Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Bank Soal PAI Materi Shalat Gerhana, Shalat Istisqa, dan Shalat Jenazah

Kumpulan soal latihan bab "Ibadah dengan Disiplin dan Penuh Harap Kepada Allah Swt. serta Peduli Terhadap Sesama Melalui Salat Gerhana, Istiska, dan Jenazah"

Soal-soal di bawah ini bisa dijadikan latihan untuk ulangah harian pada bab ini. Selain itu, bisa juga dijadikan referensi dalam menyusun soal ujian.

Ujian

I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.

1. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Dilaksanakan di lapangan

(2) Berjumlah dua rekaat

(3) Berjumlah empat rekaat

(4) Melakukan rukuk empat kali

(5) Membaca takbir empat kali

 

Pernyataan yang berhubungan dengan salat gerhana terdapat pada nomor ...

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

 

2. Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada suatu malam sekitar pukul 21.00 ayah mengajak Arman ke Masjid. Sesampainya di masjid sudah banyak jamaah yang berkumpul. Sejenak kemudian imam salat mengajak jamaah untuk membentuk barisan salat. Salat dilaksanakn sebanyak dua rekaat. Di tiap satu rekaat ada dua kali rukuk yang dikerjakan.

Salat yang dilakukan pada ilustrasi tersebut adalah salat ....

A. khusuf

B. kusuf

C. istiska

D. Jenazah

 

3. Perhatikan ilustrasi berikut!

Pada suatu hari Siti ikut orang tuanya pergi ke lapangan dengan membawa perlengkapan salat. Sesampai di lapangan Andi segera duduk membentuk barisan. Sesaat kemudian diselenggarakan salat berjamaah dua rekaat. Selesai salat, khatib naik mimbar membacakan khutbah. Pada khutbah pertama khotib membaca istigfar sebanyak sembilan kali. Sementara pada khutbah kedua membaca istigfar tujuh kali. Di akhir khutbah, tampak khatib membacakan doa dengan penuh harap kepada Allah Swt.

Doa khusus yang dibaca oleh khotib pada ilustrasi tersebut adalah doa untuk memohon ....

A. rezeki yang halal dan melimpah

B. keselamatan dunia akhirat

C. diterima amal ibadahnya

D. diturunkan hujan

 

4. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Berpuasa selama empat hari berturut-turut

(2) Berpuasa pada waktu pelaksanaan salat

(3) Memperbanyak bacaan istigfar

(4) Salat sunah Tahayat Masjid

(5) Salat Duha dua rekaat

Amalan-amalan sunah yang dilakukan di sekitar pelaksanaan salat istiska ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2), (3), dan (4)

D. (2), (4), dan (5)

 

5. Perhatikan narasi berikut!

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dapat menghitung waktu terjadinya gerhana bulan dengan tepat. Manusia juga dapat memprediksi waktu turunnya hujan. Kemampuan ini bisa menyebabkan menurunnya kekhusyukan ibadah yang penuh harap kepada Allah Swt.

Cara yang dilakukan agar penurunan tersebut tidak terjadi adalah ...

A. menyadari bahwa kejadian gerhana dan hujan adalah kekuasaan Allah

B. memperbanyak bacaan ayat al-Qur’an yang dibaca pada waktu salat

C. memperbanyak bacaan istigfar selama pelaksanaan salat

D. banyak mengingat dosa yang pernah dilakukan

 

6. Perhatikan ilustrasi berikut!

Suatu ketika Andi mengikuti salat jenazah atas tetangganya yang meninggal dunia. Pada mulanya salat berjalan lancar. Namun sampai takbir yang ketiga Andi lupa bacaan yang harus dibaca.

Bacaan yang seharusnya dibaca Andi adalah ...

A. اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَا بَعْدَهُ

B. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

C. اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ

D. اُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ

7. Perhatikan tabel berikut!

Salat

1 Kusufain

2 Istiska

3 Jenazah

Keterangan

A 4 kali takbir

B 4 kali rukuk

C 2 rekaat

Pasangan yang tepat pada tabel tersebut adalah ....

A. 1-A, 2-B, dan 3-C

B. 1-B, 2-C, dan 3-A

C. 1-B, 2-A, dan 3-C

D. 1-C, 2-A, dan 3-B

 

8. Perhatikan ilustrasi berikut!

Keluarga Pak Anton sedang berduka. Bu Anton dinyatakan positif terinveksi Covid-19 dan meninggal dunia. Sesuai protokol kesehatan yang berlaku proses perawatan jenazah dilakukan oleh petugas yang berwenang. Jenazah juga harus segera dimakamkan. Karena itulah jenazah Bu Anton segera dibawa ke pemakaman. Setelah sampai di pemakaman, peti jenazah di keluarkan dari ambulan. Sebelum dimasukkan ke liang lahat, tampak ada seorang petugas yang menyalatkan jenazah Bu Anton. Keluarga hanya bisa menyaksikan dari kejauhan.

Pandangan yang tepat terhadap kejadian tersebut adalah ....

A. keluarga berdosa karena tidak menyalatkan jenazah Bu Anton

B. salat jenazah tidak sah karena hanya dilakukan oleh satu orang saja

C. kewajiban salat jenazah ditunaikan meskipun dilakukan satu orang

D. semua orang Islam berdosa karena jenazah disalati satu orang saja

 

9. Perhatikan narasi berikut!

Dalam setiap pelaksanaan ibadah ada rukun ibadah yang harus dijalankan secara tertib .Jika rukun ini ditinggalkan ,maka ibadah tidak sah .Demikian juga apabila tidak dilaksanakan dengan tertib atau berurutan .Ibadah yang dilakukan juga dinilai tidak sah.

Nilai yang dipelajari pada narasi tersebut adalah

A. rendah hati

B. penuh harap

C. peduli

D. Disiplin

 

10. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menganjurkan agar tabah dan bersabar

(2) mendoakan agar jenazah mendapat ampunan

(3) menganjurkan agar jangan terlalu banyak menangis

(4) mendoakan agar musibah yang terjadi berganti dengan kebaikan

(5) menganjurkan agar segera berpikir depan dan melupakan almarhum

Pada waktu takziah ungkapan yang dapat disampaikan untuk menghibur hati keluarga yang berduka terdapat pada nomor....

A. (1), (2), dan (4)

B. (1), (3), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (1), (4), dan (5)

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Apakah yang dimaksud dengan salat gerhana? Jelaskan bagaimana cara pelaksanaannya!

2. Apakah yang dimaksud dengan salat istiska? Jelaskan bagaimana cara pelaksanaannya!

3. Apakah yang dimaksud dengan salat jenazah? Jelaskan bagaimana cara pelaksanaannya!

4. Sebutkan 5 manfaat salat jenazah dan kegiatan takziah!

5. Perhatikan ilustrasi berikut!

Musim kemarau tahun ini dirasakan lebih panjang oleh masyarakat. Air mulai sulit didapatkan. Lahan pertanian terancam gagal panen karena kekurangan air. Dalam situasi yang sulit ini, ada kabar menggembirakan dari Badan Meteorologi, krimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG memprediksi hujan akan turun dalam dua hari ke depan.

Dalam situasi seperti ini apakah salat istiska diperlukan? Jelaskan!

 

========

Kunci Jawaban!

Pilihan Ganda

1. B

2. A

3. D

4. A

5. A

6. B

7. B

8. C

9. D

10. A

Uraian

1. Pengertian: salat yang dilakukan pada saat gerhana matahari disebut salat Kusuf. Sedangkan salat yang dilakukan pada saat gerhana bulan disebut salat Khusuf.

Pelaksanaan:

Salat gerhana dilaksanakan sebanyak dua rekaat dengan empat kali rukuk.

1) Niat

2) Takbiratulihram, yakni membaca takbir sambil mengangkat tangan

3) Membaca surah al-Fatihah

4) Bacaan surah al-Fatihah, dilanjutkan dengan bacaan ayat atau surah al-Qur’an. Bacaan al-Fatihah dan ayat/surah dalam al-Qur’an itu dibaca dengan dengan nyaring, baik dalam salat kusuf maupun khusuf.

5) Rukuk

6) Berdiri dari rukuk dilanjutkan membaca surah al-Fatihah, dianjurkan dilanjutkan membaca ayat/surah dalam al-Qur’an

7) Rukuk kedua

8) Iktidal

9) Sujud dua kali

10) Berdiri untuk rekaat kedua dengan tatacara yang sama pada rekaat pertama.

11) Diakhiri dengan salam

12) Setelah salat selesai, disunnahkan adanya seorang khatib yang membaca khutbah terkait gerhana.

2. Pengertian: salat sunah untuk meminta hujan kepada Allah Swt. Salat Istiska dilaksanakan sebanyak dua rekaat di lapangan terbuka dengan disertai khutbah

Pelaksanaan:

Setelah jamaah sampai di lapangan, Imam salat menyeru jamaah untuk memulai salat. Biasanya imam menyeru dengan bacaan al- ṣṣalātu jāmi’ah. Imam mengimami salat dua rekaat seperti biasa sesuai dengan rukun dan sunah salat pada umumnya. Setelah salat selesai dilanjutkan dengan khutbah. Khutbah salat Istiska di sunahkan dimulai dengan bacaan istighfar, yakni sembilan kali pada khutbah pertama dan tujuh kali pada khutbah kedua. Khutbah dilanjutkan dengan puji-pujian kepada Allah, syahadat, sholawat, nasehat khususnya ajakan agar bertaubat, kemudian berdoa meminta hujan diturunkan.

3. Pengertian: satu jenis salat untuk jenazah muslim

Pelaksanaan:

Niat

Berdiri

Takbir empat kali

Membaca surah al-Fatihah setelah takbirratulihram

Membaca selawat atas Nabi Muhammad saw. setelah takbir kedua

Mendoakan jenazah setelah takbir ketiga

Membaca doa setelah takbir keempat

Diakhiri dengan salam

4. Menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

Keluarga yang berduka akan mendapatkan kekuatan spiritual

Membantu keluarga yang berduka

Mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi Menguatkan hati yang sedang berduka

Mengurangi beban yang berduka.

5. Tetap diperlukan karena salat istiska adalah sunah Nabi dan dapat meningkatkan iman kepada Allah dengan selalu penuh harap berdoa kepada Allah Swt.

Artikel keren lainnya:

Soal Latihan Bab Menghadirkan Shalat dan Dzikir dalam Kehidupan

Pada pelajaran PAI untuk SMP terdapat materi tentang adab salat dan zikir. Gambaran bahasan dari bab ini adalah tentang makna salat dan zikir, serta hikmah melaksanakan salat dan zikir.

Ujian

Untuk mengukur pemahaman siswa pada bab ini diadakanlah tes baik berupa UH, UTS, dan ujian laiinya. Berikut kumpulan soal Bab "Menghadirkan Salat dan Zikir dalam Kehidupan". Kumpulan soal-soal berikut bisa digunakan sebagai bahan latihan siswa atau untuk referensi membuat soal.

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D

1. Orang yang melaksanakan salat semata-mata karena Allah Swt., dan berkeinginan hanya untuk menggapai keridaan-Nya, merupakan perwujudan dari salah satu sasaran tujuan melaksanakan salat, yaitu ....

A. Timbulnya keikhlasan

B. Timbulnya ketakwaan kepada Allah Swt.

C. Selalu mengingat-Nya

D. Adanya perasaan nyaman dan tenteram

 

2. Ransi dari kecil sampai sekarang tidak pernah belajar mengaji sehingga ia tidak tahu arti bacaan salat. Padahal ia rajin sekali melaksanakan salat. Hukum salat yang dikerjakan olehnya adalah....

A. Sah

B. Batal

C. Sia-sia

D. Makruh

 

3. Berikut ini hikmah salat fardu dalam menjalani kehidupan, kecuali....

A. Membiasakan disiplin

B. Membiasakan hidup bersosial

C. Mendapatkan kebahagiaan dunia

D. Sarana pembentukan kepribadian muslim

 

4. Melaksanakan salat dengan tepat waktu banyak sekali manfaatnya. Berikut ini yang merupakan manfaat melaksanakan salat adalah....

A. Menambah pekerjaan yang harus dilaksanakan

B. Menambah kekayaan berupa harta benda

C. Ketenangan dalam menjalani hidup

D. Dihormati oleh masyarakat sekitar

 

5. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Diberikan kemudahahan pada segala urusan dalam pencapaian tujuan hidup.

2) Menjauhkan diri dari maksiat dan penyakit hati.

3) Mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan menggapai rida-Nya.

4) Mempererat silaturahmi antar sesama umat Islam.

Di antara pernyataan tersebut, yang termasuk hikmah melaksanakan salat berjamaah adalah nomor....

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Mendapatkan permasalahan sepanjang hidupnya.

2) Mendapatkan ketenangan hati dalam menjalani hidup.

3) Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah-Nya.

4) Mendapatkan harta dan jabatan sesuai dengan keinginannya.

Yang merupakan manfaat dari berzikir ditunjukkan nomor....

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 4

 

7. Perhatikan tabel berikut ini!

Bacaan

1 Takbir

2 Tasbih

3 Tahmid

4 Tahlil

Lafal

A La ilāha illallāh

B Alhamdulillāh

C Subhānallāh

D Allāhu Akbar

Yang merupakan pasangan bacaan zikir yang benar adalah....

A. 1-A, 2-B, 3-C, 4-D

B. 1-B, 2-C, 3-D, 4-A

C. 1-C, 2-D, 3-A, 4-B

D. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A

 

8. Dalam setiap situasi dan keadaan, kita dituntut untuk selalu ingat pada Allah Swt. Hal ini berkaitan dengan pengakuan bahwa manusia itu lemah dan sangat tergantung kepada-Nya. Salah satu upaya untuk melengkapi kekurangan tersebut dapat dilakukan dengan cara....

A. Berharap belas kasihan dari orang lain

B. Meminta tolong kepada sesama

C. Berdoa kepada Allah Swt.

D. Membawa tasbih setiap waktu

 

9. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Orang yang berhati keras, yaitu orang yang banyak bicara tapi jarang ingat kepada-Nya.

2) Orang dermawan yaitu orang yang selalu menggunakan hartanya untuk kepentingan umum.

3) Orang pelit atau bakhil yaitu orang yang tidak mau berbagi hartanya.

4) Orang yang tawaḍu' yaitu orang yang rendah hati.

Golongan yang jauh dari Allah Swt. dapat ditunjukkan oleh nomor....

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 4

 

10. Allah Swt memerintahkan hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dan membenarkan Rasulullah saw untuk memperbanyak zikir kepada-Nya, baik siang maupun malam, sendiri maupun berjamaah. Hal ini dinyatakan pada....

A. Q.S. Ali ‘Imrān/3: 102

B. Q.S. Ali ‘Imrān/3: 112

C. Q.S. al-Aḥza̅b/33: 41

D. Q.S. al-Aḥza̅b/33: 31

 

II. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Bagaimana cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.?

2. Salat adalah sarana paling utama dalam hubungan antara manusia dengan-Nya. Salat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam Islam. Salat adalah tiangnya agama. Mengapa salat sebagai tiang agama?

3. Kita selalu mengingat Allah swt. dengan cara melaksanakan salat. Dengan melaksanakan salat kita akan mendapatkan ketenteraman hati dan akan terjaga dari perbuatan keji dan munkar. Berikan alasan, mengapa salat dapat mencegah keji dan munkar?

4. Bagaimana sikap kalian apabila ada salah satu temanmu yang belum melaksanakan salat lima waktu?

5. Bagaimana cara berzikir sesuai dengan ketentuan?

Artikel keren lainnya:

Contoh Rubrik Penilaian Presentasi

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain.

Presentasi

Pada kegiatan pembelajaran, presentasi merupakan salah satu kompetensi pada aspek keterampilan. Agar guru bisa menilai kemampuan presentasi secara objektif, maka perlu dibuat rubrik penilaian yang berisi kriteria dari masing-masing skor.

Berikut contoh rubrik penilaian presentasi:

Rubrik Penilain Presentasi 1

Aspek

Skor (1-4)

Bahasa

 

Kejelasan suara

 

Komunikatif

 

Slide

 

Menjawab pertanyaan

 

Penggunaan Bahasa

1: Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku dan tidak terstruktur

2: Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku dan terstruktur

3: Menggunakan bahasa yang baik, baku tetapi kurang terstruktur

4: Menggunakan bahasa yang baik, baku dan terstruktur

Kejelasan Menyampaikan

1: Artikulasi kurang jelas, suara tidak terdengar, bertele-tele

2: Artikulasi jelas, suara terdengar, namun bertele-tele

3: Artikulasi kurang jelas, suara terdengar, tidak berteletele

4: Artikulasi jelas, suara terdengar, tidak bertele-tele

Komunikatif

1: Membaca catatan sepanjang menjelaskan

2: Pandangan lebih banyak menatap catatan saat menjelaskan dari pada audiens

3: Pandangan lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada catatan,tanpa gestur tubuh

4: Pandangan lebih banyak menatap audiens saat menjelaskan dari pada catatan dan menggunakan gestur yang membuat audiens memperhatikan

Tampilan Slide

1: Tampilan slide presentasi tidak menarik dan tidak jelas

2: Tampilan slide presentasi cukup menarik, namun tidak memuat semua penjelasan yang disampaikan

3: Tampilan slide presentasi cukup menarik, namun terlalu panjang/ terlalu banyak

4: Tampilan slide presentasi menarik, singkat dan jelas (tidak menuliskan narasi dalam presentasi)

Menjawab Pertanyaan

1: Tidak dapat menjawab semua pertanyaan dengan tepat

2: Dapat menjawab sebagian kecil pertanyaan dengan tepat

3: Dapat menjawab sebagian besar pertanyaan dengan tepat

4: Dapat menjawab semua pertanyaan dengan tepat

Penskoran:

Nilai akhir = (skor/20) x 100

 

Rubrik Penilain Presentasi 2

Aspek

4

3

2

1

Sistematika Presentasi

 

 

 

 

Susunan Kalimat Dan Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

Ketepatan Intonasi Dan Kejelasan Artikulasi/ Lafal

 

 

 

 

Penggunaan Media Presentasi

 

 

 

 

Kemampuan Menanggapi Pertanyaan Dan Mempertahankan Argumentasi

 

 

 

 

Waktu

 

 

 

 

 

Sistematika Presentasi:

4: Materi disajikan runtut dan sistematis

3: Materi disajikan runtut dan kurang sistematis

2: Materi disajikan kurang runtut dan tidak sistematis

1: Materi disajikan tidak runtut dan tidak sistematis

Susunan Kalimat Dan Penggunaan Bahasa

4: Kalimat yang digunakan sangat mudah dipahami dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

3: Kalimat yang digunakan kurang mudah dipahami dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

2: Kalimat yang digunakan kurang mudah dipahami dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

1: Kalimat yang digunakan sulit dipahami dan tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Ketepatan Intonasi Dan Kejelasan Artikulasi/ Lafal

4: Intonasi tepat dan artikulasi jelas

3: Intonasi tepat dan artikulasi kurang jelas

2: Intonasi kurang tepat dan artikulasi tidak jelas

1: Intonasi tidak tepat dan artikulasi tidak jelas

Penggunaan Media Presentasi

4: Tampilan media presentasi menarik, singkat dan jelas (tidak menuliskan narasi dalam presentasi)

3: Tampilan media presentasi cukup menarik, namun terlalu panjang/ terlalu banyak

2: Tampilan media presentasi cukup menarik, namun tidak memuat semua penjelasan yang disampaikan

1: Tampilan media presentasi tidak menarik dan tidak jelas

Kemampuan Menanggapi Pertanyaan Dan Mempertahankan Argumentasi

4: Mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan mempertahankan argumentasi dengan baik

3: Mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan mempertahankan argumentasi dengan kurang baik

2: Mampu menjawab pertanyaan dengan kurang tepat dan mempertahankan argumentasi dengan baik

1: Mampu menjawab pertanyaan dengan kurang tepat dan mempertahankan argumentasi dengan kurang baik

Ketepatan Waktu Presentasi

4: Tepat

3: Lebih 10 menit

2: Lebih 20 menit

1: Lebih 30 menit

 

Penilai Skor:

Nilai akhir = (Skor yang diperoleh/24) x 100

=======

Catatan: Silakan sesuaikan baik dengan mengurangi atau menambahkan aspek dan kriteria penilaian.

Artikel keren lainnya:

Soal PAI Bab Nama dan Sifat Allah (Iman kepada Allah)

Salah satu mata pelajaran yang diwajibkan di SMP adalah Agama Islam. Adapun salah satu materi pelajaran Agama Islam yang diberikan di kelas 7 adalah bab "Meneladan Nama Dan Sifat Allah Untuk Kebaikan Hidup". Bab ini membahas tentang makna iman kepada Allah melalui sifat-sifat Allah baik yang wajib, mustahil, maupun yang jaiz. Selain itu, bab ini membahas tentang nama-nama Allah atau asmaul husna.

Ujian

Untuk mengukur pemahaman siswa pada bab tersebut diadakanlah tes baik berupa UH, UTS, dan ujian laiinya. Berikut kumpulan soal Bab Meneladan Nama Dan Sifat Allah Untuk Kebaikan Hidup. Kumpulan soal-soal berikut bisa digunakan sebagai bahan latihan siswa atau untuk referensi membuat soal.

Contoh Soal PAI Bab Iman Kepada Allah SWT

I. Pilih jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D

1. Sifat-sifat Allah Swt dan al-Asmā’ al-Husnā dalam Al-Qur’an dan sunah merupakan kesempurnaan mutlak dari sifat-sifat-Nya dari segala kekurangan. Al-Asmā’ al-Husnā berarti …

A. Sifat-sifat Allah Swt

B. Nama-nama indah bagi Allah Swt

C. Nama-nama rasul yang baik

D. Sifat-sifat Rasulullah saw

 

2. Perhatikan tabel al-Asmā’ al-Husnā berikut:

al-Asmā’ al-Husnā

1 Al-‘Alîm

2 Al-Khabīr

3 Al-Samī’

4 Al-Baṣīr

Arti

A Allah Swt. Maha Mendengar

B Allah Swt. Maha Mengetahui

C Allah Swt. Maha Melihat

D Allah Swt. Maha Memberi Tahu

Dari data tersebut urutan pasangan yang cocok ditunjukkan pada pilihan …

A. 1 - B, 2 - A, 3 - D, 4 - C

B. 1 - B, 2 - D, 3 - A, 4 - C

C. 1 - A, 2 - D, 3 - B, 4 - C

D. 1 - B, 2 - D, 3 - C, 4 - A

 

3. Subhanallah, alam semesta dengan segala isinya sangat indah. Allah Swt. telah menciptakannya dengan rinci. Semuanya sesuai dengan kehendak-Nya, dan bekerja sesuai dengan sunah-Nya. Hal ini membuktikan bahwa Allah Swt …

A. Maha Mendengar

B. Maha Melihat

C. Maha Mengetahui

D. Maha Teliti

 

4. Perhatikan ayat berikut!

اَلَا يعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيْفُ الْخَبِيْرُ

Sesuai dengan firman Allah Swt. tersebut, Allah Swt memiliki sifat ...

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

 

5. Setiap suara di alam semesta terdengar oleh Allah Swt. Pendengaran-Nya tidak terbatas. Tidak ada satu suarapun yang luput dari-Nya. Dalam hal ini, Allah Swt memiliki sifat ....

A. Al-Samī’

B. Al-Baṣīr

C. Al-’Alīm

D. Al-Khabīr

6. Farhan menemukan uang sebesar Rp. 100.000,00 di halaman sekolah. Ia

sangat senang sekali karena pada saat itu ia sangat membutuhkan uang.

Ia ingin mengambil dan menggunakannya. Namun, ia sadar bahwa

uang itu bukan miliknya. Ia tidak ingin menggunakan uang yang bukan

miliknya. Peristiwa ini menggambarkan keyakinan bahwa Allah Swt.

memiliki sifat....

A. Al-Samī’

B. Al-Baṣīr

C. Al-’Alīm

D. Al-Khabīr

 

7. Untuk membuktikan kebenaran Allah Swt. dapat dipergunakan dalil naqli dan dalil aqli. Dalil naqli adalah dalil yang berdasarkan …

A. Pemikiran yang matang

B. Pendapat cendikiawan

C. Al-Qur’an dan hadis

D. Hukum yang berlaku

 

8. Secara diam-diam Bahar menusuk ban sepeda motor milik Umar dengan paku. Memang tidak ada seorangpun yang melihat perbuatan jahat Bahar tersebut, tetapi Allah Swt. melihatnya karena Allah Swt mempunyai sifat …

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

 

9. Di antara sifat Allah Swt. adalah Maha Mendengar segala sesuatu yang ada pada seluruh ciptaan-Nya. Dalam hal ini, Allah Swt. memiliki sifat …

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

 

10. Ilmu manusia dibandingkan dengan ilmu Allah Swt. ibarat setetes tinta di lautan. Hal itu menunjukkan bahwa ilmu manusia kecil dan sedikit. Oleh karena itu, kita tidak boleh sombong dengan ilmu yang dimiliki. Seandainya manusia dapat membuat motor, mobil, kapal terbang, satelit, rudal dan nuklir sekalipun, semua itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ilmu Allah Swt, Terkait hal ini, Allah Swt. mempunyai nama

indah.....

A. Al-Khabīr

B. Al-Baṣīr

C. Al-Samī’

D. Al-’Alīm

 

II. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Perhatikan pernyataan berikut ini.

“Allah memiliki nama-nama yang terbaik, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya. Tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” Pernyataan ini terdapat dalam Al-Qur’an.

Tuliskan dalil naqli yang menjelasan pernyataan tersebut!

2. Mengapa kita harus meneladan sifat al-’Alīm dalam menjalani kehidupan!

3. Mengapa kita harus meneladan sifat al-Khabīr dalam menjalani kehidupan!

4. Tuliskan 3 contoh perilaku meneladan sifat al-Samī’ dalam kehidupan sehari-hari!

5. Tuliskan 3 contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan terhadap meneladan sifat al-Baṣīr!

Artikel keren lainnya: