Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

KKO Untuk Indikator Ketrampilan

 

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)  KETRAMPILAN

Untuk mempermudah penyusunan indikator  pencapaian hasil belajar dan indikator soal pada semua aspek penilaian, kita harus mengetahui KKO dari aspek tersebut. Pada tulisan kali ini kita akan memaparkan KKO untuk indikator aspek ketrampilan.

Tulisan ini merupakan simpulan dari Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi

Menirukan P1

Memanipulasi P2

Pengalamiahan P3

Artikulasi P4

Mengaktifkan

Menyesuaikan

Menggabungkan

Melamar

Mengatur

Mengumpulkan

Menimbang

Memperkecil

Membangun

Mengubah

Membersihkan

Memposisikan

Mengonstruksi

Mengoreksi

Mendemonstrasikan

Merancang

Memilah

Melatih

Memperbaiki

Mengidentifikasikan

Mengisi

Menempatkan

Membuat

Memanipulasi

Mereparasi

Mencampur

Mengalihkan

Menggantikan

Memutar

Mengirim

Memindahkan

Mendorong

Menarik

Memproduksi

Mencampur

Mengoperasikan

Mengemas

Membungkus

Mengalihkan

Mempertajam

Membentuk

Memadankan

Menggunakan

Memulai

Menyetir

Menjeniskan

Menempel

Mensketsa

Melonggarkan

Menimbang

 

Taksonomi Psikomotor “Dave”

P1

Imitasi

P2

Manipulasi

P3

Presisi

P4

Artikulasi

P5

Naturalisasi

Menyalin

Mengikuti

Mereplikasi

Mengulangi

mematuhi

Kembali membuat

Membangun

Melakukan

Melaksanakan

Menerapkan

Menunjukan

Melengkapi

Menyempurnakan

Mengkalibrasi

Mengendalikan

Membangun

Mengatasi

Menggabungkan

Mengintegrasikan

Meng-adaptasi

Mengembangkan

Merumuskan

Memodifikasi

Mendesain

Menentukan

Mengelola

Meniru

Menciptakan kembali

Menunjukan

Mengimplementasikan

Mendemonstrasikan

Mengontrol

Mengkonstruksikan

Memecahkan

Mengkombinasikan

Mengkoordinasikan

Memformulasi

Merancang

Menspesifikasi

 

Domain Psikomotor “Dave”

Kategori

Deskripsi Perilaku

Contoh Aktivitas yang diukur

Kata Kerja

1

Imitasi (Imitation)

Meniru tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi

Mengamati guru atau pelatih kemudian menirukannya: aktivitas proses.

Meniru, mengikuti, mereplikasi, mengulangi,

2

Manipulasi (Manipulation)

Mereproduksi aktivitas dari pelatih atau ingatannya

Melakukan tugas dari instruksi tertulis atau verbal

Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan, mengimplementasikan

3

Presisi (Precision)

Melakukan keterampilan tanpa bantuan orang lain

Mempertunjukkan keahlian melaksanakan tugas atau aktivitas tanpa bantuan atau instruksi, mampu menunjukkan aktivitas pada siswa lain.

Mendemonstrasikan, melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol.

4

Artikulasi (Articulation)

Mengadaptasi dan mengintegrasikan keahlian

Mengaitkan dan mengkombinasikan aktivitas untuk mengembangkan metoda

Mengkonstruksikan, memecahkan, mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi, mengembangkan, memformulasi

5

Naturalisasi (Naturalization)

Melkukan aktivitas secara terkait dengan tingkat keterampilan yang telah dimiliki

Mendefinisika tujuan, pendekatan dan strategi untuk melakukan aktivitas untuk keperluan

Merancang, menspesifkasi, mengelola,

Domain Psikomotor “Simpson”

No.

Kategori

Penjelasan

Kata Kerja Kunci

1.

Persepsi

Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu

Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu ruangan panas

Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan, mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi.

2.

Kesiapan

Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik, dan emosi, dalam menghadapi sesuatu.

Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan, menerima kelebihan dan kekurangan seseorang.

Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu, memperlihatkan mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan

3.

Reaksi yang diarahkan”

Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan bantuan / bimbingan dengan meniru dan uji coba.

Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.

Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan, mengerjakan, membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi.

4.

Reaksi natural (mekanisme)

Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada tingkat ketrampilan tahap yang lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan siswa akan terbiasa melakukan tugas rutinnya.

Contoh: menggunakan computer

Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani.

5.

Reaksi yang kompleks

Kemampuan untuk melakukan kemahirannya dalam melakukan sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa ragu.

Contoh: Keahlian bermain piano

Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani, mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur

6.

Adaptasi

Kemampuan mengembangkan keahlian, dan memodifikasi pola sesuai dengan yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan secara cepat dan tepat terhadap kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang ada

Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi, mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi

7.

Kreativitas

Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi kreativitas diri.

Contoh: membuat formula baru, inovasi, produk baru

Merancang, membangun, menciptakan, mendisain, memprakarsai, mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer

 

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "KKO Untuk Indikator Ketrampilan"

Post a Comment

Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.