Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Kumpulan Soal Latihan IPS SMP Kelas 9 Tema 01 Manusia dan Perubahan

Materi IPS Kelas 9 Tema 01. Manusia dan Perubahan

A. Perubahan Sosial 

1. Apa itu Perubahan Sosial?

2. Bagaimana Bentuk dan Contoh Perubahan sosial?

3. Apa Penyebab Perubahan Sosial?

4. Bagaimana Dampak Perubahan Sosial?

B. Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia di Era Modernisasi

1. Apa Pengertian dan Ciri-Ciri Modernisasi?

2. Bagaimana Kehidupan Masyarakat Indonesia Menyambut Era Modernisasi? 

C. Globalisasi

1. Apa itu Globalisasi?

2. Bagaimana Asal Mula Perkembangan Globalisasi?

3. Apa Saja Contoh Globalisasi?

D. Kearifan Lokal.

1. Bagaimana Kearifan Lokal Masyarakat Nusantara?

2. Bagaimana Kondisi Pelestarian Kearifan Lokal di Tengah Arus Modernisasi dan Globalisasi? 


Berikut pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur pemahaman siswa-siswi terhadap topik pembahasan yang telah mereka pelajari di tema ini


A. Pilihan Ganda 

1. Penyebab dari perubahan sosial yang terkait dengan fenomena globalisasi adalah … 

a. Perkembangan jumlah penduduk 

b. Terjadinya konflik di masyarakat 

c. Interaksi dengan lingkungan alam 

d. Interaksi dengan kebudayaan masyarakat lain 


2. Seringkali terdapat beberapa kesalahpahaman konsep mengenai proses modernisasi di masyarakat. Salah satunya adalah menganggap jika menjadi modern adalah …. 

a. Mengikuti pembaruan 

b. Memiliki sikap open minded 

c. Mengikuti gaya hidup Eropa 

d. Memiliki pola pikir yang berkembang 


Bacalah artikel berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4. 

Jaga Bali, Perkuat Peran Desa Adat 

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali Wayan Koster telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayan Bali. Perda ini bertujuan untuk mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat yang bersifat lokal, Evaluasi 60 Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs Kelas IX nasional, dan global yang berdampak pada keberadaan kebudayaan Bali dan pengembangannya.

Guru Besar Universitas Hindu Negeri (UHN) Prof. Dr. I Made Surada, M.A. mengatakan, budaya Bali bisa terjaga karena adanya penguatan peran desa adat di Bali. Oleh karenanya, kebijakan Gubernur Bali yang terkait dengan peran desa adat ini sangat luar biasa. Melalui perda tersebut, pemerintah mendukung seluruh desa adat untuk bersatu menjaga keharmonisan Bali, alam dan masyarakatnya. Desa adat harus mampu mengatur, mengurus, dan mengayomi penyelenggaraan parahyangan (hubungan manusia dengan Tuhan), pawongan (hubungan manusia dengan manusia), dan palemahan (hubungan manusia dengan lingkungan), memajukan adat, agama, tradisi, seni dan budaya, serta kearifan lokal masyarakat. 

“Dengan kebijakan Gubernur Bali tersebut, tentunya ini adalah bukti untuk menjaga keharmonisan Bali Era Baru. Yang terpenting dari itu adalah melahirkan karakter-karakter berkualitas dan berintegritas bagi generasi muda Bali mendatang,” tegasnya. (Winatha/balipost). 

Sumber: https://www.balipost.com/news/2020/11/11/157051/Jaga-Bali,Perkuat-Peran-Desa...html) 

3. Wujud pelestarian budaya yang disoroti dalam wacana pembahasan tersebut adalah …. 

a. Gagasan 

b. Artefak 

c. Desa Adat 

d. Karya Seni 


4. Perhatikan kalimat di paragraf pertama berikut: 

“Perda ini bertujuan untuk mengantisipasi dinamika perubahan masyarakat yang bersifat lokal, nasional, dan global yang berdampak pada keberadaan kebudayaan Bali dan pengembangannya.

”Dampak yang dikhawatirkan dari perubahan masyarakat terhadap kebudayaan Bali tersebut adalah …. 

a. Menguatnya nilai-nilai modernisasi yang memudahkan kehidupan 

b. Melemahnya tradisi budaya yang mengatur cara hidup masyarakat 

c. Meningkatnya peran desa adat untuk menjaga sistem kebudayaan 

d. Menurunnya peran pemerintah dalam mengatur pelestarian budaya 


5. Apa contoh perilaku yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk ikut menjaga tradisi kearifan lokal di Nusantara? 

a. Menggunakan pakaian adat saat pergi ke luar rumah 

b. Menuntut gubernur untuk mengeluarkan kebijakan pelestarian budaya 

c. Membangun desa adat di lingkungan rumah 

d. Menjaga keharmonisan dan menghidupkan semangat gotong royong 


B. ESAI 

1. Apa salah satu contoh perubahan sosial yang memengaruhi kehidupanmu sebagai seorang pelajar? (Jelaskan jawabannya) 


2. Perhatikan pernyatan-pernyataan berikut: 

1) Sebuah proses yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup 

2) Pembaruan dalam segala bidang kehidupan 

3) Penghilangan batas negara untuk penyatuan dunia 

4) Bertentangan dengan pewarisan budaya 

5) Dipicu oleh perkembangan aktivitas manusia 

Pernyataan manakah yang merupakan kesamaan antara modernisasi dan globalisasi? Jelaskan alasannya!


3. Modernisasi telah membawa dampak perubahan yang signifikan bagi perkembangan masyarakat di Indonesia. Apa satu contoh fenomena modernisasi yang sedang berlangsung pada saat ini? 


4. Perhatikan gambar berikut: 

Berdasarkan gambar tersebut, 

a) Apa kesimpulan yang dapat kamu kemukakan? 

b) Bagaimana dampaknya terhadap kehidupan masyarakat? 


5. Salah satu pengaruh dari modernisasi dan globalisasi adalah berkembangnya gaya hidup individualistis di mana setiap anggota masyarakat hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing. Oleh karenanya terjadilah fenomena kesenjangan sosial di mana terdapat anggota masyarakat yang memiliki kekayaan berlebih sementara terdapat anggota masyarakat lain yang kerap mengalami kesulitan hidup karena serba berkekurangan. 

Apa solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi hal tersebut mengingat masyarakat kita memiliki kearifan lokal untuk dapat bergotong royong? 

Artikel keren lainnya:

Soal Latihan PAI Bab Mengapresiasi Peradaban pada Masa Syafawi dan India Mughal

Sebelum memulai ujian, alangkah baiknya kita berlatih dan memahami materi dari apa yang akan diujikan. Untuk menghadapi ujian tersebut, kamu bisa mencoba berlatih soal-soal di bawah ini. Pada postingan kali ini yang diujikan adalah materi tentang sejarah kekhalifahan Syafawi dan Mughal.

Bab X | Mengapresiasi Peradaban pada Masa Syafawi dan India Mughal

 

I. Berilah tanda silang pada jawaban yang benar!

1. Tabot merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk memperingati Hari Asyura (10 Muharam). Kegiatan ini berkaitan dengan salah satu budaya di Persia, yaitu ….

A. Rawdi Khani

B. Nisf-e-Jahan

C. East India Company

D. Tabuik

 

2. Pada masa pemerintahan Raja Aurangzeb terdapat upaya kodifikasi hukum Islam, dengan disusunnya sebuah risalah hukum Islam, yaitu ….

A. Fatwa alamgiri

B. Fatwa ulama

C. Fatwa raja

D. Fatwa agama

 

3. Zahirudin Babur mendirikan kerajaan Islam, yang bernama ….

A. Kerajaan Syafawi

B. Kerajaan Mamalik

C. Kerajaan Mughal

D. Kerajaan Turki Uṡmani

 

4. Pada masa Syekh Jehan, dibangun Masjid di Agra yaitu ….

A. Masjid Humayun

B. Qutb Minar

C. Masjid Jami

D. Masjid Al Hamra

 

5. Kerajaan Mughal menjalankan roda pemerintahan secara militeristik terutama pada masa pemerintahan.…

A. Raja Akbar

B. Raja Bahadur

C. Raja Humayun

D. Raja Zahiruddin Babur

 

6. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Banggamenjadiseorangmuslimdanakangigihmempertahankannya.

2) Semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an.

3) Tidak putus asa ketika mengalami kegagalan.

4) Siap mempertahankan Islam sebagai agama.

Pernyataan tersebut merupakan ….

A. cara mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi dan Mughal

B. syarat mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi dan Mughal

C. hikmah mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi dan Mughal

D. upaya mempelajari sejarah peradaban Daulah Syafawi dan Mughal

 

7. Berikut ini yang tidak termasuk manfaat mempelajari sejarah perkembangan Islam di dunia, adalah ….

A. mengambil hikmah kejadian masa lalu untuk menambah ketakwaan

B. perbedaan aliran, mazhab, maupun politik di kalangan umat Islam dapat diatasi dengan menjaga toleransi

C. kemunduran ilmu pengetahuan dalam peradaban Islam

D. dapat memahami hasil pemikiran para ulama

 

8. Pertumbuhan dakwah Islam yang pesat membawa dampak kemajuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan kebudayaan. Nilai yang dapat diteladani dalam kehidupan dari peristiwa tersebut di antaranya adalah….

A. kerjasama yang kuat di antara sesama kerajaan Islam

B. gigih dalam berjuang untuk mencapai keberhasilan

C. kebersamaan dalam hidup bermasyarakat

D. gotong royong untuk membela negara

 

9. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Peduli sesama.

2) Memiliki visi yang jelas.

3) Menjadi pembelajar sejati.

4) Bekerja sama dalam segala hal.

5) Fokus tanpa mengindahkan aturan.

6) Sampaikan kebenaran walaupun pahit.

Pernyataan yang seharusnya dilakukan agar menjadi generasi muslim di zaman modern ini adalah ….

A. 1, 2, 3, dan 6

B. 2, 3, 4 dan 5

C. 2, 3, 4 dan 6

D. 3, 4, 5 dan 6

 

10. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Senantiasa merusaknya.

2) Senantiasa menghargainya.

3) Senantiasa melestarikannya.

4) Menolak dan membuangnya.

5) Senantiasa mengembangkannya.

Hal yang perlu dilakukan terhadap tradisi hasil karya para ulama terdahulu yang sesuai dengan ajaran Islam, ditunjukan dengan nomor ….

A. 1, 2, 4

B. 1, 3, 5

C. 2, 3, 4

D. 2, 3, 5

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kemajuan Daulah Syafawi di Persia!

2. Jelaskan keterkaitan antara misi Rasulullah saw. untuk mengubah akhlak manusia dan melemahnya moral umat Islam menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemunduran peradaban Islam di dunia!

3. Jelaskan bagaimana asal mula berdirinya Daulah Mughal di India!

4. Jelaskan bagaimana menurut pengamatanmu terhadap perkembangan Islam di Indonesia saat ini?

5. Jelaskan, apa yang kamu lakukan sebagai seorang pelajar, untuk kemajuan dan perkembangan umat Islam di Indonesia?


Artikel keren lainnya:

Kumpulan Soal IPS Kelas 8 Tema 03 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

Materi Tema 03 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa

A. Penjelajahan Samudra, Kolonialisme, dan Imperialisme di Indonesia

1. Bagaimana Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Penjelajahan Samudra?

2. Bagaimana Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Kolonialisme dan imperialisme?

3. Bagaimana Perubahan Masyarakat Akibat Penjajahan Bangsa Barat dan Pendudukan Jepang?

B. Pergerakan Kebangsaan Menuju Kemerdekaan

1. Bagaimana Perkembangan Organisasi Pergerakan di Indonesia pada Masa Penjajahan?

2. Bagaimana Proses Pelaksanaan Kemerdekaan Indonesia?

C. Pemerataan Pembangunan

1. Kondisi Geografis dan Pemerataan Ekonomi

2. Lembaga Keuangan untuk Kesejahteraan Rakyat

3. Manfaat Lembaga Keuangan

D. Konflik dan Integrasi

1. Mengapa dapat Terjadi Konflik Sosial?

2. Bagaimana Dampak dan Penanganan Konflik Sosial?

3. Bagaimana Cara Mewujudkan Integrasi sosial?


Contoh soal IPS kelas VIII SMP/MTs materi tentang "Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa".

A. PILIHAN GANDA 

1. Penjelajahan samudra yang dilakukan bangsa Barat terdiri dari 2 jenis, yaitu imperialisme kuno dan imperialisme modern. Tujuan utama yang akan dicapai pada masa imperialisme modern mengarah pada bidang sosial dan ekonomi.. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan di bawah ini, yaitu... 

a. mencari dan mendapatkan daerah penanam modal. 

b. mencari rempah-rempah yang banyak digunakan masyarakat Eropa. 

c. mencari daerah-daerah baru untuk ditaklukan dan dieksploitasi. 

d. mempersiapkan daerah jajahan sebagai daerah koloni. 


2. Kehidupan masyarakat pada masa kolonialisme menyebabkan berbagai perubahan dalam berbagai bidang. Keadaan yang dialami masyarakat menyebabkan munculnya berbagai perlawanan. Salah satu perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia dalam melawan kongsi dagang VOC adalah serangan Mataram di Jawa Tengah. Serangan dilakukan sampai dua kali, namun belum berhasil. Penyebab utama serangan Mataram yang kedua gagal yaitu... 

a. persenjataan Belanda jauh lebih modern dibandingkan tentara Mataram. 

b. kuatnya tentara Belanda yang melakukan pengepungan . 

c. Belanda melakukan adu domba terhadap tokoh di kerajaan Mataram. 

d. pasukan Belanda membakar cadangan makanan pasukan Mataram. 


3. Politik etis merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Belanda yang sedikit banyak memberikan manfaat pada pribumi, namun dalam pelaksanaanya bukan tanpa perlawanan. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai kritik yang disampaikan Douwes Dekker yang berisi... 

a. politik etis hanya perluasan komersialisasi politik ekonomi liberal sebelumnya. 

b. tuntutan yang mendapat perlakuan tidak hanya pribumi tetapi untuk semua penduduk asli Hindia Belanda. 

c. praktek politik etis menunjukan diskriminasi dalam bidang edukasi 

d. anggapan bahwa politik etis hanya menguntungkan pihak swasta Belanda dalam mendapatkan tenaga kerja yang terampil. 


4. Perhatikan pernyataan berikut! 

1) Mengatur dan mengawasi bank 

2) Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai tukar rupiah 

3) Menghimpun dana dan kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat 

4) Memperluas kesempatan kerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat 

Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk tugas Bank Indonesia (BI) ditunjukkan nomer.... 

a. 1 dan 3. 

b. 1 dan 2. 

c. 2 dan 4. 

d. 1,2, dan 4. 


5. Demonstrasi kenaikan upah buruh dilakukan hampir di seluruh Indonesia. Demo tersebut merupakan salah satu contoh konflik sosial yang memiliki konotasi negatif, tetapi demo juga memberikan dampak positif pada suatu kelompok. Dampak positif adanya konflik sosial dalam kehidupan masyarakat adalah... 

a. Terjadinya perubahan kepribadian para individu dalam kelompok. 

b. Terjadinya dominasi suatu kelompok masyarakat. 

c. Adanya solidaritas sesama anggota kelompok. 

d. Menyamakan kepentingan suatu kelompok. 

B. ESAI 

1. Bagaimana pengaruh letak geografis terhadap penjelajahan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia? Bagaimana perubahan yang dialami masyarakat Indonesia akibat adanya kolonialisme dan imperialisme di Indonesia! 

2. Bagaimana cara generasi muda memaknai dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh pahlawan? 

3. Bagaimana solusi pemerataan pembangunan agar tidak menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat? 

4. Menurut kalian, apakah sebuah konflik dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang dimiliki seseorang? Jelaskan! 

5. Menurut pandangan kalian, bagaimana solusi yang tepat untuk konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini? Sebagai contoh adalah demonstrasi yang berujung konflik sosial. Bagaimana demonstrasi yang seharusnya dilakukan guna menyuarakan aspirasi rakyat? Pada dasarnya demonstrasi diperbolehkan mengingat menyuarakan pendapat merupakan hak tiap warga negara yang telah dijamin dalam perundang-undangan. 

Artikel keren lainnya:

Soal PAI SMP Bab Mengenal Imam Mazhab, Ibadah Semakin Mantap

Pada PAI kurikulum merdeka untuk jenjang SMP terdapat pembahasan tentang imam mazhab. Setelah peserta didik mempelajari bab tersebut, diadakan tes untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi bab ini.

Ujian

Bab IX | Mengenal Imam Mazhab, Ibadah Semakin Mantap

I. Pilihlah jawaban yang benar!

1. Pengertian mazhab yang paling tepat adalah ….

A. Kumpulan hukum Islam yang tidak terdapat dalam Al-Qur’an dan hadis Rasulullah saw.

B. Keahlian yang dimiliki imam mujtahid tentang Al-Qur’an dan hadis Rasulullah saw.

C. Fatwa atau pendapat seorang imam mujtahid tentang hukum suatu peristiwa yang berdasar Al-Qur’an dan hadis

D. Pendapat seorang Imam yang sering ditunjuk menjadi pemimpin acara keagamaan di wilayah tersebut

 

2. Dari pernyataan tersebut, pernyataan yang paling tepat yang menunjukkan penyebab utama timbulnya mazhab-mazhab dalam Islam, adalah….

A. Penguasa pada saat itu ikut campur dalam memahami Al-Qur’an

B. Perbedaan pendapat dalam memahami Al-Qur’an dan hadis

C. Kitab suci Al-Qur’an diturunkna di tanah Arab, sehingga timbul perbedaan pendapat

D. Kepentingan umat agar agama Islam mudah dipahami dan diamalkan

 

3. Menurut para tokoh Islam di Indonesia, imam mazhab yang paling banyak diikuti di negara Indonesia adalah….

A. Mazhab Hanafi

B. Mazhab Maliki

C. Mazhab Hanbali

D. Mazhab Syafi’i

 

4. Salah satu karya dari imam mazhab adalah kitab Al-Muwaṭṭa. Kitab tersebut merupakan hasil karya ….

A. Mazhab Hanafi

B. Mazhab Maliki

C. Mazhab Hanbali

D. Mazhab Syafi’i

 

5. Penetapan suatu hukum atas perkara yang baru, yang belum ada dalam naṣṣ, dengan berdasar hukum yang sudah ada dalam naṣṣ, karena memiliki kesamaan dalam illat (sebab), dinamakan ….

A. Ijma’

B. Qiyas

C. Ijtihad

D. Fatwa

 

6. Pengertian ittibā’ yang paling tepat adalah ….

A. Mengambil suatu pendapat dari orang lain, tanpa mengetahui alasan atau dalil naqlinya.

B. Memberikan pendapat kepada orang lain, disertai alasan atau dalil naqlinya.

C. Mengikuti suatu pendapat dari orang lain, dan Ia mengetahui alasan atau dalil naqlinya.

D. Meneladani pendapat seorang imam mujtahid tentang hukum islam.

 

7. Apabila seseorang mengambil suatu pendapat orang lain, dan tidak mengetahui alasan pendapat tersebut, dalam ilmu fikih disebut ….

A. Ikhtiar

B. Taqlid

C. Ittibā’

D. Ijtihad

 

8. Sikap Rasulullah saw. yang membenarkan jawaban Muadz bin Jabal tentang cara memutuskan suatu hukum ketika diutus menjadi hakim di Yaman, merupakan dalil naqli tentang…..

A. Tugas dan tanggung jawab hakim

B. Keadilan seorang hakim

C. Dasar hukum ijtihad

D. Harus berpegang teguh al-Qur’an dan Hadis

 

9. Perhatikan firman Allah berikut:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ﴿آل عمران: ۳۱﴾

Artinya: Katakanlah (Nabi Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Ayat tersebut merupakan dalil naqli yang berhubungan dengan…

A. ittibā’

B. ijtihad

C. talfiq

D. taklid

 

10. Perhatikan wacana berikut:

Sebelum masuk bulan Ramadan, para ulama mencurahkan segala daya dan akal pikiran untuk menentukan awal bulan suci Ramadan.

Sikap para ulama dalam wacana tersebut merupakan contoh dari ….

A. talfiq

B. ittibā’

C. taqlid

D. ijtihad

 

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan pentingnya bermazhab dalam fikih!

2. Siapa sajakah imam mazhab dalam fikih!

3. Organisasi Islam di Indonesia (seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama’ (NU), Persis, dan sebagainya), apakah ada kaitannya dengan mazhab? Jelaskan!

4. Dalam menetapkan hukum, semua imam mazhab menjadikan naṣṣ sebagai sumber yang paling utama. Jelaskan maksudnya!

5. Mengapa Aqwal aṣ - Ṣahabah (perkataan para sahabat) dijadikan sebagai salah satu dasar dalam menetapkan hukum!

Artikel keren lainnya: