Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Latihan Soal PAI SMP: Iman Kepada Hari Akhir

Bank Soal PAI Bab Meyakini Hari Akhir dengan Mawas Diri

Berikut beberapa contoh soal ujian pelajaran agama islam dan budi pekerti pada materi Iman kepada Hari Akhir. Bentuk soalnya ada pilihan banyak dan jawaban uraian. Tingkat soalnya lengkap mulai LOTS sampai HOTS.

Contoh Soal PAI SMP Bab Iman Kepada Kiamat

A. Pilihlah Jawaban yang Benar!

1. Allah telah mengisyaratkan bahwa semua makhluk hidup di dunia ini yang memiliki nyawa, akan kembali kepada-Nya, seperti dalam Surah Q.S. an-Nisā’ [4]: 78 berikut!

اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُّمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِيْ بُرُوْجٍ مُّشَيَّدَةٍ

Berdasarkan ayat tersebut, kejadian kiamat sugra di antaranya ditunjukkan melalui…

A. peristiwa meninggalnya seseorang

B. langit terbelah dan bumi diratakan

C. bumi mengeluarkan beban yang berat

D. manusia seperti anai-anai yang berterbangan

 

2. Berakhirnya kehidupan di dunia adalah suatu kepastian, dan tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat tersebut, melainkan hanya tahu dari tanda-tanda sebelum datangnya kiamat.

Salah satu tanda sebelum datang Kiamat adalah keluarnya Dajjal yang mengandung makna …

A. semakin merajalelanya kemaksiatan

B. semakin giat orang-orang melakukan ibadah

C. semakin semangat orang berlomba dalam kebaikan

D. semakin banyak orang yang menyadari kesalahannya

 

3. Perhatikan peristiwa berikut!

1) Terbitnya matahari dari arah barat.

2) Munculnya Imam Mahdi sang penegak keadilan.

3) Keluarnya Yakjuj dan Makjuj pembuat kerusakan di dunia.

4) Munculnya Dajal yang mengajak kepada jalan yang tersesat.

5) Munculnya hewan aneh yang dapat berbicara dengan manusia.

Peristiwa di atas sebagai tanda akan datangnya….

A. qadar Allah

B. takdir Allah

C. Kiamat Kubra

D. Kiamat Sugra

 

4. Bumi akan diguncangkan dengan guncangan yang sangat dahsyat, gunung-gunung dihambur-hamburkan,manusiabagaikananai-anaiyang berterbangan, itulah gambaran terjadinya hari kiamat. Setelah kiamat terjadi manusia akan dikumpulkan untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya.

Berdasarkan deskripsi tersebut, perilaku yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah ….

A. membangun rumah yang kokoh

B. membuat bungker untuk berlindung

C. membaca Surah al-Qāri‘ah setiap selesai salat

D. memperbanyak amal baik untuk bekal di akhirat

 

5. Perhatikan ayat berikut!

 وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Ayat tersebut merupakan salah satu dalil naqli yang berkaitan dengan

peristiwa setelah terjadinya kiamat, yaitu.…

A. Yaumul barzakh

B. Yaumul ḥisāb

C. Yaumul mīzān

D. Yaumul ba’atṡ

 

6. Perhatikan tabel berikut!

Nama Lain Hari Kiamat

1. Yaumul mīzān

2. Yaumul Ba’atṡ

3. Yaumul Mahsyar

4. Yaumul ḥisāb

Peristiwa

a. mempertanggungjawabkan amal perbuatan

b. amal perbuatan manusia dihitung oleh Allah Swt.

c. ditimbang amal perbuatannya selama di dunia.

d. dikumpulkan di suatu tempat menunggu pengadilan Allah Swt.

Pasangan yang tepat pada tabel tersebut adalah.…

A. 1-c, 2-a, 3-d, 4-b

B. 2-c, 3-a, 4-d, 1-b

C. 3-c, 4-a, 1-d, 2-b

D. 4-c, 1-a, 2-d, 3-b

 

7. Azkia sangat berhati-hati dalam sikap, perkataan dan perbuatannya. Ia yakin bahwa semua amal perbuatannya selama hidup di dunia akan dimintai pertanggungjawaban. Amal perbuatan baik dan buruk akan diperhitungkan dengan sangat cermat dan akurat serta tanpa terlewat sedikit pun. kasus ini menunjukkan bahwa Azkia meyakini peristiwa setelah kiamat yaitu.…

A. Yaumul ba’atṡ

B. Yaumul ḥisāb

C. Yaumul barzakh

D. Yaumul makhsyar

 

8. Perhatikan ayat Al-Qur’an berikut!

وَنَضَعُ ٱلْمَوَٰزِينَ ٱلْقِسْطَ لِيَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ

Pernyataan yang menunjukkan isi kandungan ayat di atas adalah ....

A. hari kiamat pasti terjadi

B. semua yang bernyawa akan mengalami kematian

C. semua manusia akan dikumpulkan di padang mahsar

D. amal baik dan buruk manusia selama hidup di dunia akan ditimbang pada hari kiamat.

 

9. Orang-orang kafir, musyrik, dan munafik tampak menyesal saat di alam akhirat. Mereka begitu menderita menerima balasan Allah Swt.  Penderitaan itu bersifat kekal dan jauh lebih pedih daripada saat di dunia. Seluruh kehidupannya dipenuhi dengan siksaan yang amat pedih.

Ilustrasi di atas merupakan gambaran dari….

A. surga

B. neraka

C. alam barzakh

D. padang makhsyar

 

10. Perhatikan pernyataan-pernyatan berikut!

1) Syifa rajin membersihkan kelas setiap hari sebelum masuk sekolah.

2) Ketika jam istirahat, Farhan melaksanakan salat Ḍuha di mushola.

3) Nisa rajin menabung untuk menyongsong masa depan yang cerah.

4) Sebagai bendahara kelas, Ira mengelola keuangan dengan amanah.

5) Falah selalu berhati-hati dalam ucapan dan perbuatannya.

6) Fauzan selalu menjaga dirinya agar selalu tetap sehat.

Di antara pernyataan-pernyataan di atas, yang mencerminkan hubungan perilaku seseorang dengan keimanan kepada hari akhir adalah ….

A. 1, 2, dan5

B. 2, 4, dan 5

C. 3, 5, dan 6

D. 4, 5, dan 6

 

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Deskripsikan makna iman kepada hari kiamat!

2. Akhir-akhir ini banyak terjadi bencana alam, musibah termasuk bencana pandemi covid-19. Coba kalian analisis berbagai bencana yang terjadi tersebut kaitannya dengan iman kepada hari akhir!

3. Budi adalah siswa kelas 9 di sebuah SMP yang baru berusia 14 tahun. Budi merasa hidupnya masih panjang karena masih ada banyak kesempatan untuk hidup di dunia ini, Budi ingin menghabiskan waktunya dengan apapun yang ia inginkan. Bagaimana menurut pendapatmu, apakah perilaku Budi mencerminkan perilaku orang yang beriman kepada hari akhir? Jelaskan bagaimana seharusnya perilaku orang yang beriman kepada hari akhir?

4. Mengapa kita harus percaya bahwa segala sesuatu akan berakhir dan segala perbuatan kita akan dapat balasan yang setimpal?

5. Deskripsikan bagaimana menurut pendapat kalian mengenai manfaat beriman kepada hari akhir, baik bagi kehidupan dunia dan akhirat!

Artikel keren lainnya:

Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka SMP dan MTs Kelas 7, 8 dan 9 Lengkap

Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka Kelas 7, 8 dan 9

Buku merupakan salah satu sumber belajar yang paling banyak digunakan. Sebagai guru atau siswa bisa menjadikan buku di bawah ini sebagai salah satu referensi dalam kegiatan belajar mengajar.

Buku Kurikulum Merdeka

Buku Siswa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka: 

Buku Siswa Pendidikan Agama Islam SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Kristen SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Buddha SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Kepercayaan Terhadap Tuhan YME SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa IPA SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa IPS SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Matematika SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa PPKn SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Siswa Informatika SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

 

Buku Siswa SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Buku Siswa PAI BP SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Buddha SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Hindu SMP kelas 8 kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Kristen SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Agama Katolik SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka downloaddi sini

Buku Siswa Bahasa Inggris SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka downloaddi sini

Buku Siswa Matematika SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download disini

Buku Siswa PPKn SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa IPA SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa IPS SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa Penjas SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka belum tersedia 

Buku Siswa Seni SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka belum tersedia 

Buku Siswa Informatika SMP kelas 8 Kurikulum Merdeka download di sini 

 

Buku Siswa SMP Kelas 9 Kurikulum Merdeka 

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran PAI Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Bahasa Inggris Kurikulum Merdeka belum tersedia

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Matematika Kurikulum Merdeka belum tersedia

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran PPKn Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran IPA Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran IPS Kurikulum Merdeka download di sini

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Penjas Kurikulum Merdeka belum tersedia 

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Seni Kurikulum Merdeka belum tersedia 

Buku Siswa SMP kelas 9 pelajaran Informatika Kurikulum Merdeka download di sini 

 

Buku Panduan Guru Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Buku Guru Pendidikan Agama Islam SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Buddha SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Hindu SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Kristen SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Katolik SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Khonghucu SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Kepercayaan Terhadap Tuhan YME SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Bahasa Indonesia SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru IPA SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru IPS SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Matematika SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru PJOK SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru PPKn SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Tari SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Rupa SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Musik SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Teater SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Informatika SMP kelas 7 Kurikulum merdeka download di sini 

 

Buku Guru Kurikulum Merdeka 

Buku Guru Pendidikan Agama Islam Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Buddha Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Hindu Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Kristen Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Katolik Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Khonghucu Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Bahasa Indonesia Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru IPA Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru IPS Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Matematika Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru PJOK Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru PPKn Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Tari Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Rupa Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Musik Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Teater Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Informatika Kurikulum merdeka download di sini 

 

Buku Guru SMP Kelas 9 Kurikulum Merdeka 

Buku Guru Pendidikan Agama Islam SMP kelas 9 Kurikulum merdeka belum tersedia 

Buku Guru Pendidikan Agama Buddha SMP kelas 9 Kurikulum merdeka belum tersedia

Buku Guru Pendidikan Agama Hindu SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Kristen SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Katolik SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Pendidikan Agama Khonghucu SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Kepercayaan Terhadap Tuhan YME SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Bahasa Indonesia SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru IPA SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru IPS SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Matematika SMP kelas 9 Kurikulum merdeka belum tersedia

Buku Guru PJOK SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru PPKn SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Tari SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Rupa SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Musik SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Buku Guru Seni Teater SMP kelas 9 Kurikulum merdeka belum tersedia 

Buku Guru Informatika SMP kelas 9 Kurikulum merdeka download di sini

Artikel keren lainnya:

Soal Latihan PAI SMP 9 Bab Meraih Kesuksesan dengan Semangat Mencari Ilmu

Bank Soal PAI SMP: Al-Quran tentang Mencari Ilmu

Contoh soal di bawah ini bisa dijadikan rujukan dalam menyusun soal asesmen sumatif pengetahuan pada materi PAI pada pembahasan Al-Quran tentang Mencari Ilmu. Pada Bab ini lebih banyak membahas ayat dan hadits tentang mencari ilmu terutama surat Al-Mujadalah ayat 11. 

Belajar

A. Beri tanda silang pada jawaban yang kalian anggap paling sesuai!

1. Lengkapi ayat pada Q.S. al-Mujadilah [58]: 11 berikut:

يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ ..... وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

A. لَكُمْ

B. مِنْكُمْ

C. فِى الْمَجٰلِسِ

D. دَرَجٰتٍ

 

2. Ketika membaca Al-Qur’an menjumpai tanda waqaf saktah (سكتة) maka tanda tersebut menunjukkan...

A. Harus berhenti

B. Lebih utama berhenti

C. Boleh berhenti dan boleh terus

D. Berhenti sejenak tanpa mengambil nafas

 

3. Al-Qur’an merupakan pesan Allah Swt. untuk manusia agar menggapai kebaikan hidup. Dari pernyataan tersebut, Al-Qur’an berfungsi …

A. Memberi petunjuk dan penjelas bagi sesuatu yang harus diketahui

B. Menjadikan amal bagi yang membacanya

C. Memberi penguatan pada kehidupan

D. Menjelaskan isi hadis

 

4. Setiap ayat dan surat dalam Al-Qur’an memiliki kandungan makna yang dapat dipetik hikmahnya oleh manusia, sehingga menjadi pendorong untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Berdasarkan surat Al-Mujadalah ayat 11, ada dua golongan yang akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Golongan tersebut adalah …

A. orang yang bersyukur dan bertawakal

B. orang yang taqwa dan sabar

C. orang yang berikhtiar dan berdo’a

D. orang yang beriman dan berilmu

 

5. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Diangkat derajatnya oleh Allah SWT

2) Memperoleh kekayaan yang ia inginkan

3) Memperoleh kehidupan yang layak ketika di dunia

4) Di masyarakat akan dihormati dan dihargai orang lain

Dari pernyataan tersebut, yang bukan termasuk manfaat dari perilaku semangat dalam mencari ilmu, ditunjukkan nomor...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

 

6. Perhatikan penggalan ayat berikut!

هَلْ يَسْتَوِى الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لاَ يَعْلَمُوْنَ (الزمر: 9)

 

Pernyataan yang merupakan kandungan isi dari ayat di atas adalah ....

A. Orang yang berilmu akan mendapat kebahagian di akhirat.

B. Orang yang berilmu tidak sama dengan orang yang bodoh.

C. Orang yang tidak berilmu sama dengan kegelapan.

D. Orang yang tidak berilmu akan mendapat kehinaan hidup.

 

7. Allah Swt. membandingkan karakteristik orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu melalui Q.S Az-Zumar[39]: 9 tentu mengandung tujuan bagi manusia, yaitu agar manusia …

A. semangat menuntut ilmu

B. senantiasa bersabar

C. senantiasa bersyukur

D. semangat bersedekah

 

8. Ilmu Allah sangat luas, sehingga digambarkan dengan hamparan alam yang terbentang di daratan dan lautan bahkan ruang angkasa, tak pernah kering untuk dibaca, diteliti, dan ditulis. Allah Swt. adalah Zat yang Maha Berilmu. Asmaul Husna yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah …

A. Al-Malik

B. Al-‘Adil

C. Al-Hakim

D. Al-‘Alim

 

9. Perhatikan pernyataan berikut!

1) ilmu yang berguna bagi orang lain

2) ilmu yang diajarkan kepada orang lain

3) ilmu yang diakui oleh orang lain

4) ilmu yang membawa cahaya untuk dirinya

5) ilmu yang menjadikan pemiliknya dihormati

Hal yang selalu menyertai orang yang sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat. Di antara tanda ilmu yang bermanfaat adalah…..

A. 1 dan2

B. 2 dan3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

 

10. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Masuk sekolah tepat waktu

2) Rajin mengerjakan Salat Tahajud

3) Belajar dengan sungguh-sungguh

4) Disiplin mengerjakan tugas dari guru

5) Selalu memperhatikan penjelasan guru

6) Memberikan contekan pada teman

7) Memperbanyak zikir dan doa kepada Allah Swt.

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk contoh paling tepat dari perilaku semangat mencari ilmu, ditunjukkan pada nomor.…

A. 1 dan2

B. 3 dan4

C. 5 dan 6

D. 6 dan 7

 

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1. Mengapa setiap umat Islam diwajibkan mencari ilmu?

2. Tidaklah sama antara orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu. Coba kalian analisis, apa saja hal yang membedakan keduanya?

3. Jelaskan kaitan antara pentingnya menuntut ilmu dan meraih cita-cita!

4. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan saat menuntut ilmu!

5. Bagaimana akibatnya jika kita memiliki ilmu namun tidak diamalkan?

Artikel keren lainnya:

Materi PAI SMP Kelas 9 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Capaian Pembelajaran PAI BP di Fase SMP

Pada akhir fase D, peserta didik memahami definisi Al-Quran dan hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam ajaran Islam. Peserta didik juga mampu menjelaskan pemahamannya tentang sikap moderat dalam beragama. Peserta didik juga memahami tingginya semangat keilmuan beberapa intelektual besar Islam. Dalam aspek akidah, peserta didik mendalami enam rukun Iman. Dari segi akhlak, peserta didik mendalami peran aktivitas salat sebagai bentuk penjagaan atas diri sendiri dari keburukan. Peserta didik juga memahami pentingnya verifikasi (tabayyun) informasi sehingga dia  terhindar dari kebohongan dan berita palsu. Peserta didik juga memahami definisi toleransi dalam tradisi Islam berdasarkan  ayat-ayat Al-Quran dan hadis-hadis Nabi. Peserta didik juga mulai mengenal dimensi keindahan dan seni dalam Islam  termasuk ekspresi-ekspresinya. Dalam ranah ibadah, peserta didik memahami internalisasi nilai-nilai dalam sujud dan ibadah salat, memahami konsep muʿāmalah, ribā, rukhshah, serta mengenal beberapa mazhab fikih. Dalam aspek sejarah, peserta didik mampu menghayati penerapan akhlak mulia dari kisah-kisah penting dari Bani Umayyah, Abbasiyyah,Turki Usmani, Syafawi dan Mughal sebagai pengantar untuk memahami alur sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

PAI SMP

Materi PAI SMP Kelas 9  Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

BAB I AL-QUR’AN MENGINSPIRASI: MERAIH KESUKSESAN DENGAN SEMANGAT MENCARI ILMU

● Rangkuman materi Al-Quran tentang mencari ilmu

● Contoh soal Al-Quran tentang mencari ilmu

BAB II MEYAKINI HARI AKHIR DENGAN MAWAS DIRI

● Rangkuman materi iman kepada hari akhir

● Contoh soal iman kepada hari akhir

BAB III INDAHNYA ETIKA PERGAULAN DAN KOMUNIKASI ISLAMI

● Rangkuman materi adab bergaul dan berkomunikasi

● Contoh soal adab bergaul dan berkomunikasi

BAB IV BERSYUKUR DENGAN AKIKAH PEDULI SESAMA DENGAN BERKURBAN

● Rangkuman materi aqiqah dan qurban

● Contoh soal aqiqah dan qurban

BAB V MENGAPRESIASI PERADABAN DAULAH USMANI

● Rangkuman materi sejarah Daulah Utsmani

● Contoh soal sejarah Daulah Utsmani

BAB VI AL-QUR’AN MENGINSPIRASI: MENJADI KHALIFATULLAH FIL ‘ARD PENEBAR KASIH SAYANG

● Rangkuman materi menjadi khalifah fil ardh

● Contoh soal menjadi khalifah fil ardh

BAB VII MERAIH KETENANGAN JIWA DENGAN MEYAKINI QADA DAN QADAR

● Rangkuman materi iman kepada qadha dan qadar

● Contoh soal iman kepada qadha dan qadar

BAB VIII DENGAN SENI ISLAMI, KEHIDUPAN SEMAKIN HARMONI

● Rangkuman materi seni dalam islam

● Contoh soal seni dalam islam

BAB IX MENGENAL IMAM MADZHAB, IBADAH SEMAKIN MANTAB

● Rangkuman materi imam madzhab

● Contoh soal imam madzhab

BAB X MENGAPRESIASI PERADABAN PADA MASA SYAFAWI DAN INDIA MUGHAL

● Rangkuman materi sejarah kekhalifahan Syafawi dan Mughal

● Contoh soal sejarah kekhalifahan Syafawi dan Mughal

Artikel keren lainnya: