No.
|
Kategori
|
Penjelasan
|
Kata Kerja Kunci
|
1.
|
Persepsi
|
Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam
menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu
Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu ruangan panas
|
Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan,
mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi.
|
2.
|
Kesiapan
|
Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik,
dan emosi, dalam menghadapi sesuatu.
Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan, menerima
kelebihan dan kekurangan seseorang.
|
Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu, memperlihatkan
mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan
|
3.
|
Reaksi yang diarahkan”
|
Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan
bantuan / bimbingan dengan meniru dan uji coba.
Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.
|
Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan,
mengerjakan, membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi.
|
4.
|
Reaksi natural (mekanisme)
|
Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada tingkat
ketrampilan tahap yang lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan siswa akan
terbiasa melakukan tugas rutinnya.
Contoh: menggunakan computer
|
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar,
memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit,
mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani.
|
5.
|
Reaksi yang kompleks
|
Kemampuan untuk melakukan kemahirannya dalam melakukan
sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan
efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa
ragu.
Contoh: Keahlian bermain piano
|
Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar,
memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit,
mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani,
mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur
|
6.
|
Adaptasi
|
Kemampuan mengembangkan keahlian, dan memodifikasi pola
sesuai dengan yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan secara cepat dan
tepat terhadap kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang ada
|
Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi,
mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi
|
7.
|
Kreativitas
|
Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang sesuai dengan
kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah dengan
mengeksplorasi kreativitas diri.
Contoh: membuat formula baru, inovasi, produk baru
|
Merancang, membangun, menciptakan, mendisain,
memprakarsai, mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer
|
Belum ada tanggapan untuk "KKO Untuk Indikator Ketrampilan"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.