Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Capaian Pembelajaran (CP) IPS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Fase akhir dari Capaian Pembelajaran (CP) Ilmu Pengetahuan Sosial untuk tingkat SMP kelas VII adalah peserta didik mampu untuk memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan sosial terdekatnya. Peserta didik diharapkan mampu untuk menganalisis hubungan antara kondisi geografis lingkungan sekitar tempat tinggal mereka dengan karakteristik masyarakat dan cara mereka beraktivitas. Peserta didik diharapkan mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada CP kelas VII, peserta didik diharapkan mampu menganalisis isu pemberdayaan masyarakat untuk ikut memberikan kontribusi yang positif terhadap lingkungan sekitarnya. Peserta didik pada kelas VII diharapkan dapat mengeksplorasi kondisi sosial lingkungan sekitar. Peserta didik juga diminta untuk mengurutkan peristiwa sejarah dalam kerangka kronologis dan menghubungkan dengan kondisi saat ini. Peserta didik pada tahap ini mampu membuat karya atau melakukan aksi sosial yang relevan di lingkungan keluarga dan masyarakat terdekat, kemudian melakukan refleksi dari setiap proses yang sudah dilakukan.

CP IPS SMP kelas VII (Standar minimal)

Capaian Pembelajaran (CP) IPS kelas VII merupakan perpaduan materi dari Geografi, Ekonomi, Sejarah dan Sosiologi yang terintegrasi sebagai pemahaman dan keterampilan yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran abad ke-21. Mata pelajaran IPS terkait dengan pandangan bahwa IPS sebagai materi pembelajaran yang berkaitan dengan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi. Adapun capaian pembelajaran mata pelajaran IPS di SMP kelas VII adalah sebagai berikut:

A. Memahami keberadaan diri dan keluarga di tengah lingkungan sosial

Ruang Lingkup materi:

1. Sejarah:

• Mikrohistori

• Sejarah lokal

• Tradisi lisan

2. Geografi:

• Pemetaan lingkungan rumah dan sekolah

• Peta, denah, dan skala wilayah

• Kependudukan

3. Ekonomi:

• Kerja sebagai upaya manusia memenuhi kebutuhan hidup

• Manajemen keuangan

4. Sosiologi:

• Sosialisasi

• Nilai dan norma

B. Memahami hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik dan cara masyarakat beraktivitas.

Ruang Lingkup Materi:

1. Sejarah:

• Kehidupan manusia pada masa Praaksara

2. Geografi:

• Fitur geografis

• Fenomena geosfer

• Kependudukan

3. Ekonomi:

• Konsep dasar kebutuhan dan kelangkaan

4. Sosiologi:

• Interaksi sosial

• Pembentukan karakteristik budaya masyarakat daerah

C. Memahami cara masyarakat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam konteks lokal.

Ruang Lingkup Materi:

1. Sejarah:

• Sejarah perdagangan pada masa kerajaan

2. Geografi:

• Jalur perdagangan antarpulau

• Karakteristik wilayah pesisir dan pedalaman

3.Ekonomi:

• Kegiatan ekonomi

• Pelaku ekonomi

• Peranan masyarakat dalam perekonomian

4. Sosiologi:

• Mobilitas Sosial

D. Memahami isu pemberdayaan masyarakat dalam konteks lokal.

Ruang Lingkup Materi:

1. Sejarah:

• Sejarah lokal (Tematik)

2. Geografi:

• Fitur lingkungan

3.Ekonomi:

• Pengelolaan Keuangan

4. Sosiologi:

• Jenis keragaman budaya

• Karakteristik Komunitas

• Jenis-jenis pemberdayaan masyarakat

Artikel keren lainnya:

Materi Pembelajaran IPS Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Tujuan matapelajaran IPS mempunyai lima poin. Pertama memahami konsep-konsep pola dan pesebaran terkait dengan aspek-aspek keruangan dan waktu, pemenuhan kebutuhan, interaksi sosial dan kesejarahan dalam perkembangan perdaban manusia. Kedua memiliki keterampilan dalam berpikir kritis, berkomunikasi, berkreativitas, dan berkolaborasi dalam kerangka perkembangan teknologi terkini. Ketiga mempunyai kesadaran dan berkomitmen dalam menerapkan nilai-nilai sosial masyarakat dan kemanusian untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan negara sehingga mampu merefleksikan peran diri di tengah lingkungan.

IPS
Materi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) untuk Kelas 8 SMP berdasarkan kurikulum merdeka.

Tema 01 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam

A. Keragaman Alam Indonesia

1. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Keragaman Alam Indonesia?

2. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Keragaman Sosial Budaya?

B. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

1. Bagaimana Potensi Sumber Daya Alam Indonesia?

2. Bagaimana Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia?

C. Sumber Daya Manusia

1. Bagaimana Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia?

2. Bagaimana Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia?

D. Peran Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam dan Manusia

1. Apa yang dimaksud dengan Lembaga Sosial?

2. Bagaimana Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam?

3. Bagaimana Peranan Lembaga Sosial dalam Pemanfaatan Sumber Daya Manusia?

E. Kondisi Geografis dan Interaksi dengan Bangsa Asing

1. Bagaimana Interaksi dengan Bangsa Asing di Masa Lalu?

2. Bagaimana Perdagangan Nusantara pada Awal Masehi?

3. Bagaimana Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha?

 

Tema 02 Kemajemukan Masyarakat Indonesia

A. Keragaman Aktivitas Ekonomi Masyarakat

1. Bagaimana Proses Geografis Memengaruhi Aktivitas Ekonomi?

2. Bagaimana Pemanfaatan Lingkungan Sekitar dalam Pemenuhan Kebutuhan Ekonomi?

3. Bagaimana Perdagangan Antarpulau Dapat Terjadi di Indonesia?

B. Mobilitas Sosial

1. Bagaimana Dinamika Kependudukan di Indonesia?

2. Bagaimana Bentuk Keragaman Masyarakat Indonesia?

3. Bagaimana Proses Mobilitas Sosial di Indonesia?

C. Interaksi Budaya pada Masa Kerajaan Islam

1. Bagaimana Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia?

2. Bagaimana Cara Penyebaran Agama Islam di Indonesia?

3. Bagaimana Bentuk Interaksi Budaya Pengaruh Islam di Indonesia?

 

Tema 03 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

A. Penjelajahan Samudra, Kolonialisme, dan Imperialisme di Indonesia

1. Bagaimana Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Penjelajahan Samudra?

2. Bagaimana Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Kolonialisme dan imperialisme?

3. Bagaimana Perubahan Masyarakat Akibat Penjajahan Bangsa Barat dan Pendudukan Jepang?

B. Pergerakan Kebangsaan Menuju Kemerdekaan

1. Bagaimana Perkembangan Organisasi Pergerakan di Indonesia pada Masa Penjajahan?

2. Bagaimana Proses Pelaksanaan Kemerdekaan Indonesia?

C. Pemerataan Pembangunan

1. Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi

2. Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat

3. Manfaat Lembaga Keuangan

D. Konflik dan Integrasi

1. Mengapa dapat Terjadi Konflik Sosial?

2. Bagaimana Dampak dan Penanganan Konflik Sosial?

3. Bagaimana Cara Mewujudkan Integrasi sosial?

viii

Tema 04 Pembangunan Perekonomian Indonesia

A. Kondisi Perekonomian pada Masa Kemerdekaan

1. Bagaimana Kehidupan Ekonomi Indonesia pada Awal Kemerdekaan?

2. Bagaimana Kehidupan Ekonomi pada Masa Orde Baru?

3. Bagaimana Kehidupan Ekonomi pada Masa Reformasi?

B. Perdagangan Internasional

1. Bagaimana Proses Kegiatan Ekspor dan Impor?

2. Mengapa Negara Melakukan Kerja Sama Ekonomi Antarnegara?

3. Mengapa Perkembangan Iptek Memengaruhi Ekonomi Suatu negara?

C. Dinamika Penduduk

1. Bagaimana Dinamika Kependudukan Indonesia?

2. Bagaimana Dampak Dinamika Penduduk bagi Suatu Negara?

3. Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Dinamika Penduduk?

Artikel keren lainnya:

Bank Soal PAI Bab Jual Beli, Hutang Piutang, dan Riba

Salah satu materi pendidikan agama islam (PAI) yang dipelajari adalah tentang riba' baik adalam jual beli maupun dalam hutang piutang. Untuk mengukur pemahaman siswa pada Bab riba dalam jual beli dan hutang piutang adalah diadakanlah test atau ujian.

Berikut 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian materi PAI Bab "Menjadi Pribadi yang Dapat Dipercaya serta Terhindar dari Riba dalam Jual Beli dan Hutang Piutang".

Ujian

I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.

1. Perhatikan tabel berikut!

Kata

1 Bay’

2 Dayn

3 Qarḍ

4 Ribā

Arti

A Tambahan dalam hutang

B Hutang dengan akad pinjaman

C Hutang dengan akad umum

D Jual beli

Pasangan kata dan arti yang tepat adalah ....

A. 1-A, 2-C, 3-B, 4-D

B. 1-B, 2-C, 3-D, 4-A

C. 1-C, 2-B, 3-D, 4A

D. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A

 

2. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Ada penjual dan pembeli

(2) Ada obyek yang dijual belikan

(3) Ada akad ijab kabul

(4) Ada waktu untuk memilih meneruskan atau membatalkan

Rukun jual beli ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

3. Perhatikan ilustrasi berikut!

Pak Ade dan Pak Aan sedang bertransaksi jual beli. Pak Ade menjual ponselnya kepada Pak Aan. Pak Aan tidak langsung melakukan akad jual beli dengan Pak Ade. Pak Aan minta waktu satu hari untuk berpikir. Besok Pak Aan akan mengabari tentang jadi tidaknya ia membeli ponsel Pak Ade.

Istilah yang tepat tentang gambaran ilustrasi tersebut adalah khiyar ....

A. jual Beli

B. majelis

C. syarat

D. aibi

 

4. Perhatikan pernyataa berikut!

(1) Islam

(2) Berakal sehat

(3) Baligh

(4) Kemauan sendiri

Syarat sah jual beli ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

5. Perhatikan ilustrasi-ilustrasi berikut!

(1) Wawan membeli bakso di kantin Bu Nina. Sewaktu membayar Bu Nina tidak memiliki kembalian. Bu Nina meminta wawan membawa dulu uangnya dan dibayarkan besok.

(2) Yuni dibelikan ponsel baru oleh bapaknya untuk keperluan pembelajaran jarak jauh. Bapak Yuni membelinya dengan 10 kali angsuran dalam waktu sepuluh bulan. Setiap bulan Bapak Yuni membayar 400 ribu.

(3) Bu Agus membeli beras ke warung Bu Ali. Namun karena tidak mempunyai uang Bu Agus meminta izin pada Bu Ali agar dapat menunda pembayaran sampai minggu depan.

(4) Pak Adi ingin membeli sepeda baru untuk acara gowes bersama di kantor. Karena uang tidak cukup, Pak Adi meminjam kepada Pak Ari.

Ilustrasi yang mengandung makna hutang piutang qarḍ ditunjukkan oleh ....

A. Wawan

B. Yuni

C. Bu Agus

D. Pak Adi

 

6. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menuliskan hutang piutang

(2) Menghadirkan saksi

(3) Memberikan jaminan

(4) Membuat perjanjian di atas materai

Pernyataan yang merupakan anjuran dalam Q.S. al-Baqarah/2:282 terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

7. Perhatikan ilustrasi berikut!

Budi membeli sepeda di toko. Budi menanyakan apakah pembayarannya boleh diangsur. Penjual sepeda menjelaskan kalau diangsur harga berbeda. Jika dibayar kontan harga 1 juta rupiah, tapi jika diangsur lima kali, harga menjadi Rp. 1.500.000. Budi dapat mengangsurnya lima kali. Setiap angsuran membayar Rp. 300.000,-. Budi pun menyepakati harga yang ditawarkan penjual.

Pandangan yang teapt terhadap ilustrasi tersebut adalah ....

A. transaksi tersebut mengandung riba karena kelebihan 500.000 dari harga tunai.

B. transaksi tersebut termasuk jual beli kredit yang dibolehkan dalam fikih muamalah

C. ada ketidakadilan dalam transaksi karena penjual mengambil keuntungan terlalu banyak.

D. ulama masih berbeda pendapat tentang kehalalan/keharaman transaksi kredit seperti ilustrasi

 

8. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) jual beli kredit hukumnya boleh dan halal

(2) sebagian ulama di Indonesia menghalalkan riba

(3) Majelis Ulama Indonesia memandang bunga bank sebagai riba

(4) ulama masih berbeda pendapat tentang kredit menggunakan leasing

(5) ulama belum bersepakat tentang kehalalan/keharaman bunga bank

Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), (3), dan (4)

B. (1), (2), (3), dan (5)

C. (1), (2), (4), dan (5)

D. (1), (3), (4), dan (5)

 

9. Perhatikan narasi berikut!

Kehalalan/keharaman bunga bank merupakah permasalahan khilafiyah. Ada sebagian ulama yang menyamakan bunga bank dengan riba. Ada yang menganggapnya buka riba. Ada juga yang memasukkannya ke wilayah syubhat.

Pandangan yang tepat tentang persoalan ini adalah ....

A. yakin tentang keharaman bunga bank karena diharamkan dalam al-Qur’an.

B. bersikap toleran terhadap perbedaan sikap di masyarakat tentang hukum bunga bank.

C. MUI mengharamkan bunga bank, maka umat Islam wajib mengikuti fatwa MUI.

D. mempertanyakan ulama yang menghalalkan bunga bank padahal bunga bank termasuk riba.

 

10. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Transaksi yang adil

(2) Kepercayaan pelanggan

(3) Keuntungan sebanyak-banyaknya

(4) Kepercayaan penyedia modal usaha

Hikmah yang didapatkan dari penerapan fikih muamalah dalam transaksi jual beli dan hutang piutang terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Perhatikan narasi berikut!

Di dalam bahasa Indonesia, kata hutang piutang digunakan secara luas. Sedangkan di dalam bahasa Arab ada hutang piutang dayn dan qarḍ.

Apakah perbedaan dua istilah tersebut?

2. Perhatikan narasi berikut!

Manusia membutuhkan interaksi antara satu dengan yang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dari interaksi ini terjadilah transaksi tukar menukar, sewa menyewa, pinjam meminjam, jual beli, dan lain sebagainya. Islam kemudian mengatur berbagai transaksi itu dalam fikih muamalah.

Mengapa transaksi-transaksi itu eprlu diatur dalam fikih muamalah?

3. Perhatikan narasi berikut!

Akad dalam transaksi jual beli dan hutang piutang memiliki fungsi untuk memperjelas kesepakatan antara dua belah pihak yang saling bertransaksi.

Jelahkan hikmah adanya aakd dalam transaksi tesrebut!

4. Perhatikan ilustrasi berikut!

Yadi membeli seragam sekolah dari sebuah toko. Sesampainya di rumah ternyata Yadi menemukan ada jahitan yang tidak sempurna di bagian ketiak baju, sehingga tampak berlubang.

Bagaimanakah fikih muamalah menyelesaikan persoalan ini?

5. Perhatikan ilustrasi berikut!

Suatu ketika Siti mendapatkan kiriman video di media sosial tentang seorang ulama yang mengharamkan bunga bank. Menurut ulama itu bunga bank termasuk riba yang diharamkan. Di video itu juga dijelaskan tentang berbagai bahaya riba yang mengerikan. Siti menjadi takut akibat penjelasan di dalam video itu. Padahal selama ini Siti memiliki pinjaman di bank untuk modal usaha membuka warung makan yang selama ini menjadi mata pencahariannya. Siti pun menjadi bingung untuk menentukan sikap.

Bagaimana pendapat kalian tentang persoalan ini. Saran seperti apakah yang bisa kalian sampaikan kepada Siti?

Artikel keren lainnya:

Materi PPKn Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka

Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah menciptakan warga negara yang memiliki wawasan kenegaraan, menanamkan rasa cinta tanah air, dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dalam diri para generasi muda penerus bangsa.

PPKn

Berikut daftar materi PPKn untuk kelas 8 SMP berdasarkan kurikulum merdeka belajar.

Bab I Kedudukan dan Fungsi Pancasila

A. Pancasila sebagai Dasar Negara
B. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
C. Pancasila sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum
D. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa
E. Pancasila sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa

Bab II Bentuk dan Kedaulatan Negara

A. Indonesia sebagai Negara Kesatuan
B. Indonesia sebagai Negara Republik
C. Indonesia sebagai Negara Hukum
D. Indonesia sebagai Negara yang Berkedaulatan Rakyat

Bab III Tata Negara dan Pemerintahan

A. Lembaga Penyelenggara Negara
B. Sistem Pemerintahan
C. Pemerintahan Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota
D. Pemerintahan Daerah Istimewa

Bab IV Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda

A. Sejarah Lahirnya Kebangkitan Nasional dan
Sumpah Pemuda
B. Nilai-Nilai Luhur dalam Sumpah Pemuda
C. Sumpah Pemuda dan Kontribusi di Era Reformasi

Bab V Jati Diri Bangsa dan Budaya Nasional

A. Budaya Nasional sebagai Identitas dan Jati Diri Bangsa
B. Pelestarian dan Pemajuan Budaya Nasional
C. Budaya Nasional sebagai Alat Pemersatu Bangsa
D. Tantangan Budaya Nasional di Era Globalisasi

Bab VI Literasi Digital dalam Kebhinekaan Bangsa

A. Merawat Kebhinekaan Bangsa melalui Literasi Digital
B. Etika Berinternet (Netiket)
C. Literasi Digital untuk Kemajuan Bangsa

Artikel keren lainnya:

Soal Latihan PAI Bab Iman kepada Nabi dan Rasul Allah

Kumpulan soal PAI pada Bab Meyakini Nabi dan Rasul Allah: Menjadi Generasi Digital yang Berkarakter. Kumpulan soal di bawah bisa dijadikan latihan atau sebagai rujukan dalam menyusul soal ujian.

Ujian

I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.

1. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Tugas nabi dan rasul adalah sebagai saksi di akhirat, pemberi kabar gembira, pemberi peringatan, dan juru dakwah.

(2) Adanya umat yang tidak beriman kepada Allah dikarenanya tidak adanya nabi yang diutus kepada mereka.

(3) Di dalam al-Qur’an disebutkan banyak nama nabi dan rasul, tetapi yang wajib diketahui hanya 25 orang.

(4) Nabi dan rasul yang disebutkan dalam al-Qur’an berjumlah 25 orang.

(5) Allah Swt mengirimkan nabi dan rasul kepada setiap umat manusia.

Pernyataan tentang nabi dan rasul yang benar terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (3), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (1), (4), dan (5)

 

2. Perhatikan narasi berikut!

Di akhirat kelak akan diketahui siapa yang benar-benar mengikuti nabi dan rasul serta siapa yang hanya mengaku mengikuti nabi dan rasul tapi amal perbuatannya mendurhakai mereka. Ini terkait dengan salah satu tugas nabi dan rasul.

Tugas nabi dan rasul yang dimaksud pada narasi tersebut adalah ....

A. saksi bagi umatnya

B. pembawa kabar gembira

C. pemberi peringatan

D. juru dakwah

 

3. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Kandungan ajaran bersifat inderawi

(2) Sifat kandungan isi non materi

(3) ajaran berlaku sepanjang masa

(4) logis bagi yang mau memahaminya

(5) bukti kenabian nabi Muhammad saw

Mukjizat al-Qur’an sesuai dengan pernyataan nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (2), (3), dan (4)

C. (2), (3), dan (5)

D. (3), (4), dan (5)

 

4. Perhatikan tabel berikut!

Sifat Wajib Bagi Rasul

1 Ṣidiq

2 Tablig

3 Amanah

4 Faṭanah

Arti

A Cerdas

B Jujur

C Menyampaikan

D Dapat dipercaya

Pasangan yang benar pada tabel tersebut adalah ....

A. 1-C, 2-D, 3-B, dan 4-A

B. 1-C, 2-B, 3-D, dan 4-A

C. 1-D, 2-A, 3-B, dan 4-C

D. 1-B, 2-C, 3-D, dan 4-A

 

5. Perhatikan kisah berikut!

Melalui Abu Thalib, Nabi Muhammad saw pernah ditawari harta dan kekuasaan oleh pemuka suku Quraisy. Sebagai imbalan, Nabi Muhammad Saw harus menghentikan dakwahnya. Sebagai seorang nabi, Mustahil Nabi Muhammad Saw mengambil tawaran itu. Seorang nabi tidak mungkin meninggalkan tugas untuk menyampaikan risalah yang dipercayakan oleh Allah Swt kepadanya untuk disampaikan kepada umat manusia.

Kisah tersebut menunjukkan sifat mustahil bagi nabi, yaitu sifat ....

A. kiżib

B. khianat

C. kitman

D. Baladah

 

6. Perhatikan riwayat berikut!

Suatu ketika, Nabi Muhammad Saw mendapatkan hadiah jeruk limau dari seorang perempuan. Nabi Saw kemudian memakan semua jeruk yang dibawakan kepadanya. Setelah semua jeruk itu habis, perempuan tadi pun pulang dengan perasaan senang. Para sahabat bertanya mengapa Nabi Saw tidak berbagi jeruk itu dengan mereka. Nabi Saw menjawab

bahwa jeruk itu rasanya masam. Seandainya dibagi kepada para sahabat, mereka tidak akan menghabiskannya dan mengecewakan si pemberi.

Riwayat tersebut menunjukkan salah satu hikmah sifat Jaiz bagi rasul, yaitu ....

A. menunjukkan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah seorang manusia

B. menunjukkan keunggulan pribadi Nabi Muhammad Saw

C. memberi pelajaran hukum syariat kepada para sahabat

D. memberi keteladanan tentang menghargai orang lain

 

7. Perhatikan narasi berikut!

Di antara para nabi dan rasul, ada yang dikenal dengan istilah nabi ulul azmi. Nabi ulul azmi memiliki berbagai keutamaan sebagaimana tercermin dalam arti ulul azmi itu sendiri.

Berikut ini yang bukan keutamaan sebagaimana yang dimaksud pada narasi tersebut adalah ....

A. ketabahan

B. kekuatan

C. kesabaran

D. Keteguhan

 

8. Perhatikan tabel berikut!

Nabi ulul azmi

1. Nuh a.s.

2. Ibrahim a.s.

3. Musa a.s.

4. Isa a.s.

Keteladanan

A. Memiliki kesabaran dan keteguhan dalam menjalani hukuman Raja Namrud sebagai akibat dari dakwah yang dilakukannya.

B. Meskipun harus melawan Raja Fir`aun yang sangat berkuasa, tetap menjalankan tugasnya dalam berdakwah mengajak umat manusia untuk beribadah kepada Allah Swt.

C. Memiliki kesabaran, ketabahan, dan keteguhan luar biasa dalam membimbing pengikutnya menjalankan agama di tengah tekanan politik dari penguasa Romawi.

D. Memiliki kesabaran dalam berdakwah kepada kaumnya. Meskipun tidak banyak yang mengikuti dakwahnya, tetap berdakwah mengajak kaumnya beribadah menyembah Allah Swt.

Pasangan nabi ulul azmi dan keteladanan yang tepat adalah ....

A. 1-A, 2-C, 3-B, dan 4-D

B. 1-B, 2-A, 3-D, dan 4-C

C. 1-C, 2-A, 3-D, dan 4-B

D. 1-D, 2-A, 3-B, dan 4-C

 

9. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menerima setiap permintaan pertemanan.

(2) Memberikan pesan yang positif di dunia maya.

(3) Membagi kata kunci hanya kepada orang yang dipercaya.

(4) Hanya membagikan pesan yang sudah jelas kebenarannya.

(5) Tidak menyebarkan rumor yang membuat malu seseorang.

Perilaku berinternet yang aman dan bertanggung jawab terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (2), (3), dan (4)

C. (2), (4), dan (5)

D. (3), (4), dan (5)

 

10. Perhatikan ilustrasi berikut!

Andi punya hoby edit video. Ia pun bergabung di grup media sosial editing video atas ajakan temannya. Ternyata ada beberapa teman yang sudah dikenal oleh Andi. Tapi banyak juga yang tidak dikenalinya. Suatu ketika ada nomor baru yang menghubungi nomor whatsapp Andi. Setelah dilacak nomor itu ada di grup editing video bersama Andi. Ia banyak bertanya tentang Andi, seperti usia, alamat rumah, sekolah, dan lain-lain.

Sikap Andi yang aman dan bertanggung jawab adalah ....

A. menanyakan ulang pada orang yang bertanya, setelah mengenal baru diberikan informasi yang benar

B. memberikan kepada penanya tentang informasi apa adanya sesuai dengan keadaan Andi

C. mengabaikan saja atau memohon maaf tidak bisa menyampaikan informasi yang bersifat pribadi

D. menjawab dengan data palsu karena bisa disalah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Diutusnya nabi dan rasul untuk menyampaikan risalah kepada manusia merupakan bentuk kemurahan Allah Swt. Apakah maksud dari pernyataan tersebut?

2. Apa sajakah tugas nabi dan rasul itu? Jelaskan!

3. Mengapa Allah Swt. memberikan mukjizat kepada para nabi dan rasul? Jelaskan!

4. Generasi digital memiliki aktivitas yang berhubungan dengan internet dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana peran iman kepada para nabi dan rasul terhadap aktivitas generasi digital tersebut?

5. Siti mengidolakan seorang selebgram di media sosial. Ia selalu mengikuti postingan yang dikirimkan sang idola. Siti juga bergabung di komunitas daring yang berisikan para penggemar idola tersebut. Siti sangat aktif memberikan like maupun komentar pada setiap postingan di grup penggemar. Bagaimanakah caranya agar Siti bisa menjalani kegemarannya itu secara aman dan bertanggung jawab?

Artikel keren lainnya: