Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Mad Lazim Mukhaffaf Harfi (Pengertian dan Contoh)

 Mad Lazim Mukhaffaf Harfi

Secara harfiah lazim artinya harus. Adapaun dalam istilah tajwid, mad lazim adalah mad yang seluruh ulama’ qiraat sepakat untuk memanjangkannya lebih dari dua harakat dan disepakati ukuran panjangnya 6 harakat. Yang termasuk mad lazim adalah mad bertemu sukun asli dalam satu kata.

Mad Lazim Harfi Mukhaffaf

Mad lazim harfi mukhaffaf adalah mad bertemu huruf sukun yang terdapat pada huruf fawatihus suwar yang bila dibunyikan terdiri dari 3 huruf dan ditengahnya huruf mad. Hurufnya ada 8 yaitu dikumpulkan pada (نَقَصَ عَسَلُكُمْ). Apabila huruf yang delapan tersebut dilafalkan, maka seperti ini (نُوْنْ), (قَافْ), (صَادْ), (عَيْنْ), (سِيْنْ), (لَامْ), (كَافْ), dan (مِيْمْ).

Ukuran mad dari mad lazim mukhaffaf harfi adalah 6 harakat. Contoh:

ن – ق – يس - ص –  كهيعص – حم - عسق

============

Catatan:

Khusus untuk ‘ain dibacanya boleh 4 harakat atau 6 harakat. Adapun sisanya harus 6 harakat.

Huruf muqathaah yang terkumpul dalam:

حَيَّ طَهَرَ

Hukumnya mad thabii harfi dan bila dibunyikan seperti berikut:

ح (حَا)، ي (يَا)، ط (طَا)، هـ (هَا)، ر (رَا)

*************

Sekian dan demikian. Semoga bermanfaat.

Artikel keren lainnya:

Arti Sebuah Keadilan

Seorang Dosen mata kuliah Hukum bertanya pada salah seorang mahasiswa:

"Siapa namamu?”

Mahasiswa itu menyebutkan namanya,

"Ali Marwah, Pak."

Tiba-tiba saja sang Dosen mengusirnya tanpa sebab.

Mahasiswa itu berusaha membela diri.

Tapi sang Dosen malah membentaknya.

Akhirnya ia keluar dengan perasaan terdzalimi.

Mahasiswa yang lain hanya diam.

Setelah itu sang Dosen memulai kuliah.

Ia bertanya kepada para mahasiswa,

"Untuk apa undang-undang dibuat?”

Salah seorang mahasiswi menjawab,

“Untuk mengontrol perilaku manusia.”

Mahasiswa lain menjawab,

“Untuk diterapkan !”

Yang lain menjawab,

“Agar yang kuat tidak mendzalimi yang lemah.”

Sang Dosen berkata,

“Benar...tapi semua itu tidak cukup !.”

Tiba-tiba salah seorang mahasiswi mengacungkan tangan dan berkata,

“Untuk mewujudkan keadilan !”

Dosen berkata,

"Benar!, Itulah jawabannya, agar tercipta keadilan !

Tapi pertanyaannya, apa gunanya keadilan?”

Seorang mahasiswa menjawab,

“Agar hak semua orang terjaga dan tidak ada yang terdzalimi !”

Dosen bertanya,

"Sekarang jawab dengan jujur dan tak perlu takut...

Apakah saya telah berlaku dzalim pada teman kalian ketika saya mengusirnya dari kelas ?”

Mereka kompak menjawab, “Iyaa..!”

Dosen bertanya dengan nada tinggi,

“Lalu kenapa kalian diam saja dan tidak memberikan pembelaan ?!

"Apa guna undang-undang dan hukum kalau kita tidak memiliki keberanian untuk menerapkannya ?!

Ketika kalian diam saja disaat seseorang didzalimi, dan kalian tidak berusaha membela yang benar maka kalian akan kehilangan kemanusiaan kalian.

Dan, kemanusiaan tidak bisa ditawar-tawar..!”

Kemudian sang Dosen memanggil si Ali Marwah, mahasiswa yang diusirnya tadi, lalu meminta maaf padanya di depan seluruh mahasiswa.

Kemudian ia berkata,

“Ini saja pelajaran untuk hari ini.

Kalian mesti berusaha mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari selama kalian hidup"

"Berapa banyak orang yg diam melihat kedzaliman, ketidak adilan bahkan berkawan akrab dengan pelaku kedzaliman hanya karena ingin mendapatkan KENYAMANAN"

Pelajaran dari sebuah sikap dan perbuatan jauh lebih berarti daripada pelajaran dari sebuah nasehat.

Artikel keren lainnya:

Bank Soal PAI Tentang Iman Kepada Rasul Allah SWT

Soal Iman Kepada Nabi dan Rasul Allah

Berikut soal latihan PAI materi “iman kepada rasul Allah” untuk tingkat SMP/MTs. Apabila ingin digunakan untuk jenjang SMA/SMK/MA, silakan tambah satu opsi lagi. Opsi yang bewarna merupakan jawaban yang benar. Silakan digunakan untuk UH, PTS, PAS, US, dan ujian lainnya. Semoga membantu!

Soal PAI

A. Pilihlah Jawaban Yang Paling Tepat!

1. Di antara para Rasul yang wajib diketahui ada yang bersaudara. Berikut pasangan Rasul yang bersaudara adalah ....

A. Yusuf as dan Ya’qub as

B. Daud as dan Sulaiman as

C. Isa as dan Yahya as

D. Isma’il as dan Ishaq as

 

2. Di antara para Rasul yang wajib diketahui ada ayah dan anak yang keduanya menjadi Rasul. Berikut pasangan Rasul yang merupakan ayah dan anak adalah ....

A. Yusuf as dan Ya’qub as

B. Daud as dan Ilyas as

C. Isa as dan Yahya as

D. Isma’il as dan Ishaq as

 

3. Nama Nabi:

1) Ibrahim as

2) Nuh as

3) Idris as

4) Musa as

5) Isa as

6) Adam as

7) Muhammad saw

Yang merupakan Nabi yang termasuk ulul azmi ditunjukkan oleh nomor ....

A. 1, 2, 4, 6, dan 7

B. 1, 2, 4, 5, dan 7

C. 2, 4, 5, 6, dan 7

D. 3, 4, 5, 6, dan 7

 

4. Semua Rasul harus menyampaikan wahyu yang diterima dari Allah swt kepada ummatnya karena mereka memiliki sifat ....

A. Amanah

B. Shidiq

C. Tabligh

D. Fathanah

 

5. Iman kepada kepada Rasul Allah memiliki arti ....

A. meyakini bahwa Allah swt benar-benar mengutus Rasul

B. mengamalkan semua syariat para Rasul

C. mengingkari Nabi dan Rasul yang tidak diketahui namanya

D. meyakini bahwa tidak semua Nabi itu ma’shum

 

6. Dalam menjalankan misi dakwah dan menyampaikan risalah, para Rasul menghadapi berbagai tantangan dan rintangan. Untuk itu menjaga dan sebagai bukti kerasulan, Allah memberikan ....

A. Karamah

B. Mu’jizat

C. Hidayah

D. Wahyu

 

7. Perhatikan sifat-sifat berikut!

1) Amanah

2) Khiyanat

3) Baladah

4) Kitman

5) Kidzdzib

6) Fathanah

Yang merupakan sifat mustahil bagi Rasul ditunjukkan oleh nomor ....

A. 1, 2, 3, dan 4

B. 3, 4, 5, dan 6

C. 2, 3, 4, dan 5

D. 1, 2, 5, dan 6

 

8. Perhatikan beberapa perilaku di bawah ini :

1) Membaca buku kisah Nabi dan Rasul

2) Berpakaian ala Arab karena para Rasul berasal dari Arab

3) Menjadikan para Rasul sebagai suri tauladan

4) Meyakini kebenaran yang dibawa para Rasul

5) Menjalankan semua ajaran para Rasul

Perilaku yang mencerminkan iman kepada Rasul ditunjukkan pada nomor ..........

A. 1, 2, dan 5

B. 1, 3, dan 4

C. 2, 3, dan 4

D. 3, 4, dan 5

 

9. Perhatikan penggalan ayat berikut!

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا آَمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ

Terjemah dari penggalan ayat di atas adalah ....

A. Wahai orang-orang yang beriman, berimanlah kepada Allah dan kepada Rasul-rasulnya.

B. Wahai orang-orang yang beriman, berimanlah kepada Allah dan kepada Nabinya.

C. Wahai orang-orang yang beriman, berimanlah kepada Allah, Malaikat dan kepada Rasulnya.

D. Wahai orang-orang yang beriman, berimanlah kepada Allah dan kepada Rasulnya.

 

10. Perhatikan penggalan ayat berikut!

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ رَسُولٌ فَإِذَا جَاءَ رَسُولُهُمْ قُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

Isi kandungan yang sesuai dengan ayat di atas adalah ....

A. Setiap Rasul punya musuh.

B. Setiap suku punya Rasul.

C. Setiap Rasul punya pembambangkangnya.

D. Setiap ummat punya Rasul.

 

11. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Kita wajib percaya bahwa jumlah nabi dan rasul tidak terbatas yang ada dalam Al-Qur’an saja.

2) Kita wajib percaya bahwa nabi berjumlah 124.000 orang dan Rasul 313 orang.

3) Kita wajib mempercayai 25 nabi/rasul yang disebutkan dalam Al-Qur’an .

4) Kita wajib percaya bahwa pada setiap umat terdapat nabi/rasul.

5) Kita wajib percaya bahwa semua nama nabi dan rasul sudah disebutkan dalam Al-Qur’an .

Keyakinan kepada Rasul yang tepat ditunjukkan nomor ... .

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 3, dan 4

C. 2, 3, dan 5

D. 3, 4, dan 5

 

12. Perhatikan kisah berikut!

Pada waktu Nabi Ibrahim a.s. berdebat dengan Raja Namrud tentang siapa yang menghancurkan semua berhala di tempat itu, Nabi Ibrahim a.s. menjawab bahwa yang menghancurkan mereka adalah berhala yang paling besar yang di tangannya tergantung sebilah kapak. Ini merupakan jawaban yang sangat diplomatis dari Nabi Ibrahim a.s.untuk menunjukkan bahwa berhala tidak memiliki kekuatan sehingga layak disembah.

Kisah tersebut menunjukkan sifat wajib bagi nabi, yaitu ... .

A. sidiq

B. tablig

C. amanah

D. fatanah

 

13. Perhatikan nama nabi dan kaumnya berikut!

Nama nabi:

1. Syuaib a.s.

2. Hud a.s.

3. Soleh a.s.

4. Musa a.s.

Nama kaum:

A. ‘Ad

B. Madyan

C. Bani Israil

D. Tsamud

Pasangan nama nabi dan kaumnya yang tepat adalah ... .

A. 1A, 2B, 3C, 4D

B. 1B, 2A, 3D, 4C

C. 1C, 2B, 3A, 4D

D. 1D, 2C, 3B, 4A

 

14. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Memiliki banyak umat

(2) Memiliki banyak tantangan

(3) Memiliki keteguhan hati

(4) Memiliki kesabaran

Pengertian Rasul ulu al-azmi dituntukkan pernyataan nomor....

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

 

15. Perhatikan riwayat berikut!

Suatu ketika Nabi Muhammad saw mendapatkan hadiah jeruk limau dari seorang perempuan. Nabi saw kemudian memakan semua jeruk yang dibawakan kepadanya. Setelah semua jeruk itu habis, perempuan tadi pun pulang dengan perasaan senang. Para sahabat bertanya mengapa Nabi saw tidak berbagi jeruk itu dengan mereka. Nabi menjawab bahwa jeruk itu rasanya masam, seandainya dibagi kepada para sahabat, mereka tidak akan menghabiskannya dan mengecewakan si pemberi.

Riwayat di atas menunjukkan salah satu hikmah sifat jaiz bagi Rasul, yaitu ... .

A. menunjukan keunggulan pribadi Nabi Muhammad saw.

B. memberi pelajaran hukum syari’at kepada para sahabat.

C. memberi keteladanan tentang menghargai orang lain.

D. menunjukkan Nabi Muhammad saw manusia biasa

 

B. Jawablah Pertanyaan Berikut!

16. Apa yang dimaksud dengan Iman kepada Rasul Allah swt?

17. Sebutkan perbedaan Nabi dan Rasul!

18. Sebutkan 4 perilaku yang mencerminkan Iman kepada Rasul Allah swt!

19. Sebutkan 3 hikmah Iman kepada Rasul Allah swt!

20. Meskipun para nabi dan rasul merupakan manusia istimewa, Allah Swt. membekali mereka dengan mukjizat. Mengapa Allah Swt. perlu memberikan kepada nabi dan rasul? 

 

 

Artikel keren lainnya:

Kumpulan Soal PAI Bab Iman Kepada Hari Akhir

Soal Iman Kepada Hari Akhir

Berikut soal latihan PAI materi “iman kepada hari akhir” untuk tingkat SMP/MTs. Apabila ingin digunakan untuk jenjang SMA/SMK/MA, silakan tambah satu opsi lagi. Bisa digunakan untuk UH, PTS, PAS, US, dan ujian lainnya. Semoga membantu!

Soal PAI

Berikan tanda silang (x) pada A, B, C, atau D yang merupakan jawaban yang tepat!

1. Kehancuran alam semesta beserta isinya disebut dengan ...

A. Hari Kiamat

B. Kiamat Sughro

C. Awal Kehidupan akhirat

D. Iman kepada Hari Akhir

 

2. Firman Allah swt QS Al Hajj ayat 7 :

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِي ٱلْقُبُورِ

Ayat di atas menjelaskan tentang……

A. Kiamat pasti datang

B. Adanya timbangan amal baik dan buruk

C. Balasan-balasan amal perbuatan manusia

D. Orang yang meninggal haruslah dikuburkan

 

3. Arti dari penggalan ayat ....

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ

A. Maka sesungguhnya kiamat itu tidak ada keraguan

B. Dan sesungguhnya kiamat itu pasti ada

C. Dan sesungguhnya kiamat itu pasti datang

D. Maka sesungguhnya kiamat itu pasti datang

 

4. Pada saat kiamat terjadi manusia seperti serangga yang berterbangan dan gunung-gunung seperti bulu yang dihamburkan. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat ....

A. Al-Qariah: 1-2

B. Al-Qariah: 2-3

C. Al-Qariah: 3-4

D. Al-Qariah: 4-5

 

5. Terjadinya gunung meletus, tsunami, kecelakaan benruntun dan kemarau panjang sehingga membuat manusia susah dan gelisah. Kejadian di atas disebut ...

A. Iman kepada malaikat

B. Kiamat Sughro

C. Kiamat Kubro

D. Iman kepada qodo qodar

 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini …

1)  Munculnya Dajjal

2) Turunnya Isa bin Maryam

3) Matahari terbit dari arah barat

4) Maksiat merajalela

Pernyataan tersebut di atas yang termasuk tanda-tanda datangnya hari kiamat kubro adalah …

A. 1, 2, dan 3

B. 2, 3, dan 4

C. 1, 2, dan 4

D. 2, 3, dan 4

 

7. Pengertian Yaumul Ba’ats adalah …

A. Hari perhitungan amal

B. Hari dibangkitkan

C. Hari pertemuan

D. Hari akhir

 

8. Nama lain hari kiamat yang artinya peristiwa yang dahsyat adalah ….

A. Al-Qari’ah   

B. Al-Ghasyiyah

C. Al-Waqi’ah      

D. Al-Haqqah

 

9. Menjelang kiamat kubra akan muncul sosok yang menyesatkan ummat akidah manusia. Sosok tersebut adalah ....

A. Iblis

B. Setan

C. Yajuj ma’juj

D. Dajjal

 

10. Sebagai seorang muslim, kita harus selalu mawas diri. Salah satu contoh perilaku mawas diri adalah ...

A. Berbuat semau hati

B. Malas beribadah

C. Segera meninggalkan maksiat

D. Gemar bermain game

 

11. Berdasarkan ayat Al-Quran dan Hadis bahwa gambaran manusia pada hari kiamat kelak adalah ....

A. Saling bekerja sama agar selamat dari bencana dahsyat

B. Orang-orang akan saling bunuh untuk mendapatkan harta

C. Setiap orang sibuk menyelamatkan diri dan tidak peduli dengan yang lain

D. Banyak manusia yang heran dan terkejut dengan peristiwa Dajjal

 

12. Setelah kehancuran seluruh alam raya ini, seluruh ummat manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar. Kemudian semua ummat manusia akan dihitung amal perbuatannya selama di dunia. Hari dihitungnya amal disebut dengan ....

A. Yaumul ba’ats

B. Yaumul qiyamah

C. Yaumul hisab

D. Yaumul mizan

 

13. Simaklah peristiwa pada hari akhir berikut ini!

Saat kiamat, seluruh alam beserta isinya akan hancur, kemudian manusia akan dibangkitkan kembali dari alam kubur untuk dikumpulkan di Mahsyar. Saat itu keadaan manusia disesuaikan dengan amal selama hidupnya. Sekecil apapun perbuatan di dunia akan diberi balasan oleh Allah Swt.

Berdasarkan deskripsi tersebut, manfaat beriman kepada hari kiamat adalah ….

A. hati-hati dalam bertindak karena segala amal dimintakan pertanggungjawaban

B. mendorong manusia untuk meyakini kehidupan akhirat lebih baik

C. meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi cobaan

D. untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt

 

14. Simaklah peristiwa pada hari akhir berikut !

Seluruh manusia yang telah dibangkitkan dari kuburnya akan dikumpulkan di Padang Mahsyar, mereka menunggu pengadilan dari Yang Maha Adil atas amal perbuatan mereka selama di dunia. Selanjutnya, tiba Yaumul Hisab, yaitu saat perhitungan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Ketika dilaksanakan hisab, yang berbicara bukan mulut, tetapi semua anggota badan yang menjadi saksi sehingga tidak ada satu pun perbuatan yang terlepas dari perhitungan.

Perilaku yang sesuai dengan deskripsi tersebut adalah ….

A. Wihda menahan dirinya untuk tidak menyebar hoax di media sosial

B. Rizal menyebar berita yang belum jelas sumbernya ke media sosial

C. Rahma menyampaikan keluh kesah dalam status media sosial

D. Adi mengunggah fotonya di media sosial saat salat berjamaah

 

15. Malaikat Izrail meniup terompet sangsakala sebanyak 3 kali. Persitiwa yang terjadai pada tiupan yang ketiga adalah ....

A. Hancurnya seluruh alam raya

B. Meninggalnya seluruh makhluk

C. Dibangkitkannya orang-orang yang telah mati

D. Dikumpulkannya ummat manusia di padang Mahsyar

Artikel keren lainnya: