Presentasi adalah
suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk
komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau
informasi kepada orang lain.
|  | 
| Presentasi | 
Pada kegiatan
pembelajaran, presentasi merupakan salah satu kompetensi pada aspek keterampilan. Agar guru
bisa menilai kemampuan presentasi secara objektif, maka perlu dibuat rubrik
penilaian yang berisi kriteria dari masing-masing skor.
Berikut contoh rubrik penilaian presentasi:
Rubrik Penilain
Presentasi 1
 
  | Aspek | Skor (1-4) | 
 
  | Bahasa |   | 
 
  | Kejelasan
  suara |   | 
 
  | Komunikatif |   | 
 
  | Slide |   | 
 
  | Menjawab
  pertanyaan |   | 
Penggunaan Bahasa
1: Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku dan tidak
terstruktur 
2: Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku dan
terstruktur 
3: Menggunakan bahasa yang baik, baku tetapi kurang
terstruktur 
4: Menggunakan bahasa yang baik, baku dan terstruktur
Kejelasan Menyampaikan 
1: Artikulasi kurang jelas, suara tidak terdengar,
bertele-tele 
2: Artikulasi jelas, suara terdengar, namun bertele-tele 
3: Artikulasi kurang jelas, suara terdengar, tidak
berteletele 
4: Artikulasi jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele
Komunikatif 
1: Membaca catatan sepanjang menjelaskan 
2: Pandangan lebih banyak menatap catatan saat menjelaskan
dari pada audiens
3: Pandangan lebih banyak menatap audiens saat
menjelaskan dari pada catatan,tanpa gestur tubuh
4: Pandangan lebih banyak menatap audiens saat
menjelaskan dari pada catatan dan
menggunakan gestur yang membuat audiens memperhatikan
Tampilan
Slide
1: Tampilan slide presentasi tidak menarik dan tidak jelas
2: Tampilan slide presentasi cukup menarik, namun tidak memuat semua
penjelasan yang disampaikan
3: Tampilan slide presentasi cukup menarik, namun terlalu panjang/
terlalu banyak
4: Tampilan slide presentasi menarik, singkat dan jelas (tidak menuliskan
narasi dalam presentasi)
Menjawab
Pertanyaan
1: Tidak dapat menjawab
semua pertanyaan dengan tepat
2: Dapat menjawab sebagian kecil pertanyaan dengan tepat
3: Dapat menjawab sebagian besar pertanyaan dengan tepat 
4: Dapat menjawab
semua pertanyaan dengan tepat
Penskoran:
Nilai
akhir = (skor/20) x 100
 
Rubrik Penilain
Presentasi 2
 
  | Aspek | 4 | 3 | 2 | 1 | 
 
  | Sistematika
  Presentasi |   |   |   |   | 
 
  | Susunan Kalimat
  Dan Penggunaan Bahasa  |   |   |   |   | 
 
  | Ketepatan
  Intonasi Dan Kejelasan Artikulasi/ Lafal |   |   |   |   | 
 
  | Penggunaan Media
  Presentasi  |   |   |   |   | 
 
  | Kemampuan
  Menanggapi Pertanyaan Dan Mempertahankan Argumentasi  |   |   |   |   | 
 
  | Waktu |   |   |   |   | 
 
Sistematika
Presentasi:
4: Materi disajikan
runtut dan sistematis
3: Materi
disajikan runtut dan kurang sistematis 
2: Materi
disajikan kurang runtut dan tidak sistematis
1: Materi
disajikan tidak runtut dan tidak sistematis
Susunan Kalimat
Dan Penggunaan Bahasa 
4: Kalimat yang
digunakan sangat mudah dipahami dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar
3: Kalimat yang
digunakan kurang mudah dipahami dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar 
2: Kalimat yang
digunakan kurang mudah dipahami dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
1: Kalimat yang
digunakan sulit dipahami dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan
benar
Ketepatan
Intonasi Dan Kejelasan Artikulasi/ Lafal
4: Intonasi tepat
dan artikulasi jelas
3: Intonasi tepat
dan artikulasi kurang jelas
2: Intonasi kurang
tepat dan artikulasi tidak jelas
1: Intonasi tidak
tepat dan artikulasi tidak jelas 
Penggunaan
Media Presentasi 
4: Tampilan media
presentasi menarik, singkat dan jelas (tidak menuliskan narasi dalam
presentasi)
3: Tampilan media
presentasi cukup menarik, namun terlalu panjang/ terlalu banyak
2: Tampilan media
presentasi cukup menarik, namun tidak memuat semua penjelasan yang disampaikan
1: Tampilan media
presentasi tidak menarik dan tidak jelas
Kemampuan
Menanggapi Pertanyaan Dan Mempertahankan Argumentasi 
4: Mampu menjawab
pertanyaan dengan benar dan mempertahankan argumentasi dengan baik
3: Mampu menjawab
pertanyaan dengan benar dan mempertahankan argumentasi dengan kurang baik
2: Mampu menjawab
pertanyaan dengan kurang tepat dan mempertahankan argumentasi dengan baik
1: Mampu menjawab
pertanyaan dengan kurang tepat dan mempertahankan argumentasi dengan kurang
baik
Ketepatan Waktu
Presentasi
4: Tepat
3: Lebih 10 menit
2: Lebih 20 menit 
1: Lebih 30 menit 
 
Penilai
Skor:
Nilai
akhir = (Skor yang diperoleh/24) x 100
=======
Catatan:
Silakan sesuaikan baik dengan mengurangi atau menambahkan aspek dan kriteria
penilaian.
 
Belum ada tanggapan untuk "Contoh Rubrik Penilaian Presentasi"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.