Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

60 Soal LCC IPA untuk SD atau MI Lengkap dengan Jawabannya

Lomba cerdas cermat (LCC) merupakan salah satu perlombaan yang sering dilakukan untuk menguji kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam LCC siswa atau peserta lomba berebut untuk bisa menjawab pertanyaan dengan benar.

Berikut adalah 60 soal Lomba Cerdas Cermat (LCC) dengan jawaban singkat yang berkaitan dengan pelajaran IPA untuk siswa SD atau MI:

Soal Fisika dan Kimia

  1. Apa yang dimaksud dengan gaya gravitasi?
    • Gaya tarik bumi terhadap benda.
  2. Alat untuk mengukur berat disebut?
    • Timbangan.
  3. Zat apa yang dibutuhkan untuk pembakaran?
    • Oksigen.
  4. Apa yang dimaksud dengan perubahan fisika?
    • Perubahan bentuk tanpa menghasilkan zat baru.
  5. Apa wujud air dalam suhu di bawah 0°C?
    • Padat/es.
  6. Sumber energi utama bagi kehidupan di bumi adalah?
    • Matahari.
  7. Apa alat yang digunakan untuk mengukur suhu?
    • Termometer.
  8. Alat untuk mengukur gaya disebut?
    • Dinamometer.
  9. Satuan dasar dari massa adalah?
    • Kilogram.
  10. Apa yang terjadi pada benda saat dipanaskan?
    • Memuai.
  11. Apakah warna api yang paling panas?
    • Biru.
  12. Sebutkan tiga wujud zat!
    • Padat, cair, gas.
  13. Benda apa yang dapat menarik benda logam?
    • Magnet.
  14. Nama alat untuk mengukur kecepatan angin?
    • Anemometer.
  15. Apa wujud benda ketika mendidih?
    • Gas/uap.
  16. Benda apakah yang mengalirkan listrik dengan baik?
    • Konduktor.
  17. Apa sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin datar?
    • Sama besar dan tegak.
  18. Jenis campuran yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang disebut?
    • Larutan.
  19. Apa yang dimaksud dengan titik beku air?
    • Suhu saat air berubah menjadi es, yaitu 0°C.
  20. Apa yang dimaksud dengan gaya gesek?
    • Gaya yang menahan gerak dua permukaan yang bersentuhan.

Soal Biologi

  1. Apa bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air?
    • Akar.
  2. Bagian tumbuhan yang menghasilkan makanan disebut?
    • Daun.
  3. Apa alat pernapasan ikan?
    • Insang.
  4. Apa alat pernapasan utama pada manusia?
    • Paru-paru.
  5. Apa yang dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis?
    • Cahaya matahari, air, dan karbon dioksida.
  6. Sumber utama energi bagi tumbuhan hijau adalah?
    • Matahari.
  7. Alat kelamin jantan pada bunga disebut?
    • Benang sari.
  8. Apa fungsi klorofil pada tumbuhan?
    • Menyerap cahaya untuk fotosintesis.
  9. Hewan apa yang berkembang biak dengan bertelur dan menyusui anaknya?
    • Platipus.
  10. Bagian tubuh manusia yang memompa darah ke seluruh tubuh adalah?
    • Jantung.
  11. Hewan apa yang bisa hidup di darat dan di air?
    • Amfibi.
  12. Bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mencerna makanan adalah?
    • Lambung.
  13. Hewan apa yang memiliki tiga pasang kaki?
    • Serangga.
  14. Hewan apakah yang berkembang biak dengan cara bertelur?
    • Ovipar.
  15. Apa yang dimaksud dengan herbivora?
    • Hewan pemakan tumbuhan.
  16. Proses berubahnya ulat menjadi kupu-kupu disebut?
    • Metamorfosis.
  17. Organ pernapasan pada cacing tanah adalah?
    • Kulit.
  18. Di manakah proses pencernaan dimulai?
    • Mulut.
  19. Apa yang dimaksud dengan predator?
    • Hewan pemangsa.
  20. Apa yang dihasilkan oleh lebah selain madu?
    • Lilin lebah.

Soal Lingkungan dan Ekosistem

  1. Apa yang terjadi jika hutan ditebang secara liar?
    • Banjir dan tanah longsor.
  2. Apa fungsi ozon di atmosfer?
    • Melindungi bumi dari sinar UV berbahaya.
  3. Gas apa yang menyebabkan efek rumah kaca?
    • Karbon dioksida (CO2).
  4. Sumber energi yang tidak akan habis disebut?
    • Energi terbarukan.
  5. Apa yang dimaksud dengan daur ulang?
    • Proses mengolah kembali barang bekas menjadi barang baru.
  6. Proses penguapan air dari permukaan bumi ke atmosfer disebut?
    • Evaporasi.
  7. Apa akibat dari pemanasan global?
    • Kenaikan suhu bumi dan perubahan iklim.
  8. Apa yang dimaksud dengan rantai makanan?
    • Urutan perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya.
  9. Apa yang menyebabkan polusi udara?
    • Asap kendaraan dan pabrik.
  10. Bagaimana cara mengurangi penggunaan plastik?
    • Menggunakan tas kain atau bahan ramah lingkungan.

Soal Astronomi dan Geografi

  1. Planet terbesar di tata surya kita adalah?
    • Jupiter.
  2. Apa nama galaksi tempat bumi berada?
    • Bima Sakti.
  3. Lapisan terluar dari atmosfer bumi disebut?
    • Eksosfer.
  4. Apa benda langit yang disebut bintang terdekat dengan bumi?
    • Matahari.
  5. Apa nama planet yang paling dekat dengan matahari?
    • Merkurius.
  6. Apa nama planet yang dijuluki planet merah?
    • Mars.
  7. Bulan adalah satelit alami dari planet apa?
    • Bumi.
  8. Apa nama gerakan bumi yang menyebabkan terjadinya siang dan malam?
    • Rotasi bumi.
  9. Gerhana apa yang terjadi ketika bulan berada di antara matahari dan bumi?
    • Gerhana matahari.
  10. Apa yang menyebabkan terjadinya pasang surut air laut?
    • Gravitasi bulan.

Semoga daftar soal ini bermanfaat untuk persiapan Lomba Cerdas Cermat (LCC) bagi siswa SD atau MI!

Artikel keren lainnya:

Pembelajaran Berbasis Produk: Pengertian, Langkah-langkah, dan Penilaian

A. Pengertian Pembelajaran Berbasis Produk

Pembelajaran Berbasis Produk (Product-Based Learning) adalah pendekatan pembelajaran di mana siswa terlibat secara aktif dalam proses pembuatan produk nyata sebagai hasil dari pembelajaran mereka. Kognitif pada pembelajaran dengan metode ini termasuk kategori C6 atau mencipta. Metode ini berfokus pada pengalaman langsung di mana siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan teoretis, tetapi juga menerapkannya dalam menciptakan sesuatu yang memiliki nilai atau fungsi di dunia nyata. Pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi.

Peserta didik sedang membuat 

Produk yang dihasilkan dalam pembelajaran berbasis produk dapat berupa karya fisik, seperti model, karya seni, atau prototipe teknologi, maupun karya digital, seperti video, website, atau aplikasi. Pendekatan ini memberikan siswa kebebasan untuk mengeksplorasi ide mereka, sekaligus mendorong mereka untuk berpikir inovatif dan bertanggung jawab terhadap hasil akhir.

B. Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Produk

  1. Penentuan Tujuan dan Tema Pembelajaran Proses pembelajaran dimulai dengan menentukan tujuan pembelajaran dan tema yang akan diangkat. Guru bekerja sama dengan siswa untuk memilih topik yang relevan dan menarik, yang dapat dikembangkan menjadi sebuah produk. Pada tahap ini, penting untuk menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, sehingga produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

  2. Perencanaan Produk Setelah tema ditentukan, siswa merencanakan produk yang akan dibuat. Perencanaan ini mencakup konsep produk, bahan yang dibutuhkan, serta strategi atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses pembuatan. Guru dapat berperan sebagai fasilitator, memberikan panduan dan saran untuk membantu siswa mengembangkan ide mereka.

  3. Proses Pembuatan Produk Pada tahap ini, siswa mulai mengerjakan produk mereka sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Proses ini melibatkan penerapan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari sebelumnya. Guru perlu memberikan dukungan dan umpan balik secara berkala untuk memastikan bahwa siswa berada di jalur yang benar dan mengatasi kendala yang muncul selama pembuatan produk.

  4. Presentasi dan Evaluasi Produk Setelah produk selesai dibuat, siswa mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas atau bahkan di forum yang lebih luas. Presentasi ini tidak hanya melibatkan penjelasan tentang produk yang dibuat, tetapi juga proses pembuatan, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang ditemukan. Guru dan teman sekelas memberikan umpan balik terhadap produk tersebut.

  5. Refleksi dan Revisi Tahap terakhir adalah refleksi terhadap keseluruhan proses pembelajaran. Siswa diajak untuk merenungkan apa yang telah mereka pelajari, kesalahan atau kendala yang dihadapi, serta bagaimana mereka bisa memperbaiki produk atau proses mereka di masa depan. Jika diperlukan, revisi terhadap produk dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitasnya.

C. Penilaian dalam Pembelajaran Berbasis Produk

Penilaian dalam pembelajaran berbasis produk harus mencakup beberapa aspek penting, seperti proses, produk akhir, dan keterampilan yang dikembangkan selama pembelajaran. Berikut adalah beberapa komponen yang dapat dinilai:

  1. Kualitas Produk Produk akhir dinilai berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti fungsi, estetika, dan kesesuaian dengan tema pembelajaran. Penilaian ini juga memperhatikan kreativitas dan inovasi yang ditunjukkan oleh siswa dalam menghasilkan produk.

  2. Proses Pembuatan Selain hasil akhir, proses pembuatan produk juga merupakan bagian penting yang harus dinilai. Guru dapat menilai bagaimana siswa mengelola waktu, bekerja secara mandiri maupun dalam kelompok, serta mengatasi tantangan yang muncul selama proses pembuatan produk.

  3. Presentasi Kemampuan siswa untuk mempresentasikan produk mereka juga merupakan komponen yang dinilai. Aspek yang dinilai meliputi kemampuan berkomunikasi, penjelasan yang jelas, dan kemampuan untuk menjawab pertanyaan atau umpan balik dari audiens.

  4. Refleksi Refleksi siswa terhadap proses pembelajaran juga penting untuk dinilai. Ini menunjukkan sejauh mana siswa dapat memahami dan mengevaluasi apa yang telah mereka pelajari, serta bagaimana mereka dapat memperbaiki diri di masa depan.

  5. Keterampilan Tambahan Penilaian dapat mencakup keterampilan tambahan yang dikembangkan selama proses pembelajaran, seperti keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kemampuan berkolaborasi.

D. Kesimpulan

Pembelajaran berbasis produk memberikan pengalaman belajar yang holistik, di mana siswa tidak hanya mempelajari konsep-konsep teoretis tetapi juga mengaplikasikannya secara nyata. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sistematis dan mendapatkan penilaian yang komprehensif, siswa dapat mengembangkan keterampilan yang relevan untuk kehidupan nyata serta mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan. Pendekatan ini juga memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dan termotivasi dalam proses belajar, karena mereka dapat melihat hasil konkret dari usaha mereka.

Artikel keren lainnya:

Sudah Menerima Email dan Saldo Terpotong tapi Adsense Belum Cair

Kenapa Email konfirmasi pembayaran AdSense sudah diterima dan saldo di menu "Pembayaran Adsense" sudah terpotong tapi uangnya belum masuk Rekening?

Ini adalah pertanyaan umum yang sering dialami oleh para penayang AdSense baik untuk web atau Youtube. Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa hal ini terjadi, meskipun kita sudah menerima email konfirmasi pembayaran:

Alasan Umum:

  • Proses Transfer: Transfer dana bank biasanya membutuhkan waktu beberapa hari kerja hingga dana benar-benar masuk ke rekening. Waktu yang dibutuhkan bisa bervariasi tergantung pada bank pengirim, bank penerima, dan negara penerima.
  • Hari Libur Bank: Jika tanggal transfer bertepatan dengan hari libur bank, baik itu bank pengirim atau bank penerima, maka proses transfer bisa tertunda. 
  • Masalah Teknis: Terkadang, ada masalah teknis baik di pihak Google maupun bank yang menyebabkan penundaan transfer.
  • Verifikasi Tambahan: Dalam beberapa kasus, Google mungkin melakukan verifikasi tambahan terhadap akun kita, terutama jika ada perubahan data atau aktivitas yang mencurigakan.

Langkah-langkah yang Bisa Dilakukan:

  1. Cek Ulang Detail Rekening Bank: Pastikan semua informasi rekening bank, termasuk nama bank, nomor rekening, dan kode bank, sudah benar dan sesuai dengan yang terdaftar di akun AdSense.
  2. Hubungi Bank: Tanyakan kepada pihak bank mengenai status transfer dana. Mereka mungkin memiliki informasi lebih lanjut tentang alasan penundaan dan perkiraan waktu kedatangan dana.
  3. Periksa Riwayat Transaksi AdSense: Login ke akun AdSense dan periksa riwayat transaksi. Pastikan tidak ada masalah atau penangguhan pada pembayaran.
  4. Hubungi Tim Bantuan AdSense: Jika sudah melakukan semua langkah di atas dan masalah belum teratasi, hubungi tim bantuan AdSense. Mereka dapat memberikan informasi lebih lanjut dan membantu menyelesaikan masalah yang terjadi.

Tips Tambahan:

  • Sabar: Proses transfer dana memang membutuhkan waktu. Jangan panik jika dana belum masuk dalam beberapa hari.
  • Simpan Bukti Pembayaran: Simpan email konfirmasi pembayaran sebagai bukti bahwa kita telah menerima pembayaran.
  • Periksa Spam: Terkadang, email konfirmasi pembayaran bisa masuk ke folder spam. Pastikan untuk memeriksa folder spam.

Penting: Waktu yang dibutuhkan untuk transfer dana bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Jika Anda masih merasa khawatir setelah beberapa waktu, jangan ragu untuk menghubungi tim bantuan AdSense.

Artikel keren lainnya:

Penyebutan Nama Negara "Indonesia" dalam 100 Bahasa

Kalian pernah menemukan nama suatu negara yang penyebutannya jauh berbeda antara satu bahasa dengan bahasa yang lain? Contohnya negara Yunani dan Mesir dalam Inggris disebut dengan Greece dan Egypt. Lalu bagaimanakah negara lain menyebut negara Indonesia?

Indonesia

Berikut cara penyebutan nama negara "Indonesia" dalam berbagai bahasa:

  1. Inggris: Indonesia

  2. Sunda: Indonésia

  3. Melayu: Indonesia

  4. Prancis: Indonésie

  5. Spanyol: Indonesia

  6. Jerman: Indonesien

  7. Italia: Indonesia

  8. Portugis: Indonésia

  9. Belanda: Indonesië

  10. Swedia: Indonesien

  11. Denmark: Indonesien

  12. Norwegia: Indonesia

  13. Jepang: インドネシア (Indoneshia)

  14. Korea: 인도네시아 (Indoneshia)

  15. Tiongkok: 印度尼西亚 (Yìndùníxīyà)

  16. Arab: إندونيسيا (Indūnīsiyā)

  17. Turki: Endonezya

  18. Thailand: อินโดนีเซีย (Indonēsīyā)

  19. Vietnam: Indonesia

  20. Hindi: इंडोनेशिया (Indoneṣiyā)

  21. Bengali: ইন্দোনেশিয়া (Indoneśiyā)

  22. Swahili: Indonesia

  23. Rusia: Индонезия (Indoneziya)

  24. Polandia: Indonezja

  25. Hungaria: Indonézia

  26. Ceko: Indonésie

  27. Slovakia: Indonézia

  28. Serbia: Индонезија (Indonezija)

  29. Kroasia: Indonezija

  30. Rumania: Indonezia

  31. Ukraina: Індонезія (Indoneziya)

  32. Pashto: اندونیزیا (Andūnīzyā)

  33. Berber: ⵉⵏⴷⵓⵏⵙⵉⵢⴰ (Indunesiya)

  34. Armenia: Ինդոնեզիա (Indonezia)

  35. Azerbaijan: İndoneziya

  36. Belarusia: Інданезія (Indaneziya)

  37. Dzongkha: ཨིན་དོ་ནེ་སི་ཡ་ (Indo-nay-siya)

  38. Bosnia: Indonezija

  39. Tswana: Indonesia

  40. Fula: Indoneesiyaa

  41. Kriolu (Cape Verdean): Indonézia

  42. Slovenia: Indonezija

  43. Yunani: Ινδονησία (Indonesía)

  44. Tetum: Indonézia

  45. Estonia: Indoneesia

  46. Amharic: ኢንዶኔዢያ (Īndōnēzhīya)

  47. Oromo: Indoneezia

  48. Tigrinya: ኢንዶኔዚያ (Īndonēziya)

  49. Somali: Indooniisiya

  50. Finlandia: Indonesia

  51. Georgia: ინდონეზია (Indonezia)

  52. Islandia: Indónesía

  53. Telugu: ఇండోనేసియా (Indonēsiyā)

  54. Tamil: இந்தோனேசியா (Intōnēsiyā)

  55. Urdu: انڈونیشیا (Indonesia)

  56. Gujarati: ઈન્ડોનેશિયા (īnḍōnēśiyā)

  57. Punjab: ਇੰਡੋਨੇਸ਼ੀਆ (Indonēśī'ā)

  58. Persia: اندونزی (Indonezi)

  59. Ibrani: אינדונזיה (Indonezya)

  60. Kirgiz: Индонезия (Indoneziya)

  61. Lao: ອິນໂດເນເຊຍ (Indonesiya)

  62. Malagasi: Indonezia

  63. Burma: အင်ဒိုနီးရှား (Indo-ni-shaa)

  64. Nepal: इन्डोनेसिया (Indonesiya)

  65. Tagalog: Indonesiya

  66. Sinhala: ඉන්දුනීසියාව (Indunīsiyaava)

  67. Swazi: Indonesia

  68. Tajik: Индонезия (Indoneziya)

  69. Latin: Indonesia

  70. Albania: Indonezia

  71. Ndebele: i-Indonesia

  72. Khimr: អ៊ីនដូណេស៊ី (Indonési)​

  73. Catalan: Indonèsia

  74. Irlandia: Indinéis

  75. Uyghur: ھىندونېزىيە (Hinduniziyah)

  76. Amhara: ኢንዶኔዥያ (īnidonēzhiya)

  77. Shona: Indonezhiya

  78. Xhosa: Indoneshiya

  79. Samoa: Ikonisia

  80. Sansekerta: इण्डोनेशिया (Iṇḍoneśiyā)

  81. Mongol: Индонез [Indonyez]

  82. Turkmen: ඉන්දුනීසියාව [indunīsiyāva]

  83. Uzbek: Indoneziya

  84. Yiddi: ינדאָנעסיאַ [indonesya]

  85. Hawai: ʻInidonesia

  86. Zulu: I-Indonesia

  87. Afrikaans: Indonesië

  88. Kurdi: Endonêzya

  89. Marathi: इंडोनेशिया [iṇḍōnēśiyā]

  90. Malayalam: ഇന്തോനേഷ്യ [inthoneshya]

  91. Kazakh: Индонезия [Ïndonezïya]

  92. Kannada: ಇಂಡೋನೇಷ್ಯಾ [iṇḍōnēṣyā]

  93. Tatar: Индонезия (Indoneziya)

  94. Malta: Indoneżja

  95. Dhivehi (Maladewa): އިންދޯނޭސިއާ (Indonesiyaa)

  96. Luxembourg: Indonesien​

  97. Latvia: Indonēzija​

  98. Frisia: Indonesië​

  99. Bulgaria: Индонезия (Indoneziya)

  100. Khmer: ឥណ្ឌូណេស៊ី (Ĭndounési)

Itulah penyebutan nama "Indonesia" dalam 100 bahasa di dunia. Penyebutan nama negara Indonesia tidak literal dan dapat berubah tergantung karakteristik bahasa. Selain itu, beberapa bahasa memiliki beberapa cara untuk menyebut negara yang sama, tergantung pada konteksnya.

Artikel keren lainnya: