Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Soal Latihan Bab Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (Kekhalifahan Umayyah II)

Ketika belajar sejarah islam, siswa akan mempelajari tentang kekhalifahan Bani Umayyah II di Andalusia (sekarang bagian dari Spanyol dan Portugal) dan ada juga yang menyebutnya dengan Kekhalifahan Kordoba. Setelah para siswa mempelajari materi bab ini, siswa akan diuji pemahamannya dengan berbagai tes.

Peta Daulah Umayyah II

Berikut adalah beberapa contoh soal PAI pada bab Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031 M) yang bisa dijadikan bahan latihan. Selain itu, para guru bisa menjadikan soal di bawah ini sebagai rujukan dalam membuat soal PAI untuk berbagai ujian dan tes. 

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D

1. Menjelang penaklukan oleh muslim, kondisi sosial masyarakat di Andalusia sangat memprihatinkan. Masyarakat dibentuk menjadi tiga kelas yaitu kelas 1, 2 dan 3. Penguasa adalah kelas pertama. Yang bukan termasuk kelas penguasa adalah....

A. Tuan tanah kecil

B. Pemuka agama

C. Pembesar istana

D. Pangeran

 

2. Puncak kejayaan Bani Umayyah di Andalusia ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan di Cordova yang terjadi pada masa kepemimpinan....

A. ‘Abd al-Raḥmān I

B. ‘Abd al-Raḥmān II

C. ‘Abd al-Raḥmān III

D. al-Ḥakam I

 

3. Islam masuk ke Andalusia bukan karena militer akan tetapi sebagai Futuḥ al-Islāmi yang berperadaban. Pengaruhnya tersebut menyebar sampai ke....

A. Barat Eropa

B. Afrika Utara

C. Barat Afrika

D. Utara Eropa

 

4. Bangunan ini terindah di benua Eropa. Awalnya, bangunan ino adalah minaret atau menara mesjid. Kondisi saat ini beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Sevilla. Menara ini diberi nama ....

A. Mercusuare

B. Menara Giralda

C. Menara Kudus

D. Piramida

 

5. Tempat yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam yang dijadikan sebagai tempat pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol yaitu....

A. Istana al-Ḥamrā

B. Granada

C. Menara emas

D. Istana al-Ma’mūn

 

6. Kedewasaan berfikir, cara pandang ke depan yang lebih luas, bertindak arif, dan bijaksana, juga merasa bangga serta mencintai kebudayaan Islam masa lalu, merupakan....

A. Hikmah mempelajari sejarah peradaban Islam

B. Tujuan mempelajari sejarah peradaban Islam

C. Hakikat mempelajari sejarah peradaban Islam

D. Makna mempelajari sejarah peradaban Islam

 

7. Daerah ini berada pada wilayah otonomi Castilla la Mancha. Daerah ini pernah menjadi ibukota Spanyol sebelum bangsa Moor datang pada abad ke-8 M. Tingkat toleransi kehidupan beragama cukup tinggi di daerah ini. Yahudi, Kristen dan Islam hidup berdampingan secara harmonis.

Nama daerah tersebut adalah....

A. Cordova

B. Toledo

C. Eropa

D. Granada

 

8. Perhatikan tabel berikut ini!

Nama Cendikiawan Muslim

1 al-Gāfiqi

2 Ibnu Ṭufail

3 Ibnu Khaldūn

4 al-Zalqali

Bidang keahlian

A Astronomi

B Ilmu sosial

C Filsafat

D Fisika

Pasangan nama cendekiawan muslim dan bidang keahlian yang tepat ditunjukkan pada nomor....

A. 1-d, 2-c, 3-b, 4-a

B. 1-c, 2-d, 3-a, 4-b

C. 1-d, 2-a, 3-c, 4-b

D. 1-a, 2-b, 3-c, 4-d

 

9. Berikut ini merupakan kota-kota penting yang ditaklukkan oleh Ṭāriq bin Ziyād dan pasukannya pada masa awal masuknya Islam di Andalusia.

A. Cordova, Granada dan Toledo

B. Cordova, Granada dan Tobelo

C. Cordova, Granada dan Madrid

D. Cordova, Granada dan Barcelona

 

10. Ibn Bājah, Abu Bakr ibn Ṭufail, dan Ibn Rusyd (Averroes) merupakan tokoh terkenal dalam bidang ....

A. Filsafat

B. Bahasa

C. Seni

D. Sejarah

 

II. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Jelaskan kondisi sosial masyarakat Andalusia sebelum kedatangan bangsa muslim!

2. Ceritakan sejarah singkat perkembangan Islam di Andalusia!

3. Lakukan telaah dengan bentuk tabel perbedaan kemajuan Islam pada masa Bani Umayyah di Damaskus dengan Bani Umayyah di Andalusia!

4. Mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi?

5. Bagaimana cara menumbuhkan semangat dalam mencari ilmu dan mengembangkan tehnologi dalam kehidupan sehari-hari?

Artikel keren lainnya:

Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan | Ringkasan PAI SMP 8

Ringkasan materi PAI untuk SMP berdasarkan kurikulum terbaru tentang melestarikan alam dan menjaga lingkungan. Fokus bahasannya lebih kepada Al-Quran dan Hadis tentang melestarikan alam dan menjaga lingkungan serta isi kandungannya.

Menjaga Alam

A. Ayat dan Hadis tentang Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan

1. Ar-Rum: 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).”

Isi kandungan:

▪ Kerusakan alam diakibatkan oleh ulah jahil manusia

▪ Ditampakkannya bencana agar manusia sadar akan akibat perbuatan mereka

2. Ibrahim: 32

اَللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِه مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِى الْبَحْرِ بِاَمْرِه وَسَخَّرَ لَكُمُ الْاَنْهٰرَ

“Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan kapal bagimu agar berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan sungai-sungai bagimu.”

Isi kandungan:

▪ Allah SWT menciptakan alam semesta dan segala isinya adalah untuk dimanfaatkan oleh manusia demi kesejahteraan hidup dan kemakmurannya.

▪ Dia juga yang telah menundukkan sungai-sungai bagimu agar kamu dan hewan-hewan ternakmu dapat minum darinya serta bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lainnya.

3. Az-Zukhruf: 13

لِتَسْتَوا عَلٰى ظُهُوْرِه ثُمَّ تَذْكُرُوْا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ اِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ وَتَقُوْلُوْا سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَه مُقْرِنِيْنَ

“Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan agar kamu mengucapkan, “Maha-suci (Allah) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,”

Isi kandungan:

▪ Allah menundukkan alam untuk umat manusia agar manusia bersyukur dan mengakui kekuasaan Allah SWT.

 

4. Hadis tentang Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ اِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَةٌ اِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ.

“Tiada seorang muslim pun yang menanam tanaman kemudian dimakan oleh burung, manusia, atau binatang lainnya melainkan tercatat untuknya sebagai sedekah.”

B. Contoh Melestarikan Alam dan Menjaga Lingkungan

▪ Tidak membuang sampah sembarangan

▪ Tidak membakar sampah

▪ Pengelompokan sampah

▪ Menghemat energi

▪ Menggunakan produk daur ulang

▪ Hemat penggunaan air

▪ Menanam pohon

▪ Tidak melakukan penggundulan hutan

▪ Naik kendaraan umum

▪ Mengurangi penggunaan kertas

▪ Mengurangi bahan kimia

▪ Mengurangi penggunaan plastik

▪ Membawa tas sendiri saat belanja

▪ Menjaga daya hidup hewan

Artikel keren lainnya:

Soal Latihan Bab Rukhṣah: Kemudahan Dari Allah Swt dalam Beribadah kepada-Nya

Setelah mempelajari tentang rukhṣah atau keringanan dalam ibadah, sekarang waktunya untuk mengetes sejauh mana pemahaman siswa pada bab tersebut. Berikut adalah beberapa contoh soal PAI pada materi rukhshah yang bisa dijadikan bahan latihan.

Selain itu, para guru bisa menjadikan soal di bawah ini sebagai rujukan dalam membuat soal PAI untuk berbagai ujian dan tes. 

Ujian

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D.

1. Perhatikan penyataan berikut!

1) Tidak untuk berlaku zalim, berbuat dosa, atau meringan-ringankan suatu hukum yang sudah ringan.

2) Orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) dalam jarak dan kondisi yang ditentukan.

3) Orang yang sedang dalam perjalanan pulang kampung.

4) Keringan apabila mampu menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Yang merupakan penyebab diberikannya rukhṣah terdapat pada nomor....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 4

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

 

2. Ahmad bekerja di sebuah perusahaan ternama. Ia pergi bekerja ke luar kota setiap bulan selama sepuluh hari. Jarak tempuh ke luar kota sangat jauh sehingga menggunakan pesawat selama 2 jam. Pada saat bulan Ramadan, ia berpuasa apabila ia berada di dalam kota. Pandangan

kita terhadap puasa yang dilakukan oleh Ahmad tersebut yang benar adalah....

A. Ahmad melaksanakan puasa pada saat di tempat kerja karena jaraknya dari rumah ke tempat kerja ditempuh dengan pesawat

B. Ahmad boleh meninggalkan puasa pada saat di tempat kerja karena jaraknya dari rumah ke tempat kerja jauh sehingga ditempuh dengan pesawat

C. Ahmad boleh milih antara berpuasa dan tidak karena ke tempat kerja termasuk safar

D. Ahmad boleh meninggalkan puasa dan menggantikannya di hari lain

 

3. Rombongan pelajar SMP di Jakarta melakukan studi wisata ke Yogyakarta. Di tengah perjalanan, rombongan tersebut menuju ke masjid untuk melaksanakan salat di waktu zuhur 4 rakaat setelah salam diteruskan dengan melaksanakan salat Aṣar 4 rakaat. Mereka melaksanakan salat tersebut di waktu Aṣar. Allah Swt. membolehkan melaksanakan salat dengan cara tersebut. Cara salat dikenal dengan nama salat ....

A. Jamak takhir qasar

B. Jamak takdim zuhur dengan Aṣar

C. Jamak takhir zuhur dengan Aṣar

D. Jamak qasar zuhur dengan Aṣar

 

4. “Allah Swt. tidak membebani hamba-Nya kecuali sesuai dengan kesanggupannya”. Pernyataan ini terdapat dalam.....

A. Q.S. al-Baqarah/2: 285

B. Q.S. al-Baqarah/2: 286

C. Q.S. al-Baqarah/2: 287

D. Q.S. al-Baqarah/2: 288

 

5. Orang yang sedang sakit atau sedang bepergian jauh dengan tujuan yang baik diperbolehkan untuk tidak berpuasa Ramadan, namun wajib....

A. Mengganti puasa pada hari yang lain di bulan yang lain

B. Mengganti puasa dibulan Ramadan itu juga

C. Membayar fidyah

D. Membayar zakat fitrah

 

6. Orang tua yang sudah renta dan tidak mampu berpuasa, diberikan keringanan dengan ....

A. Memberi makan 60 orang miskin

B. Membayar fidyah

C. Membayar zakat fitrah

D. Bersedekah

 

7. Pak Ahmad adalah orang miskin di kampungnya. Tiga hari sebelum lebaran ia mendapat rezeki yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Dengan demikian, berarti Pak Imran....

A. Wajib membayar zakat fitrah

B. Tidak wajib membayar zakat fitrah

C. Haram membayar zakat fitrah

D. Boleh membayar atau boleh tidak membayar zakat fitrah

 

8. Pada harta yang wajib dikeluarkan zakatnya, terdapat harta yang tidak memiliki nisab dan haul. Harta tersebut adalah . . . .

A. Barang temuan

B. Emas dan perak

C. Hewan ternak

D. Harta perdagangan

 

9. Perintah melaksanakan ibadah haji sangat bermanfaat bagi seorang muslim. Manfaat tersebut bagi seorang muslim di antaranya sebagai berikut, kecuali....

A. Mensyukuri nikmat dari Allah Swt.

B. Menjalin ukhuwah Islamiyah dari seluruh umat Islam di dunia

C. Sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

D. Dapat mengenal kota-kota di Mekah dan Madinah

 

10. Pernyataan berikut merupakan penyebab membayar dam pada saat melaksanakan ibadah haji.

1) Melaksanakan haji tammatu’

2) Melaksankan haji ifrād

3) Tidak melempar jumrah

4) Melempar 3 jumrah

5) Tidak wukuf di padang Arafah

6) Bermalam di Mina pada malam hari tasyrik

yang merupakan penyebab membayar dam pada saat melaksanakan ibadah haji terdapat pada nomor....

A. 1, 2 dan 3

B. 2, 3 dan 4

C. 1, 3 dan 6

D. 4, 5 dan 6

 

II. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Seseorang boleh menunaikan haji untuk orang lain yang telah meninggal dunia. Jelaskan alasannya!

2. Mengapa ibadah haji diwajibkan hanya untuk orang yang sudah mampu?

3. Bagaimana cara menumbuhkan perilaku disiplin dan saling menghargai dalam menjalankan ibadah pada diri seseorang?

4. Mengapa Allah Swt. memberikan rukhṣah dalam melaksanakan salat ketika sedang dalam perjalanan?

5. Farhan seorang pekerja keras yang mempunyai penghasilan dalam setiap bulannya + Rp. 50.000.000,00. Sebagai umat yang patuh kepada aturan agama maka ia selalu mengeluarkan zakat dari rezeki yang diperolehnya kepada fakir miskin. Sebagai warga negara yang patuh dengan aturan, maka Farhan juga membayar pajak. Setujukah kalian dengan perilaku

yang dilakukan Farhan? Kemukakan alasanmu!

Artikel keren lainnya:

Soal Latihan Bab Menghindari Ghibah Dan Melaksanakan Tabayun

Kumpulan soal materi "Menghindari Ghibah Dan Melaksanakan Tabayun"

Soal-soal yang tersedia bisa dijadikan bahan latihan untuk para siswa dalam memahami materi pembelajaran PAI pada bab ini. Selain itu, bagi para guru bisa juga dipakai untuk referensi dalam menyusun soal ujian.

Ujian

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D

1. Membicarakan aib yang ada pada diri seseorang dengan maksud untuk merendahkan harga dirinya dinamakan....

A. Hasud

B. Gibah

C. Dendam

D. Buruk sangka

 

2. Perhatikan peryataan berikut ini!

1) Andi berkata bahwa rapat akan membahas penjatuhan Roni dari jabatan ketua kelas.

2) Ia mengatakan bahwa hari ini tidak ada ulangan harian.

3) Gita sangat terkejut atas berita musibah yang menimpa temannya.

4) Angga berpesan kepada teman-temannya bahwa teman baru di kelasnya suka menipu.

Yang merupakan contoh sikap ghibah adalah....

A. 1) dan 2)

B. 2) dan 3)

C. 3) dan 4)

D. 1) dan 4)

 

3. Ransi dan Aksa adalah dua orang yang bersahabat sejak kecil. Suatu ketika Ransi menghadap guru BP untuk konsultasi masalah pelajaran. Pada waktu yang bersamaan Aksa melihatnya. Ia merasa bahwa sahabatnya melaporkan keburukan sikapnya kepada guru BP. Dalam hal demikian Aksa terkena sikap....

A. Buruk sangka

B. Hasad

C. Khianat

D. Iri

 

4. Perumpamaan perilaku gibah seperti memakan daring saudaranya yang sudah mati terdapat dalam surah....

A. Q.S. al-Ḥujurāt/49: 2

B. Q.S. al-Ḥujurāt/49: 12

C. Q.S. al-Ḥujurāt/49: 22

D. Q.S. al- Ḥujurāt/49: 32

 

5. Perhatikan penyataan berikut ini!

1) Selalu berintrospeksi diri.

2) Mengunjingkan orang lain.

3) Selalu menyebar aib orang lain.

4) Merasa dirinya diawasi oleh Allah Swt.

Yang merupakan cara menghindari perbuatan gibah adalah ...

A. 1) dan 2)

B. 2) dan 3)

C. 3) dan 4)

D. 1) dan 4)

 

6. Meneliti dan menyeleksi berita, serta tidak tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu dinamakan....

A. Tabayun

B. Suuzan

C. Husnuzan

D. Hasud

 

7. Ketika mendengar berita dari media sosial yang merugikan kita, sikap kita adalah....

A. Menerima berita dengan senang hati

B. Mencari sumber berita tersebut

C. Marah dengan yang memberikan berita

D. Mengklarifikasi berita tersebut terlebih dahulu

 

8. Agama memerintahkan untuk melakukan tabayun. Tabayun berkaitan dengan pembawa berita dan isi berita. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi....

A. Amarah yang sangat besar

B. Penyesalan di kemudian hari

C. Putus asa terhadap masalah yang dihadapi

D. Kebohongan berita yang diterima dan disebar

 

9. Farhan berangkat ke sekolah bersama dengan temannya yang bernama Rizki. Sampai di sekolah, mereka bertemu dengan Fulan yang menceritakan bahwasannya Farhan dan Rizki pulang sekolah nanti ditantang untuk berkelahi dengan Bejo tanpa alasan yang jelas. Sikap Farhan dan Rizki sebaiknya ....

A. Tidak percaya begitu saja dan menanyakan informasi yang benar

B. Percaya dengan berita tersebut, dengan menemuinya setelah pulang sekolah untuk berkelahi

C. Cuek terhadap berita tersebut, karena merasa tidak punya masalah

D. Mengajak teman-temannya untuk ke lokasi yang telah ditentukan.

 

10. Ani mendapatkan pesan dari orang yang tidak dikenal melalui pesan pada salah satu media sosial bahwa salah satu anggota keluarga mengalami musibah. Ia di rawat di rumah sakit. Di akhir pesan tersebut, Ani harus segera mentransfer uang ke nomor rekening salah satu bank. Sikap yang tepat dilakukan Ani adalah...

A. Mengecek terlebih dahulu anggota keluarga yang terkena musibah

B. Mengirim langsung uang ke nomor rekening tersebut

C. Memblokir nomor yang tidak dikenal

D. Panik, menangis dengan histeris

 

II. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Mengapa ghibah dilarang oleh agama?

2. Bagaimana cara menghindari ghibah?

3. Berikan penjelasan singkat mengenai perbedaan ghibah dengan kritik!

4. Bagaimana langkah kita dalam mengantisipasi berita hoax?

5. Jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari!

Artikel keren lainnya: