KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) KETRAMPILAN
Untuk mempermudah penyusunan indikator pencapaian hasil belajar dan indikator soal pada semua aspek penilaian, kita harus mengetahui KKO dari aspek tersebut. Pada tulisan kali ini kita akan memaparkan KKO untuk indikator aspek ketrampilan.
Tulisan ini merupakan simpulan dari Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi
Menirukan P1 |
Memanipulasi P2 |
Pengalamiahan P3 |
Artikulasi P4 |
Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan Melamar Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Membangun Mengubah Membersihkan Memposisikan Mengonstruksi |
Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang Memilah Melatih Memperbaiki Mengidentifikasikan Mengisi Menempatkan Membuat Memanipulasi Mereparasi Mencampur |
Mengalihkan Menggantikan Memutar Mengirim Memindahkan Mendorong Menarik Memproduksi Mencampur Mengoperasikan Mengemas Membungkus |
Mengalihkan Mempertajam Membentuk Memadankan Menggunakan Memulai Menyetir Menjeniskan Menempel Mensketsa Melonggarkan Menimbang |
Taksonomi Psikomotor “Dave”
P1 Imitasi |
P2 Manipulasi |
P3 Presisi |
P4 Artikulasi |
P5 Naturalisasi |
Menyalin Mengikuti Mereplikasi Mengulangi mematuhi |
Kembali membuat Membangun Melakukan Melaksanakan Menerapkan |
Menunjukan Melengkapi Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan |
Membangun Mengatasi Menggabungkan Mengintegrasikan Meng-adaptasi Mengembangkan Merumuskan Memodifikasi |
Mendesain Menentukan Mengelola |
Meniru |
Menciptakan kembali Menunjukan Mengimplementasikan |
Mendemonstrasikan Mengontrol |
Mengkonstruksikan Memecahkan Mengkombinasikan Mengkoordinasikan Memformulasi |
Merancang Menspesifikasi |
Domain Psikomotor “Dave”
Kategori |
Deskripsi Perilaku |
Contoh Aktivitas
yang diukur |
Kata Kerja |
|
1 |
Imitasi (Imitation) |
Meniru tindakan dari yang ditunjukkan orang lain:
mengamati kemudian mereplikasi |
Mengamati guru atau pelatih kemudian menirukannya:
aktivitas proses. |
Meniru, mengikuti, mereplikasi, mengulangi, |
2 |
Manipulasi (Manipulation) |
Mereproduksi aktivitas dari pelatih atau ingatannya |
Melakukan tugas dari instruksi tertulis atau verbal |
Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan,
mengimplementasikan |
3 |
Presisi (Precision) |
Melakukan keterampilan tanpa bantuan orang lain |
Mempertunjukkan keahlian melaksanakan tugas atau aktivitas
tanpa bantuan atau instruksi, mampu menunjukkan aktivitas pada siswa lain. |
Mendemonstrasikan, melengkapi, mempertunjukkan,
menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol. |
4 |
Artikulasi (Articulation) |
Mengadaptasi dan mengintegrasikan keahlian |
Mengaitkan dan mengkombinasikan aktivitas untuk
mengembangkan metoda |
Mengkonstruksikan, memecahkan, mengkombinasikan,
mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi,
mengembangkan, memformulasi |
5 |
Naturalisasi (Naturalization) |
Melkukan aktivitas secara terkait dengan tingkat
keterampilan yang telah dimiliki |
Mendefinisika tujuan, pendekatan dan strategi untuk
melakukan aktivitas untuk keperluan |
Merancang, menspesifkasi, mengelola, |
Domain Psikomotor “Simpson”
No. |
Kategori |
Penjelasan |
Kata Kerja Kunci |
1. |
Persepsi |
Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam
menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu ruangan panas |
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan,
mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi. |
2. |
Kesiapan |
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik,
dan emosi, dalam menghadapi sesuatu. Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan, menerima
kelebihan dan kekurangan seseorang. |
Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu, memperlihatkan
mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan |
3. |
Reaksi yang diarahkan” |
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan
bantuan / bimbingan dengan meniru dan uji coba. Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur. |
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan,
mengerjakan, membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi. |
4. |
Reaksi natural (mekanisme) |
Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada tingkat
ketrampilan tahap yang lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan siswa akan
terbiasa melakukan tugas rutinnya. Contoh: menggunakan computer |
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar,
memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit,
mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani. |
5. |
Reaksi yang kompleks |
Kemampuan untuk melakukan kemahirannya dalam melakukan
sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan
efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa
ragu. Contoh: Keahlian bermain piano |
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar,
memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit,
mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani,
mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur |
6. |
Adaptasi |
Kemampuan mengembangkan keahlian, dan memodifikasi pola
sesuai dengan yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan secara cepat dan
tepat terhadap kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang ada |
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi,
mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi |
7. |
Kreativitas |
Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang sesuai dengan
kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah dengan
mengeksplorasi kreativitas diri. Contoh: membuat formula baru, inovasi, produk baru |
Merancang, membangun, menciptakan, mendisain,
memprakarsai, mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer |
Belum ada tanggapan untuk "KKO Untuk Indikator Ketrampilan"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.