Idgham mutamatsilain
B. Idgham mutajanisain
C. Idgham mutaqaribain
D. Idgham syamsiyyah

6. Berikut yang merupakan contoh idgham mutamatsilain adalah .....
A. بَسَطْتَ
B. وَقُلْ رَّبِّ
C. اِرْكَبْ مَّعَنَا
D. أَوْ وَّزَنُوهُمْ

7. Berikut yang merupakan contoh idgham mutajanisain adalah .....
A. أَوْ وَّزَنُوهُمْ
B. وَقَـدْ دَّخَلُواْ
C. بَلْ رَّفَعَهُ
D. أَحَطْتُّ

8. Berikut yang merupakan contoh idgham mutaqaribain adalah .....
A. اَلَمْ نَخْلُقْكُّمْ
B. إِذْ ذَّهَبَ
C. أَحَطْتُّ
D. بَسَطْتَ

9. Perhatikan penggalan ayat berikut!
كَلَّا بَلْ لَّا تُكْرِمُونَ الْيَتِيْمَ
Pada ayat di atas terdapat hukum idgham mutamatsilain karena ....
A. Lam sukun bertemu Lam
B. Kaf sukun bertemu Ra’
C. Lam sukun bertemu Ya’
D. Ya’ sukun bertemu mim

10. Perhatikan penggalan ayat berikut!
وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْ
Pada ayat di atas terdapat hukum idgham mutajanisain karena ....
A. Dal sukun bertemu Ta’ yang mana keduanya sama sifatnya
B. Dal sukun bertemu Ta’ yang mana keduanya sama makhrajnya
C. Dal sukun bertemu Ta’ yang mana keduanya dekat makhrajnya
D. Dal sukun bertemu Ta’ yang mana keduanya beda makhrajnya

Kunci Jawaban:
1. C
2. B
3. C
4. A
5. B
6. D
7. D
8. A
9. A
10. B

****
Kalau ada yang salah, silakan koreksi saja!

Artikel keren lainnya:

Kumpulan Soal PAI/Fiqih Materi Penyembelihan Hewan Dalam Islam

Soal Fiqih (PAI) Tentang Penyembelihan Hewan
Kumpulan Soal Latihan pelajaran Pendidikan Agama Islam materi fiqih bab penyembelihan hewan dalam agama Islam. Bisa digunakan untuk menguji kognitif siswa di sekolah maupun madrasah. Semoga bermanfaat!

1. Perhatikan data berikut:
1) Ayam
2) Ikan
3) Belut
4) Kambing
5) Sapi
Yang merupakan hewan yang perlu disembelih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 3, 4, dan 5
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 5

2. Tata cara penyembelihan hewan yang benar adalah ...
A. Dicekik dengan kuku atau gigi
B. Hewannya berjenis kelamin betina
C. Menggunakan gunting yang tajam
D. Menggunakan pisau yang tajam

3. Saluran yang harus putus dalam penyembelihan adalah ...
A. Kerongkongan, tenggorokan, arteri dan vena
B. Usus, tenggorokan, arteri dan vena
C. Kerongkongan, usus, arteri dan vena
D. Kerongkongan, tenggorokan, usus dan vena

4. Perhatikan ayat berikut :
 إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةَ وَٱلدَّمَ وَلَحْمَ ٱلْخِنزِيْرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِۦ لِغَيْرِ ٱللَّهِ فَمَنِ ٱضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُوْرٌ رَّحِيمٌ
Ayat di atas menjelaskan tentang penyembelihan, terdapat dalam Al-Qur’an surat.:
A. QS al Maidah ayat  173
B. QS al Baqarah ayat 173
C. QS al Baqarah ayat 73
D. QS al Maidah ayat 73

5. Berikut yang bukan rukun dalam penyembelihan hewan ....
A. Ada hewan
B. Ada orang yang menyembelih
C. Suci dari hadas kecil dan besar
D. Ada alat untuk menyembelih

6. Salah satu alat peyembelihan hewan adalah …..
A. Pisau yang tajam
B. Tulang
C. Gigi
D. Kuku
7. Dua alat yang tidak diboleh digunakan untuk menyembelih adalah ...
A. Gigi dan tombak
B. Tombak dan panah
C. Panah dan kuku
D. Kuku dan gigi

8. Perhatikan data berikut:
1) Masih hidup
2) Bertaring
3) Halal dimakan
4) Sehat
Syarat-syarat hewan yang dapat disembelih ditunjukan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4

9. Orang yang menyembelih hewan harus memiliki beberapa syarat, antara lain adalah sebagai berikut, kecuali …
A. Beragama Islam atau ahli Kitab
B. Warga Negara Indonesia
C. Berakal sehat
D. Baligh

10. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Menajamkan pisau
2) Menghadapkan hewan ke kiblat
3) Memakai baju putih
4) Hewan yang disembelih harus halal
Yang merupakan sunah dalam penyembelihan hewan adalah nomor....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1

Artikel keren lainnya:

Kumpulan Soal Tajwid Tentang Hukum Lam Jalalah

Soal Tajwid Bab Hukum Lam Jalalah
Materi tentang hukum Lam pada lafadz Allah bisa dilihat pada tautan berikut >> Hukum Lam Jalalah <<
Berikut ada 10 contoh soal pelajaran tajwid pada materi hukum lafadz Allah. Bagi yang memerlukannya silakan ATM saja! Yang dicetak merah merupakan jawabannya.
Soal Tajwid
Pilih jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (x) pada A, B, C, atau D!
1. Hukum Lam jalalah (Lam pada kata Allah) terbagi menjadi ....
A. 2 hukum
B. 3 hukum
C. 4 hukum
D. 5 hukum

2. Secara bahasa tafkhim artinya ....
A. Kasar
B. Halus
C. Tebal
D. Tipis

3. Secara bahasa tarqiq artinya ....
A. Kasar
B. Halus
C. Tebal
D. Tipis

4. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Lam jalalah sebelumnya dhammah
2) Lam jalalah sesudahnya dhammah
3) Lam jalalah sebelumnya kasrah
4) Lam jalalah sebelumnya fathah
Yang merupakan ketentuan Lam jalalah yang dibaca tafkhim ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

5. Perhatikan penggalan ayat berikut!
وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُوْنَ
Lam lafaz Allah pada di atas hukumnya adalah ....
A. Idgham
B. Ikhfa’
C. Tafkhim
D. Tarqiq

6. Perhatikan penggalan ayat berikut!
قُلِ اللّٰهُمَّ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ
Lam lafaz Allah pada di atas hukumnya adalah ....
A. Idgham
B. Ikhfa’
C. Tafkhim
D. Tarqiq

7. Berikut yang merupakan contoh Lam jalalah tafkhim adalah ....
A. وَاللهُ
B. بِسْمِ اللهِ
C. بِاللهِ
D. قُلِ اللّٰهُمَّ

8. Berikut yang merupakan contoh Lam jalalah tarqiq adalah ....
A. اَللَّهُمَّ
B. بِاللهِ
C. وَاللهُ
D. عَــبْدُ اللَّهِ

9. Lam jalalah pada kata (اَللَّهُمَّ) Hukumnya adalah tafkhim karena ....
A. Lam jalalah sebelumnya dhammah
B. Lam jalalah sesudahnya dhammah
C. Lam jalalah sebelumnya kasrah
D. Lam jalalah sebelumnya fathah

10. Perhatikan penggalan ayat berikut!
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
Lam jalalah pada kata ayat di atas hukumnya adalah tarqiq karena ....
A. Lam jalalah sebelumnya fathah
B. Lam jalalah sesudahnya kasrah
C. Lam jalalah sebelumnya kasrah
D. Lam jalalah sebelumnya fathah

Artikel keren lainnya:

Contoh Soal LOTS Dan HOTS Seputar COVID-19

CONTOH SOAL LOTS DAN HOTS SEPUTAR COVID-19
Penyusun: Idris Apandi
(Penulis Buku Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan HOTS)
Jenis Soal :Essai
Covid 19

A. Lower Order Thinking Skills (LOTS)
C-1 (Mengetahui):
1. Apa nama virus yang saat ini menjadi wabah di banyak negara di dunia?
2. COVID-19 pertama kali ditemukan di negara mana?
3. Apa nama binatang yang diduga menjadi penyebar COVID-19?
4. Sebutkan ciri-ciri tempat yang menjadi tempat penyebaran COVID-19?
5. Sebutkan gejala-gelaja orang yang terkena COVID-19?
6. Berapa hari masa inkubasi COVID-19?
7. Apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri?
8. Apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat disinfektan sendiri?
9. Apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah COVID-19?
10. Apa saja nama Alat Pengaman Diri (APD) yang digunakan oleh dokter dan perawat saat menangani pasien COVID-19?
11. Sebutkan beberapa nama rumah sakit yang menjadi rujukan bagi pasien COVID-19!
12. Berapa jarak yang aman antara satu orang dengan orang yang lain dalam social distancing?
13. Apa saja hal positif dan produktif bisa yang dilakukan jika warga diwajibkan untuk melakukan karantina mandiri di rumah untuk mencegah peredaran COVID-19? 

C-2 (Memahami):
1. Bagaimana proses penyebaran COVID-19?
2. Jelaskan penyebab seseorang terpapar COVID 19!
3. Apa dampaknya jika seseorang yang telah terpapar COVID-19?
4. Mengapa orang yang telah berstatus Orang Dalam Pemantauan (OPD) COVID-19 harus dikarantina selama 14 hari?
5. Apa akibatnya jika seorang penderita COVID-19 terlambat ditangani oleh tenaga medis?
6. Mengapa pemerintah menerapkan kebijakan bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19?
7. Apa manfaat bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah yang suka disebut karantina mandiri dalam mencegah penularan COVID-19?
8. Mengapa sabun cuci tangan lebih efektif membunuh virus atau kuman dibandingkan hand sanitizer?
9. Mengapa orang disarankan berjemur di pagi hari antara 30 menit sampai dengan 1 jam untuk mengantisipasi terkena COVID-19?
10. Mengapa masih ada orang yang menimbun masker dan hand sanitizer disaat banyak orang yang lebih membutuhkannya?
11. Apa sanksi yang pantas diberikan kepada orang yang menimbun masker dan hand sanitizer disaat banyak orang yang membutuhkannya?
12. Bagaimana sikap kamu misalnya jika ada salah satu anggota keluarga atau tetangga yang terkena COVID-19?
13. Setujukah kamu dengan kebijakan penutupan tempat ibadah, pasar, dan pusat perbelanjaan untuk mencegah penyebaran COVID-19? Jelaskan alasannya!
14. Pola hidup bersih dan sehat dapat mencegah penyebaran COVID-19. Mengapa? jelaskan alasannya!
15. Apa yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam mendukung pemerintah menangani COVID-19? 
16. Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, bagaimana cara kita menyikapi wabah COVID-19?
17. “Diam di rumah untuk menyelamatkan diri Anda dan orang lain.” Jelaskan maksud kalimat tersebut dikaitkan dengan pencegahan COVID-19!
18. Dalam menghadapi wabah COVID-19, masyarakat diimbau waspada dan tidak panik. Jelaskan maksudnya!
19. Apa perbedaan antara Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)?

C-3 (Menerapkan):
1. Ceritakan cara pencegahan COVID-19 yang di lingkungan tempat tinggalmu!
2. Ceritakan pola hidup bersih dan sehat di rumahmu!
3. Bagaimana cara batuk atau bersin yang baik dan beretika agar tidak menular kepada orang lain?
4. Bagaimana cara cuci tangan yang efektif untuk menghindari COVID-19?
5. Deskripsikan cara social distancing yang aman untuk menghindari COVID -19?

B. Higher Order Thinking Skills (HOTS)
C-4 (Menganalisis):
1. Menurut kamu, mengapa terjadi panic buying saat pemerintah mengumumkan COVID-19 telah masuk ke Indonesia?
2. Mengapa wabah COVID-19 sangat cepat menyebar di Indonesia?
3. Mengapa pemerintah lebih memilih upaya social distance dan physical distance dibandingkan dengan lockdown?
4. Apa dampak wabah COVID-19 terhadap perekonomian masyarakat?
5. Menurut kamu, kelompok masyarakat mana yang perlu diprioritaskan untuk menjadi sasaran rapid test COVID-19? Jelaskan alasannya!
6. Menurut kamu, mengapa di lapangan sampai banyak terjadi kelangkaan masker dan Alat Pengaman Diri?
7. Menurut kamu, apakah tindakan aparat keamanan membubarkan kerumunan massa untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah langkah yang tepat? Jelaskan alasannya!
8. Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menyadarkan masyarakat agar mau diam di rumah dalam waktu tertentu untuk mencegah penyebaran COVID-19?
9. Setujukan kamu jika para tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19 diberikan tunjangan khusus oleh pemerintah? Jelaskan alasannya!
10. Mengapa masyarakat masih banyak yang percaya terhadap HOAKS seputar COVID-19?
11. Apa dampak HOAKS COVID-19 terhadap keamanan dan ketertiban hidup masyarakat?
12. Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi banyak beredarnya HOAKS terkait COVID-19?
13. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menekan semakin bertambahnya korban COVID-19?
14. Langkah-langkah apa yang harus dilakukan oleh pemerintah terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19?
15. Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga ketersediaan kebutuhan pokok jika suatu saat diberlakukan kebijakan lockdown?

C-5 (Mengevaluasi):
1. Bagaimana sejauh ini kesiapsiagaan pemerintah dalam menangani COVID-19?
2. Bagaimana kesiapan rumah sakit dalam menangani menangani pasien COVID-19?
3. Bagaimana kesiapan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19?
4. Bagaimana sejauh ini ketersediaan penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis yang menangani pasien COVID-19?
5. Bagaimana efektivitas saluran cricis center yang dibuat oleh pemerintah dalam memberikan informasi COVID-19 terhadap masyarakat?
6. Bagaimana efektivitas kebijakan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah dalam menekan penyebaran COVID-19?
7. Bagaimana sejauh ini efektivitas upaya social distance dan physical distance yang dilakukan oleh pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19?
8. Bagaimana tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebijakan social distance dan physical distance yang diberlakukan oleh pemerintah?
9. Bagaimana efektivitas pembatalan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19?
10. Bagaimana peran media dalam ikut menyosialisasikan bahaya COVID-19?
11. Apa kritik dan saran Anda terhadap pencegahan dan penanganan COVID-19 kepada berbagai pihak terkait?

C-6 (Mencipta):
1. Buatlah sebuah video atau poster yang isinya mengampanyekan kewaspadaan terhadap COVID-19!
2. Buatlah sebuah video atau poster yang berisi dukungan terhadap pasien COVID-19 untuk bisa sembuh!
3. Buatlah sebuah video atau poster berisi dukungan dan apresiasi terhadap tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19!
4. Buatlah sebuah video atau poster yang berisi tutorial cara mencuci tangan baik agar terhindar dari COVID-19!
5. Buatlah sebuah puisi yang isi doa dan apresiasi terhadap tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19!
6. Buatlah laporan singkat berkaitan tentang aktivitas kamu selama belajar di rumah!
7. Buatlah sebuah berita atau reportase tentang upaya pencegahan COVID-19 di daerahmu!

Artikel keren lainnya: