Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Tutor Sebaya (Peer Teaching): Pengertian, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan

1. Pengertian Peer Teaching

Peer teaching atau tutor sebaya adalah metode pembelajaran dengan cara memberdayakan peserta didik yang berkemampuan lebih tinggi dari peserta didik lain untuk bertugas menjadi tutor yaitu memberikan pelajaran dan latihan kepada teman lain yang belum paham.

Tutor Sebaya

Pemilihan tutor sebaya harus memperhatikan beberapa hal antara lain:

a) Diterima dan disetujui peserta didik yang akan dibimbing

b) Mampu menjelaskan materi yang dibutuhkan peserta didik yang merasa kesulitan

c) Memiliki sikap rendah hati

d) Memiliki daya kreatifitas untuk memberikan bimbingan kepada peserta didik lain

2. Tujuan Peer Teaching

a. Memberikan umpan balik sehingga siswa belajar secara aktif

b. Siswa lebih cenderung berani untuk bertanya / aktif

c. Memotivasi dan meyakinkan siswa

d. Efektif untuk meningkatkan harga diri (selfesteem), pengembangan akademik dan social, meningkatkan keterampilan berpikir kritis

e. Meningkatkan keseluruhan perilaku, sikap, harga diri, komunikasi, ketrampilan interpersonal

3. Manfaat Peer Teaching

a. Otak bekerja secara aktif

b. Hasil belajar yang maksimal

c. Tidak mudah melupakan materi pelajaran

d. Proses pembelajaran yang menyenangkan

e. Otak dapat memproses informasi dengan baik

4. Tahap Pelaksanaan Peer Teaching

a. Pilih materi yang dapat dipelajari siswa secara mandiri dan dibagi sub-sub materi (segmen materi).

b. Bagilah siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang heterogen 

c. Masing-masing kelompok diberi tugas mempelajari satu bab materi

d. Setiap kelompok melalui wakilnya menyampaikan sub materi sesuai dengan tugas yang telah diberikan. Guru bertindak sebagai nara sumber utama.

e. Setelah kelompok menyampaikan tugasnya beri kesimpulan dan klarifikasi seandainya ada pemahaman siswa yang perlu diluruskan.

5. Kelebihan dan Kekurangan Metode Peer Teaching

Kelebihan Peer Teaching

a. Meningkatkan motivasi belajar siswa

b. Meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran

c. Meningkatkan interaktif sosial siswa dalam pembelajaran

d. Mendorong siswa ke arah berpikir tingkat tinggi

e. Mengembangkan keterampilan bekerja dalam kelompok

f. Meningkatan rasa tanggung jawab untuk belajar sendiri

g. Membangun semangat bekerja sama

h. Melatih keterampilan berkomunikasi

i. Meningkatkan hasil belajar

j. Mempererat hubungan antar siswa sehingga mempertebal perasaan sosial dan rasa solidaritas antar siswa.

Kekurangan peer teaching

a. Memerlukan waktu yang relatif lama

b. Jika siswa tidak memiliki dasar pengetahuan yang relevan maka metode ini menjadi tidak efektif

c. Kemungkinan didominasi oleh siswa yang suka berbicara, pintar, atau yang ingin menonjolkan diri

d. Tidak semua guru memahami cara masing-masing siswa bekerja di kelompok

e. Perlu dimodifikasi agar sesuai diterapkan pada siswa Memerlukan perhatian guru yang ekstra ketat

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Tutor Sebaya (Peer Teaching): Pengertian, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan"

  1. Hellooo... Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Silahkan kunjungi laman web kampus kami tercinta walisongo.ac.id</a

    ReplyDelete

Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.