Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Majas Perbandingan: Pengertian, Macam, dan Contoh

Majas Perbandingan

Majas perbandingan adalah gaya bahasa yang berusaha membandingkan sesuatu hal dengan yang lainnya melalui proses penyamaan, pelebihan, ataupun penggantian.

Berikut pembagian majas perbandingan lengkap dengan contohnya:

1. Alegori

Adalah gaya bahasa yang membandingkan kehidupan manusia dengan alam.

Contoh : Iman adalah kemudi dalam mengarungi zaman.

2. Alusio

Adalah gaya bahasa yang menggunakan pribahasa atau ungkapan.

Contoh : Apakah peristiwa Turang Jaya itu akan terulang lagi?

3. Asosiasi

Adalah gaya bahasa yang membandingkan suatu objek dengan objek lain dengan menggunakan kata bagaikan, bak, atapun seperti.

Contoh : Adik kakak itu bagaikan pinang dibelah dua.

4. Simile

Adalah gaya bahasa yang membandingkan suatu keadaan dengan keadaan lainnya dengan menggunakan kata bagaikan, bak, atapun seperti.

Contoh: kelakuannya seperti anak ayam kehilangan induknya.

5. Metafora

Adalah gaya bahasa yang membandingkan suatu benda tertentu dengan benda lain yang mempunyai sifat sama.

Contoh: Tikus berdasi itu disidang dalam kasus korupsi.

6. Hiperbola

Adalah gaya bahasa yang memberikan pernyataan yang berlebih-lebihan.

Contoh: Kita berjuang sampai titik darah penghabisan

7. Litotes

Adalah gaya bahasa yang dipakai untuk menyatakan sesuatu dengan tujuan merendahkan diri

Contoh: Mampirlah ke gubukku!

8. Personifikasi

Adalah gaya bahasa yang mengumpamakan benda mati sebagai makhluk hidup.

Contoh : Hujan itu menari-nari di atas genting

9. Depersonifikasi:

Adalah pengungkapan manusia dengan tidak menjadikannya benda-benda mati atau tidak bernyawa.

Contoh: Hatinya membeku setelah ia diputuskan pacarnya.

10. Sinekdoke

- Pars Pro Tato

Adalah gaya bahasa yang menyebutkan sebagian hal untuk menyatakan keseluruhan.

Contoh: Saya belum melihat batang hidungnya

- Totem Pro Parte

Adalah gaya bahasa yang menyebutkan seluruh hal untuk menyatakan sebagian.

Contoh: Thailand memboyong piala kemerdekaan setelah menggulung PSSI Harimau

11. Eufimisme

Adalah gaya bahasa  penghalus untuk menjaga kesopanan atau menghindari timbulnya kesan yang tidak menyenangkan.

Contoh : Anak ibu lamban menerima pelajaran

12. Disfemisme

Adalah pengungkapan pernyataan tabu atau yang dirasa kurang pantas sebagaimana adanya.

Contoh: Pak Roni telah ditendang dari perusahaannya.

13. Parabel

Adalah gaya bahasa parabel yang terkandung dalam seluruh karangan dengan secara halus tersimpul dalam karangan itu pedoman hidup, falsafah hidup yang harus ditimba di dalamnya.

Contoh : Cerita Ramayana melukiskan maksud bahwa yang benar tetap benar

14. Simbolik

Adalah gaya bahasa yang melukiskan sesuatu dengan mempergunakan benda-benda lain sebagai simbol atau perlambang.

Contoh : Keduanya hanya cinta monyet.

15. Sinestesia

Adalah majas yang berupa suatu ungkapan rasa dari suatu indra yang dicurahkan lewat ungkapan rasa indra lainnya.

Contoh: Wajahnya manis sekali.

16. Eponim

Adalah gaya dimana seseorang namanya begitu sering dihubungakan dengan sifat tertentu, sehingga nama itu dipakai untuk menyatakan suatu sifat tertentu sehingga nama itu dipakai untuk menyatakan sifat itu.

Contoh : Negara ini butuh banyak Habibie.

17. Antonomasia

Adalah gaya bahasa yang menyebutkan sifat atau ciri tubuh, gelar atau jabatan seseorang sebagai pengganti nama diri.

Contoh : Yang Mulia tak dapat menghadiri pertemuan ini.

18. Metonimia

Adalah gaya bahasa yang menggunakan merek, istilah atau ciri untuk merujuk pada benda umum.

Contoh : Ia menggunakan Jupiter jika pergi ke sekolah

19. Antonomasia

Adalah penggunaan sifat sebagai nama diri atau nama diri lain sebagai nama jenis.

Contoh: Kapan si jangkung itu berbagung dengan tim basket kita?

20. Aptronim

Adalah pemberian pekerjaan atau profesi seseorang untuk julukan seseorang.

Contoh: abang tukang bakso itu belum datang juga.

21. Hipokorisme

Adalah penggunaan nama timangan atau kata yang dipakai untuk menunjukkan hubungan karib.

Contoh: Si bungsu suka membantu ibu.

22. Fabel

Adalah menyatakan perilaku binatang sebagai manusia yang dapat berpikir dan bertutur kata.

Contoh: Kucing itu berpikir keras agar bisa menangkap tikus.

 

Artikel keren lainnya:

Meme Kurang Piknik

Halao para omnivora!!!
Pie kabare?
Kalau kamu merasa bahwa hidup seperti zaman romusya atau kerja rodi gitu, Berarti kamu butuh yang namanya "liburan". Penat donk terus-terusan bekerja dan memeras keringat setiap hari. Ayo kamu harus meluangkan waktu untuk refreshing.
Berikut ada beberpa meme yang mengajak dan menyindir kita agar bisa liburan.
1. Ember aja jalan-jalan
Ember dan gayung juga jalan-jalan menelusuri setiap jalan dan lorong. Dunia ini luas dan tentunya masih banyak yang belum pernah kamu kunjungi.
meme jalan-jalan
2. Dodol aja ada yang piknik
Di Garut ada dodol dengan merek "picnic". Nah ada aja ada yang picnic, masa kamu gak pernah picnic.
meme dodok piknik
3. Sudah kuduga, Kurang piknik
Bisa nebak gitu ya, mungkin dia peramal.
meme kurang piknik
4. Liburan donk
Nyindir banget deh. Tapi iya juga sih. Kerja terus-terusan juga belum tentu kamu merasakan kebahagiaan hidup.
meme ayo liburan
5. Jangan dirumah aja
Ayo sempatkan untuk melihat dunia begitu yang begitu luas, sayang banget kalau waktu kamu dihabiskan berada di kamar saja. Ada banyak hal yang akan kamu rasakan ketika kamu bisa jalan-jalan dan liburan ke tempat baru.
meme ayo liburan
6. Akibat kurang piknik
Pernah kan kamu banyak masalah dengan teman-teman kamu? Banyak julid sama urusan orang lain bisa aja diakibatkan karena kamu kurang piknik.
meme akibat kurang piknik
7. Pesan Kang Emil
Tuh kan, mungkin kamu jadi sensian karena kamu kurang piknik.
meme kurang piknik
Hidupmu adalah hidupmu
Bahagiamu adalah bahagiamu
So. Berbahagialah!

Artikel keren lainnya:

KKO Untuk Indikator Ketrampilan

 

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO)  KETRAMPILAN

Untuk mempermudah penyusunan indikator  pencapaian hasil belajar dan indikator soal pada semua aspek penilaian, kita harus mengetahui KKO dari aspek tersebut. Pada tulisan kali ini kita akan memaparkan KKO untuk indikator aspek ketrampilan.

Tulisan ini merupakan simpulan dari Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi

Menirukan P1

Memanipulasi P2

Pengalamiahan P3

Artikulasi P4

Mengaktifkan

Menyesuaikan

Menggabungkan

Melamar

Mengatur

Mengumpulkan

Menimbang

Memperkecil

Membangun

Mengubah

Membersihkan

Memposisikan

Mengonstruksi

Mengoreksi

Mendemonstrasikan

Merancang

Memilah

Melatih

Memperbaiki

Mengidentifikasikan

Mengisi

Menempatkan

Membuat

Memanipulasi

Mereparasi

Mencampur

Mengalihkan

Menggantikan

Memutar

Mengirim

Memindahkan

Mendorong

Menarik

Memproduksi

Mencampur

Mengoperasikan

Mengemas

Membungkus

Mengalihkan

Mempertajam

Membentuk

Memadankan

Menggunakan

Memulai

Menyetir

Menjeniskan

Menempel

Mensketsa

Melonggarkan

Menimbang

 

Taksonomi Psikomotor “Dave”

P1

Imitasi

P2

Manipulasi

P3

Presisi

P4

Artikulasi

P5

Naturalisasi

Menyalin

Mengikuti

Mereplikasi

Mengulangi

mematuhi

Kembali membuat

Membangun

Melakukan

Melaksanakan

Menerapkan

Menunjukan

Melengkapi

Menyempurnakan

Mengkalibrasi

Mengendalikan

Membangun

Mengatasi

Menggabungkan

Mengintegrasikan

Meng-adaptasi

Mengembangkan

Merumuskan

Memodifikasi

Mendesain

Menentukan

Mengelola

Meniru

Menciptakan kembali

Menunjukan

Mengimplementasikan

Mendemonstrasikan

Mengontrol

Mengkonstruksikan

Memecahkan

Mengkombinasikan

Mengkoordinasikan

Memformulasi

Merancang

Menspesifikasi

 

Domain Psikomotor “Dave”

Kategori

Deskripsi Perilaku

Contoh Aktivitas yang diukur

Kata Kerja

1

Imitasi (Imitation)

Meniru tindakan dari yang ditunjukkan orang lain: mengamati kemudian mereplikasi

Mengamati guru atau pelatih kemudian menirukannya: aktivitas proses.

Meniru, mengikuti, mereplikasi, mengulangi,

2

Manipulasi (Manipulation)

Mereproduksi aktivitas dari pelatih atau ingatannya

Melakukan tugas dari instruksi tertulis atau verbal

Menciptakan kembali, membangun, menunjukkan, melaksanakan, mengimplementasikan

3

Presisi (Precision)

Melakukan keterampilan tanpa bantuan orang lain

Mempertunjukkan keahlian melaksanakan tugas atau aktivitas tanpa bantuan atau instruksi, mampu menunjukkan aktivitas pada siswa lain.

Mendemonstrasikan, melengkapi, mempertunjukkan, menyempurnakan, mengkalibrasi, mengontrol.

4

Artikulasi (Articulation)

Mengadaptasi dan mengintegrasikan keahlian

Mengaitkan dan mengkombinasikan aktivitas untuk mengembangkan metoda

Mengkonstruksikan, memecahkan, mengkombinasikan, mengkoordinasikan, mengintgrasikan, mengadaptasi, mengembangkan, memformulasi

5

Naturalisasi (Naturalization)

Melkukan aktivitas secara terkait dengan tingkat keterampilan yang telah dimiliki

Mendefinisika tujuan, pendekatan dan strategi untuk melakukan aktivitas untuk keperluan

Merancang, menspesifkasi, mengelola,

Domain Psikomotor “Simpson”

No.

Kategori

Penjelasan

Kata Kerja Kunci

1.

Persepsi

Kemampuan menggunakan saraf sensori dalam menginterpretasikan nya dalam memperkirakan sesuatu

Contoh: menurunkan suhu AC saat merasa suhu ruangan panas

Mendeteksi, mempersiapkan diri, memilih, menghubungkan, menggambarkan, mengidentifikasi, mengisolasi, membedakan menyeleksi.

2.

Kesiapan

Kemampuan untuk mempersiapkan diri, baik mental, fisik, dan emosi, dalam menghadapi sesuatu.

Contoh: melakukan pekerjaan sesuai urutan, menerima kelebihan dan kekurangan seseorang.

Memulai, mengawali, memprakarsai, membantu, memperlihatkan mempersiapkan diri, menunjukkan, mendemonstrasikan

3.

Reaksi yang diarahkan”

Kemampuan untuk memulai ketrampilan yang kompleks dengan bantuan / bimbingan dengan meniru dan uji coba.

Contoh: Mengikuti arahan dari instruktur.

Meniru, mentrasir, mengikuti, mencoba, mempraktekkan, mengerjakan, membuat, memperlihatkan, memasang, bereaksi, menanggapi.

4.

Reaksi natural (mekanisme)

Kemampuan untuk melakukan kegiatan pada tingkat ketrampilan tahap yang lebih sulit. Melalui tahap ini diharapkan siswa akan terbiasa melakukan tugas rutinnya.

Contoh: menggunakan computer

Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mempertajam, menangani.

5.

Reaksi yang kompleks

Kemampuan untuk melakukan kemahirannya dalam melakukan sesuatu, dimana hal ini terlihat dari kecepatan, ketepatan, efsiensi dan efektivitasnya. Semua tindakan dilakukan secara spontan, lancar, cepat, tanpa ragu.

Contoh: Keahlian bermain piano

Mengoperasikan, membangun, memasang, membongkar, memperbaiki, melaksanakan sesuai standar, mengerjakan, menggunakan, merakit, mengendalikan, mempercepat, memperlancar, mencampur, mempertajam, menangani, mngorganisir, membuat draft/sketsa, mengukur

6.

Adaptasi

Kemampuan mengembangkan keahlian, dan memodifikasi pola sesuai dengan yang dbutuhkan, Contoh: Melakukan perubahan secara cepat dan tepat terhadap kejadian tak terduga tanpa merusak pola yang ada

Mengubah, mengadaptasikan, memvariasikan, merevisi, mengatur kembali, merancang kembali, memodifikasi

7.

Kreativitas

Kemampuan untuk menciptakan pola baru yang sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan juga kemampuan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi kreativitas diri.

Contoh: membuat formula baru, inovasi, produk baru

Merancang, membangun, menciptakan, mendisain, memprakarsai, mengkombinasikan, membuat, menjadi pioneer

 

Artikel keren lainnya:

Kumpulan Soal PAI Bab Iman Kepada Qada Dan Qadar

Contoh Soal Iman Kepada Qada dan Qadar

Soal-soal pelajaran PAI untuk kelas SMP dan SMA atau sederajat. Materi yang disoalkan adalah iman kepada qada dan qadar atau meyakini qadā dan qadar melahirkan semangat bekerja.

Harap Senang

I. Pilihan Ganda

1. Perhatikan penggalan ayat berikut!

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum sebelum ....”

Lanjutan terjemah dari ayat di atas adalah ...

A. Mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri

B. Mereka menjadi orang yang taat

C. Allah menghendaki hal itu

D. Kalian menjadi taqwa


2. Taqdir dibedakan menjadi dua macam, yaitu ...

A. Mubram dan muthlaq

B. Mu’allaq dan muthlaq

C. Mubram dan mu’allaq

D. Muthlaq dan mukallaf


3. Sistem tata surya beredar pada garisnya masing-masing. Hal tersebut terjadi karena ...

A. Matahari yang paling besar

B. Matahari merupakan sumber cahaya

C. Kehendal (qada dan qadar) Allah swt

D. Diatur oleh Malaikat


4. Orang yang meyakini qada dan qadar Allah swt akan terhindar dari ...

A. Sombong dan iri

B. Penyakit insomnia

C. Tekanan jiwa

D. Rakus dan tamak


5. Yang bukan merupakan contoh taqdir mubram adalah ...

A. Hani meraih juara 1 setelah ia belajar keras

B. Hani terlahir dari keluarga yang sederhana

C. Hani terlahir sebagai seorang perempuan

D. Hani meninggal pada usia 20 tahun


6. Salah satu ciri beriman kepada qada dan qadar adalah selalu bertawakkal kepada Allah. Berikut yang bukan merupakan ciri tawakkal adalah ...

A. Berusaha sekuat mungkin

B. Selalu positif thinking kepada Allah swt

C. Berdo’a agar mendapatkan hasil terbaik dari Allah

D. Berkeluh kesah apabila mendapati hasil yang tidak diinginkan


7. Allah menciptakan manusia dengan berbagai keadaan. Ada yang kaya dan ada yang miskin. Ada yang putih dan ada yang hitam. Namun, kita harus ridha dengan apa yang Allah kehendaki untuk kita. Perilaku tersebut menunjukkan sifat ...

A. Qada

B. Qadar

C. Qanaah

D. Tawakkal

8. Yang merupakan contoh perilaku dari iman kepada qada dan qadar Allah swt adalah ...

A. Merasa hebat dengan usaha sendiri

B. Merenungi kebesaran Allah melalui ciptaan-Nya

C. Bekerja keras karena hasil ditentukan oleh usaha

D. Berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong


9. Isi kandungan dari Ar-Ra’du: 11yang tepat adalah ....

A. Janganlah melawan taqdir Allah

B. Janganlah sedih dengan nasib buruk

C. Bekerja keras untuk menggapai cita-cita

D. Perbanyaklah ibadah kepada Allah


10. Akhlak yang diajarkan agama Islam dalam memahami Qadha' dan Qadar adalah . . . .

A. setiap keburukan adalah kesalahan manusia dan kebaikan adalah anugerahNya

B. berbuat baiklah, sebagaimana Anda  ingin diperlakukan dengan baik

C. sibukkanlah mencari kekurangan yang ada dalam diri

D. kesuksesan dunia menentukan kesuksesan akhirat

 

11. Percaya dan yakin terhadap iman kepada qada dan qadar, seseorang seharusnya ….

A. cukup menunggu takdir            

B. dengan beribadah tanpa kerja   

C. cukup berdoa tanpa usaha lahiriah

D. berusaha merubah keadaan dirinya

 

12. Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah ....

A. hidup yang benar, beriman atau kafir, sukses atau gagal, sedih atau gembira

B. karier yang bagus, rumah tangga yang sejahtera, anak-anak yang salih 

C. kaya dan miskin, cerdas dan bodoh, sehat dan sakit, sejahtera dan sengsara 

D. saat kematian datang, kelahiran, jenis kelammin, siapa orang tua kita 

 

13. Tidak semua doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah Swt. Pernyataan di bawah ini  kemungkinan belum dikabulkannya doa tersebut, kecuali ... 

A. saatnya belum tepat 

B. sebagai tabungan di akhirat 

C. terlalu sering meminta 

D. diganti dengan yang lainnya

 

14. Perhatikanlah pernyataan berikut ini! 

1) Penuh optimis dalam menjalani hidup 

2) Senantiasa berorientasi kepada prestise 

3) Tidak memiliki harga diri dalam bergaul 

4) Pandai memanfaatkan kesempatan dalam hidup 

5) Memiliki etos kerja yang rendah dalam beraktivitas 

6) Tidak mudah putus asa bila menghadapi kegagalan

Pernyataan di atas yang tidak termasuk hikmah beriman kepada qadha' dan qadar adalah nomor ....

A. 1), 2) dan 4) 

B. 2), 3) dan 5) 

C. 2), 3) dan 4) 

D. 1), 4) dan 6) 

 

15. Yang merupakan contoh dari taqdir mu’alaq yang benar di bawah ini adalah ...

A. seseorang yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. dalam hidupnya akan menjadi orang yang kaya raya. Akan tetapi orang itu tidak rajin bekerja dan berusaha, hidupnya malas, selalu berpangku tangan dan menunggu belas kasihan orang, meskipun demikian orang itu tetap akan kaya

B. seseorang yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. dalam hidupnya akan menjadi orang yang kaya raya. Akan tetapi orang itu rajin bekerja dan berusaha, hidupnya tidak malas, selalu tidak berpangku tangan dan menunggu belas kasihan orang,

C. seseorang yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. dalam hidupnya akan menjadi orang yang kaya raya. Akan tetapi orang itu rajin bekerja dan berusaha, kadang-kadang hidupnya malas, selalu berpangku tangan dan menunggu belas kasihan orang, meskipun demikian orang itu tetap akan kaya

D. seseorang yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. dalam hidupnya akan menjadi orang yang kaya raya. Akan tetapi orang itu tidak rajin bekerja dan giat  berusaha, hidupnya malas, selalu berpangku tangan dan menunggu belas kasihan orang, meskipun demikian orang itu tetap akan kaya

II. Esai

1. Jelaskan pengertian Qadha dan Qadar!

2. Jelaskan pengertian iman kepada Qadha'  dan Qadar!

3. Istilah Qadha dan Qadar sering disebut juga dengan Taqdir. Taqdir ada dua macam. Sebutkan!

4. Mengapa manusia diwajibkan ikhtiar dan harus bertawakal? Jelaskan!

5. Sebutkan perilaku seseorang yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Qadha' dan Qadar Allah Swt!

Artikel keren lainnya:

Contoh Soal PAI (Fikih) Materi Shalat Sunah

 Bank Soal PAI Bab Shalat Sunah

Untuk mengetahui pemahaman siswa akan materi yang disampaikan guru, maka guru perlu melakukan tes. Berikut ada beberapa contoh soal pilihan ganda dan esai pada pelajaran PAI materi shalat sunah.


I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !

1. Salah satu shalat yang hukumnya sunah adalah shalat 'idain. Yang dimaksud dengan shalat 'idain adalah ....

A. shalat rawatib dan shalat tahiyatul masjid

B. shalat idul fitri dan shalat idul adha

C. shalat tahajud dan shalat dhuha

D. shalat kusuf dan shalat khusuf

 

2. Hukum melaksanakan Shalat idain adalah ....

A. wajib

B. sakruh  

C. sunah

D. sunah muakkad

 

3. 3. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Dilaksanakan berjama’ah.

(2) Dibacakan khotbah setelah salat.

(3) Takbir 7 kali pada rakaat kesatu, 5 kali pada rakaat kedua.

(4) Dilaksanakan setelah terbit matahari.

Salat sunah yang dimaksud adalah … .

A. Duha

B. Istiska

C. Khusuf

D. Idulfitri

 

4. Shalat Idul Fitri dilaksanakan setiap tanggal ....

A. 1 Muharram

B. 10 Sya’ban

C. 1 Syawal

D. 10 Dzulhijjah

 

5. Shalat sunah yang hanya dilaksanakan pada malam bulan Ramadan adalah ….

A. shalat Rawatib

B. shalat Tarawih

C. shalat Witir

D. salat Istikharah

 

6. Hukum melaksanakan shalat Tarawih adalah sunah muakkad artinya ....

A. sangat dianjurkan

B. sebagai pelengkap 

C. menambah amalan

D. mengisi kekosongan

 

7. Shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari sesudah Shalat isya’ sampai sebelum terbit fajar dengan jumlah rakaat ganjil disebut ....

A. shalat Witir

B. shalat Tarawih 

C. shalat Tahajjud

D. shalat Istikharah

 

8. Rakaat shalat Witir paling banyak dilaksanakan ....

A. 7 rakaat

B. 9 rakaat

C. 11 rakaat

D. 23 rakaat

 

9Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Dapat dilaksanakan berjamaah.

(2) Dapat dilaksanakan munfarid.

(3) Dilakukan untuk menghormati masjid.

(4) Jumlah rakaatnya ganjil.

(5) Untuk dibukakan pintu rizqi.

yang merupakan ketentuan salat witir ditunjukkan pada nomor … .

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2), (3) dan (4)

D. (2), (3) dan (5)

 

10Perhatikan pernyataan berikut!

(1) 2 rakaat sesudah salat Isya.

(2) 2 rakaat sebelum salat Subuh.

(3) 4 rakaat sebelum salat Asar.

(4) 2 rakaat sebelum salat Magrib

Shalat rawatib muakkad ditunjukkan pada nomor … .

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dan 1

 

11. Waktu terbaik untuk melaksanakan shalat Tahajud adalah ....

A. sepetiga malam 

B. seperlima malam 

C. seperempat malam

D. di awal waktu

 

12. Barang siapa melaksanakan shalat Tahajjud, maka Allah SWT akan memberikan ....

A. harta yang banyak  

B. kehidupan yang mewah  

C. pangkat yang tinggi

D. kedudukan yang terpuji

 

13. Perintah melaksanakan shalat Tahajjud terdapat di dalam Al-Qur’an surat ....

A. Al-Baqarah 21 

B. Ali Imran 130 

C. Al-Isra’ 23

D. Al-Isra’ 79

 

14. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Ketika terjadi gerhana matahari

2) Ketika terjadi gerhana bulan

3) Bacaan imam dikeraskan

4) Bacaan imam tidak dikeraskan

5) Pada setiap rakaat terdapat dua ruku

Ketentuan shalat khusuf ditunjukan oleh nomor ....

A. 1, 3, dan 5

B. 2, 3, dan 5

C. 1, 4, dan 5

D. 2, 4, dan 5


15. Istikharah menurut bahasa artinya ....

A. meminta hujan

B. memohon ampunan

C. memuliakan masjid

D. memohon petunjuk atas pilihan

 

16Perhatikan kutipan berita berikut!

Di suatu kota, dalam sebulan terakhir curah hujan di kota itu sangat minim. Musim kemarau panjang ini tidak hanya menimbulkan kebakaran lahan tetapi sumur warga juga mulai kering, rumput untuk ternak meranggas. Kemudian, warga kota itu mengadakan rapat untuk melakukan salat sunah agar diturunkan hujan.

Salat sunah yang dimaksud adalah ….

A. shalat khusuf

B. shalat kusuf

C. shalat istisqa

D. shalat istikharah

 

17. Shalat sunah yang dikerjakan secara munfarid adalah ....

A. shalat istisqa, shalat istikharah, dan shalat rawatib

B. shalat dhuha, shalat istisqa, dan shalat tarawih

C. shalat rawatib, shalat istikaharah, dan shalat tahiyatul masjid

D. shalat istikharah, shalat idul fitri, dan shalat tahiyatul masjid


18. Perhatikan tabel berikut!

Nama shalat sunah:

1) Tarawih

2) Duha

3) Idul adha

4) Istikharah

5) Istisqa

6) Khusuf

7) Tahajud

8) Idul fitri

Salat sunah yang bisa dikerjakan berjama’ah adalah ... .

A. 1, 2, 3, 4 dan 5

B. 1, 3, 5, 6 dan 8

C. 2, 3, 4, 5 dan 7

D. 3, 4, 5, 6 dan 8


19. Shalat sunnah yang waktunya beriringan dengan shalat fardu disebut ....

A. shalat rawatib

B. shalat witir

C. shalat tarawih

D. shalat dhuha

 

20. Shalat Tahiyatul Masjid adalah shalat sunah yang dilaksanakan dengan tujuan .....

A. memohon ampunan

B. agar selamat ketika bepergian

C. menghormati (memuliakan) masjid.

D. menghormati kedatangan ramadhan

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Jelaskan secara singkat tata cara pelaksanaan shalat Idain!

2. Jelaskan perbedaan antara shalat Idain dengan shalat Jum’at!

3. Pada malam bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk melakukan qiyamul lail. Apa maksud qiyamul lail berikut amalan – amalannya!

4. Jelaskan manfaat melaksanakan shalat Tahajud!

5. Jelaskan manfaat melaksanakan shalat Dhuha!

Artikel keren lainnya:

Kumpulan Soal PAI Materi Zakat

Contoh Soal tentang Zakat

Contoh soal di bawah bisa digunakan untuk UH, PTS, PAS, dan ujian lainnya. Bagi para siswa bisa digunakan sebagai latihan ulangan dan bagi guru bisa sebagai referensi dalam penyusunan soal ujian. Semoga bermanfaat.

I. Pilihlah Jawaban Yang Paling Tepat!

1. Zakat yang berfungsi membersihkan jiwa seseorang dinamakan zakat ...

 A. Harta

B. Mal

C. Jiwa

D. Fitrah

 

2. Harta yang dizakati harus memenuhi syarat. Berikut yang merupakan syarat harta yang wajib dizakati adalah ....

A. Milik penuh, berkembang, nishab dan haul

B. Islam, berkembang, nishab dan haul

C. Milik penuh, baligh, nishab dan haul

D. Islam, baligh, nishab dan haul

 

3. Nishab zakat hasil pertanian yang sudah dikuliti adalah ...

 A. 14 kwintal

B. 10 Kwintal

C. 7 kwintal

D. 5 kwintal

 

4. Bila seseorang memiliki 6 ekor unta, maka zakat yang wajib dikeluarkan adalah ...

 A. 1 ekor unta

B. 1 ekor sapi

C. 1 ekor domba

D. 2 ekor kambing

 

 5. Golongan yang berhak menerima zakat disebut ...

A. Mustahiq

B. Muzakki

C. Musta’mal

D. Mursal

 

6. Perhatikan golongan berikut!

1) Orang kaya

2) Keluarga Nabi Muhammad saw

3) Muallaf

4) Murtad

5) Anak dan Istri/Suami

Siapakah orang yang tidak boleh menerima zakat?

 A. 1, 2, dan 3

B. 2, 3 dan 4

C. 3, 4 dan 5

D. 1, 2, dan 5

 

7. Pak Tatung baru saja panen padi sebanyak 10 ton dengan pengairan irigasi. Setelah dikurangi biaya operasional dan irigasi, berapa besar zakat yang harus dikeluarkan Pak Tatung?

A. 250 Kg

B. 500 Kg

C. 1.000 Kg

D. 2.500 Kg

 

8. Dalam sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan yang masih bayi. Berapa zakat fitrah yang harus dikeluarkan untuk seluruh anggota keluarga ….

A. 7,5 Kg beras

B. 10 Kg beras

C. 12,5 Kg beras

D. 15 Kg beras

 

9. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Menyucikan harta

2) Menyucikan jiwa

3) Agar menjadi kaya

4) Menambahkan keberkahan

Yang merupakan tujuan dari adanya zakat adalah ....

A. 1, 2, dan 3

B. 2, 3, dan 4

C. 3, 4, dan 1

D. 4, 1 dan 2

 

10. Orang yang bertugas untuk mengelola zakat disebut ....

A. Faqir

B. Riqab

C. Gharim

D. Amil

 

11. Yang dimaksud gharim adalah ....

A. Orang yang tersakiti

B. Orang yang lumpuh

C. Orang yang terlilit hutang

D. Orang yang banyak anaknya

 

12. Pak Jono hidup sebatang kara dan dia dalam keadaan lumpuh. Pak Jono berhak menerima bagian zakat karena ....

A. Faqir

B. Miskin

C. Gharim

D. Dhuafa

 

13. Yang dimaksud nishab adalah ....

A. Batas maksimal harta wajib zakat

B. Batass minimal harta wajib zakat

C. Kepemilikan satu tahun

D. Milik penuh

 

14. Orang yang mengeluarkan zakat disebut ....

A. Mustahiq

B. Muzakki

C. Muallaf

D. Amil

 

15. Berikut yang bukan merupakan dampak dari adanya zakat yang dirasakan oleh masyarakat adalah ...

A. Menumbuhkan rasa persaudaraan antar umat

B. Menumbuhkan rasa peduli kepada kaum dhuafa

C. Mencegah terjadinya kejahatan oleh orang miskin

D. Makin melebarnya kesenjangan sosial

 

II. Isilah Pertanyaan Berikut!

1. Apa pengertian zakat fitrah?

2. Sebutkan 4 golongan yang berhak menerima zakat!

3. Apa perbedaan miskin dan fakir?

4. Dalam sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu, 2 anak laki-laki dan 1 anak perempuan yang masih bayi. Berapa zakat fitrah yang harus dikeluarkan untuk seluruh anggota keluarga?

5. Pak Dani dan Bu Dina dianugerahi anak kembar. Namun, keduanya lahir dengan jeda waktu yang cukup lama. Yang pertama lahir pada malam takbiran, sedangkan yang kedua lahir setelah idul fitri. Berapa orang yang berlaku wajib zakat? Jika pada waktu itu harga beras Rp. 10.000/Kg, maka berapa rupiah zakat yang harus dibayar oleh Pak Dani?

Artikel keren lainnya: