Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Capaian Pembelajaran PPKn Kelas 4 SD Kurikulum 2021

Mata pelajaran PPKn diselenggarakan bertujuan untuk menumbuhkembangkan semua potensi peserta didik menjadi manusia Indonesia yang memiliki jati diri selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan jati diri yang khas ini, diharapkan peserta didik dapat menjadi warga negara cerdas yang memiliki semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan integritas yang tinggi.

Merdeka Mengajar

Sasaran pembelajaran PPKn pada jenjang sekolah dasar adalah mengembangkan potensi peserta didik dalam seluruh dimensi kewarganegaraan, yakni: (1) pengetahuan kewarganegaraan; (2) sikap kewarganegaraan termasuk keteguhan, komitmen dan tanggung jawab kewarganegaraan; (3) keterampilan kewarganegaraan termasuk kecakapan dan partisipasi kewarganegaraan. Ketiga dimensi kewarganegaraan tersebut harus terinternalisasikan dalam setiap elemen pembelajaran pada setiap jenjang. Pada pembelajaran PPKn di kelas IV Sekolah Dasar, setiap elemen pembelajaran secara eksplisit sudah mengandung tiga dimensi kewarganegaraan tersebut, sehingga tujuan mata pelajaran PPKn sebagaimana digariskan oleh Undang-Undang RepubIik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dapat diwujudkan.

Adapun elemen pembelajaran PPKn di kelas IV dan capaian pembelajaran pada setiap elemen adalah sebagai berikut:

1. Pancasila

1. Menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.

2. Mempraktikkan nilai-nilai Pancasila secara individual di kelas sesuai dengan perkembangan peserta didik dan konteks sekolah (beberapa contoh; meminta maaf,

berterima kasih, meminta tolong, cuci tangan, mengantri, merapikan tempat duduk, dan sebagainya.

3. Memahami harapan kelompok terhadap dirinya untuk mencapai tujuan kelompok.

4. Mensimulasikan bagaimana kebutuhan dirinya membutuhkan orang lain untuk memenuhinya.

5. Mengidentifikasi hal yang dianggap berharga dan penting bagi teman, keluarga dan orang lain yang dikenali peserta didik.

 

2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1. Mengidentifikasi dan menuliskan aturan-aturan yang harus diketahui di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar serta mematuhinya.

2. Mengidentifikasi dan menyebutkan hak dan kewajiban peserta didik di sekolah dan di rumah.

3. Menyampaikan pendapat secara runut, sistematis dan logis, dan mendengarkan ketika teman atau guru berbicara.

4. Membandingkan dan mencari titik persamaan antar sesama peserta didik tentang aturan-aturan yang perlu ada di kelas disertai dengan hukuman dan penghargaannya, untuk kemudian disepakati bersama.

 

3. Bhinneka Tunggal Ika

1. Mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya.

2. Memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru.

 

4. Negara Kesatuan Republik Indonesia

1. Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.

2. Memahami arti pentingnya menjaga kebersamaan dan persatuan sesama peserta didik di sekolah.

Artikel keren lainnya:

Soal PAI Bab Ilmuwan pada Masa Daulah Bani Abbasiyyah

Berikut adalah bank soal PAI bab "Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban". Untuk menjawab pertanyaan di bawah, silakan untuk membaca dan memahami materi PAI tentang sejarah para ilmuwan di era daulah Abbasiyyah.

Peta Abbasiyyah

I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.

1. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Banyak pelajar datang ke Baghdad untuk belajar di bayt al-ḥikmah

(2) Banyak perpustakaan didirikan di kota-kota besar di seluruh wilayah Abbasiyah

(3) Banyak bangsawan Abbasiyah yang belajar ke luar negeri untuk mengembangkan bayt al-ḥikmah

(4) Perkembangan ilmu pengetahuan dipengaruhi oleh tradisi literasi yang kuat di wilayah Abbasiyah

Pernyataan yang benar terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

2. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Dinasti Abbasiyah sudah memiliki rumah sakit untuk merawat orang sakit

(2) Rumah sakit Abbasiyah memiliki perpustakaan medis dan tempat kursus kedokteran

(3) Banyak ilmuwan Abbasiyah yang tertarik karya-karya terjemahan pengobatan Yunani

(4) Rumah sakit Abbasiyah baru melayani pasien laki-laki dari para bangsawan Abbasiyah

Pernyataan yang benar terdapat pada nomor ....

B. (1), (2), dan (3)

A. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

3. Perhatikan narasi berikut!

Ia adalah seorang ilmuwan pada masa Dinasti Abbasiyah. Ia dikenal sebagai seorang dokter. Karya bukunya yang berjudul “al-Qānūn fi al-Ṭibb” dijadikan sebagai teori dasar kedokteran yang dipelajari oleh mahasiswa kedokteran di seluruh dunia.

Sosok yang dimaksudkan pada narasi adalah ....

A. Ali al-Tabari

B. Al-Razi

C. Al-Majusi

D. Ibnu Sina

 

4. Perhatikan tabel berikut!

Ilmuwan

1 Al-Farabi

2 Al-Biruni

3 Al-Khawarizmi

4 Al-Battani

Inspirasi

A Penemu teori 1 tahun = 365 hari

B Guru kedua bidang filsafat setelah aristoteles

C Peletak dasar metode ilmiah modern

D Penemu al-Jabar

Pasangan ilmuwan dan inspirasinya yang betul adalah ....

A. 1-B, 2-A, 3-C, 4-D

B. 1-B, 2-C, 3-D, 4A

C. 1-C, 2-A, 3-C. 4-D

D. 1-C, 2-D, 4-A, 3-B

 

5. Perhatikan tabel berikut!

Ilmuwan

1 Al-Razi

2 Ibnu Sina

3 Al-majusi

4 Al-Biruni

Inspirasi

A Al-Qānūn al-Mas’ūdi fi al-Hayah w-al-Nujūm

B Kāmil al-Ṣinā’ah al- Ṭibbīyah

C Al-Qānūn fi al-Ṭibb

D Al- Ḥāwi

Pasangan ilmuwan dan karyanya yang tepat adalah ....

A. 1-C, 2-D, 3-A, 4 B

B. 1-C, 2-D, 3-B, 4-A

C. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A

D. 1-D, 2-C, 3-A, 4-B

 

6. Perhatikan narasi berikut!

Ilmu ini membidangi segi-segi formal peribadatan dan hukum dalam Islam. Ilmu ini mempelajari tentang pemahaman mengenai pelaksanaan hukum Islam, baik dalam hal ibadah maupun muamalah, yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad Saw.

Ilmu yang dimaksud pada narasi tersebut adalah ilmu ....

A. Kalam

B. Hadis

C. Fikih

D. Tafsir

 

7. Perhatikan tabel berikut!

Ilmuwan

1 Imam al-Asy’ary

2 Imam Malik

3 Imam Bukhari

4 Imam Gazali

Bidang Ilmu

A Kalam

B Hadis

C Fikih

D Akhlak

Pasangan ilmuwan dan bidang ilmu yang tepat adalah ....

A. 1-A, 2-B, 3-C, 4-D

B. 1-A, 2-C, 3-B, 4-D

C. 1-D, 2-B, 3-C, 4-A

D. 1-D, 2-C, 3-B, 4-A

 

8. Perhatikan narasi berikut!

Kitab ini merupakan kitab akhlak. Isinya tentang ilmu jiwa. Kitab berfungsi sebagai peletak dasar ilmu jiwa agama. Kitab ini disusun oleh Imam al-Ghazali.

Kitab yang dimaksud pada narasi adalah ....

A. Al-Qānūn fi al-Ṭibb

B. Jamī’ al-Bayān Fi Ta’wīl Al-Quran

C. Al-Aḥkam al-Sultāniyyah

D. Ihya’ ulūm ad-dīn al-Qur’ān

 

9. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Pada awal masa Dinasti Abbasiyah, ilmu tafsir masih menjadi bagian ilmu hadis.

(2) Ilmu tafsir adalah ilmu yang dikembangkan untuk memahami isi kandungan al-Qur’an.

(3) Kitab tafsirnya berjudul Jamī’ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān merupakan kitab tafsir pertama yang cukup lengkap.

(4) Kitab tafsirnya berjudul Jamī’ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān ditulis oleh ahli tafsir Ibnu Kasir

Pernyataan yang benar terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

10. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Bercerita tentang kisah Raja Syahriar dan permaisuri Syahrazad

(2) Bercerita tentang kehidupan Khalifah Harun al-Rasyid

(3) Bersumber dari Persia kuno berjudul Hazār Afsāna

(4) Kitab ini berjudl Alf Laylah wa-Laylah

Hikayat “1001 malam” ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan umum pada masa Abbasiyah? Bagaimanakah kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern?

2. Bagaimanakah perkembangan ilmu pengetahuan agama pada masa Abbasiyah? Bagaimanakah kontribusinya bagi keberagamaan Islam pada saat sekarang?

3. Bagaimanakah kontribusi nilai-nilai kemanusiaan pada masa Bani Abbasiyah terhadap demokrasi di era modern?

4. Seni apa sajakah yang berkembang pada masa Bani Abbasiyah? Bagaimana kontribusinya terhadap kesenian di era modern?

5. Perhatikan ilustrasi berikut!

Sewaktu belajar sains, Budi membaca sebuah buku yang menyatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan modern berawal dari era pencerahan atau renaisance Eropa. Di buku itu dijelaskan bahwa pada era renaisance itu masyarakat Eropa banyak mempelajari berbagai

ilmu pengetahuan dari era Yunani kuno. Dari situlah berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi modern hingga ditemukannya mesin uap yang menjadi tonggak terjadinya revolusi industri.

Bagaimanakah pandangan kalian terhadap buku yang dibaca Budi?

Artikel keren lainnya:

Materi PPKn Kelas 10 SMA/SMK/MA Kurikulum Merdeka

Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib pada kurikulum merdeka. Pembelajaran PPKn (Permendikbud, 2014:264-265) bertujuan untuk: “Mengembangkan daya nalar bagi peserta didik, karena difokuskan untuk pembangunan karakter bangsa yang merupakan proses pengembangan warga Negara yang cerdas dan berdaya nalar tinggi.

PPKn

Daftar PPKn Untuk Kelas 10 tingkat SMA/SMK/MA

BAB 1 tentang Pancasila

A. Menggali Ide Pendiri Bangsa tentang Dasar Negara
B. Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa
C. Peluang dan Tantangan Penerapan Pancasila
D. Proyek Gotong Royong Kewarganegaraan

BAB 2 tentang UUD 45 (Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945)

A. Pengenalan Konstitusi dalam Pengalaman Hidup Sehari-hari
B. Pengenalan Norma dalam Kehidupan Sehari-hari
C. Hubungan Erat Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945
D. Membuat Kesepakatan Bersama
E. Produk dan Hierarki Perundang-undangan
F. Hubungan Antar Perundang-undangan
G. Menganalisis Produk Perundang-undangan

BAB 3 tentang Bhinneka Tunggal Ika

A. Mengidentifikasi Identitas Individu dan Identitas Kelompok
B. Mengenali, Menyadari, dan Menghargai Keragaman Identitas
C. Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia
D. 4 Pertukaran Budaya di Pentas Global
E. Belajar dari Kekayaan Tradisi

BAB 4 tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

A. Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI
B. NKRI dan Kedaulatan Wilayah
C. Sengketa Batas Wilayah Antara Indonesia dan Malaysia

Artikel keren lainnya:

Soal Latihan PAI Bab Toleransi Antar Umat Beragama

Contoh soal pendidikan agama islam (PAI) Bab "Menjadi Generasi Toleran Membangun Harmoni Intern dan Antar Umat Beragama" yang bisa dijadikan bahan latihan dan referensi dalam menyusun soal ujian. Semoga bermanfaat.

Soal PAI

I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.

1. Istilah toleransi dalam bahasa Arab adalah ....

A. Tasamuh

B. Takaful

C. Mudharabah

D. Istiqamah

 

2. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Setiap orang memiliki kebebasan untuk mengikuti atau menolak dakwah

(2) Dakwah dinyatakan berhasil apabila semua orang memeluk agama Islam

(3) Toleransi akan terwujud apabila ada kebebasan dalam memeluk agama

(4) Islam melarang melakukan pemaksaan agama kepada orang lain

Pernyataan yang benar terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

3. Perhatikan ilustrasi berikut!

Di kelas VIII D ada beberapa peserta didik yang memeluk agama selain Islam. Salah seorang diantaranya bernama Kristin. Ia berteman dekat dengan Yuni, Yuli, Siti, dan Rita.

Sikap terhadap Kristin berikut yang benar adalah ....

A. Rita berkata pada Kristin bahwa Islam adalah agama yang mudah agar ia tertarik belajar Islam

B. Yuli mengajak Kristin untuk ikut belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an di kampungnya

C. Siti menjawab permasalahan keagamaan yang ditanyakan oleh Kristin kepadanya

D. Yuni mengajak Kristin mengikuti pelajaran PAI di kelas agar mendapatkan hidayah

 

4. Perhatikan narasi berikut!

Salah satu bentuk toleransi adalah menghormati keyakinan dan simbol agama. Islam melarang mencemooh keyakinan dan simbol agama lain.

Hikmah toleransi tersebut sebagai berikut, kecuali ....

A. Islam terhindar dari cemooh orang beragama lain

B. tercipta rasa aman dalam kehidupan bermasyarakat

C. agama lain bisa sejajar dengan agama Islam

D. hidup bersama dengan damai dan harmonis

 

5. Perhatikan persoalan berikut!

(1) Ibadah

(2) Akidah

(3) Muamalah

(4) Kemanusiaan

(5) Sosial kemasyarakatan

Kerjasama antar umat beragama yang diperbolehkan berhubungan dengan persoalan nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (2), (3), dan (4)

C. (2), (3), dan (5)

D. (3), (4), dan (5)

 

6. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Umat Islam Indonesia menganut mazhab keagamaan yang sama.

(2) Jumlah pemeluk Islam di Indonesia adalah yang terbesar di dunia.

(3) Ekspresi keagamaan umat Islam Indonesia beragam dan berbedabeda.

(4) Organisasi keagamaan umat Islam Indonesia cukup banyak dan variatif.

Pernyataan yang menunjukkan kondisi keberagamaan umat Islam Indonesia adalah ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

7. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Ajaran Islam tentang toleransi sudah dipraktikkan sejak masa Nabi Muhammad Saw.

(2) Di masa lalu, para penguasa muslim selalu menjamin kebebasan beragama bagi semua penduduk

(3) Toleransi merupakan ajaran Islam yang baru ditekankan akhir-akhir ini karena ada potensi perpecahan bangsa

(4) Toleransi merupakan ajaran Islam yang sangat dianjurkan untuk terciptanya harmoni antar dan intern umat beragama

Pernyataan yang tepat terdapat pada nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

8. Perhatikan kisah berikut!

Semenjak tahun ke-5 kenabian, ada sejumlah umat Islam yang menetap di Habasyah dalam waktu yang cukup lama. Mereka tinggal berdampingan dengan umat Nasrani. Meskipun demikian umat Islam dan umat Nasrani dapat hidup berdampingan dalam situasi yang harmonis. Tidak ada catatan sejarah tentang konflik yang terjadi pada waktu itu.

Berikut ini, faktor yang menyebabkan keharmonisan hubungan antar umat beragama pada waktu itu adalah dikarenakan umat Islam ....

A. tinggal di rumah kerabat yang sudah menetap di Habasyah

B. mengembangkan toleransi dalam kehidupan beragama

C. membayar sejumlah uang untuk jaminan keamanan

D. menjalankan ibadah bersama dengan umat Nasrani

 

9. Perhatikan kisah berikut!

Pada suatu hari ada serombongan umat nasrani menemui Rasulullah Saw untuk berdiskusi. Saat itu bertepatan dengan jamaah salat asar. Mengetahui hal tersebut mereka meminta ijin untuk melaksanakan kebaktian di dalam masjid sambil menunggu umat Islam salat asar

berjamaah. Rasulullah Saw pun membolehkan mereka melakukan kebaktian itu.

Kesimpulan yang bisa diperoleh dari kisah tersebut adalah Islam mengajarkan ....

A. ibadah bersama antar umat beragama di dalam masjid

B. persatuan antar umat beragama dengan ibadah bersama

C. penyatuan ibadah antar umat beragama di satu tempat

D. sikap toleran dan menghormati umat beragama lain

 

10. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Islam Indonesia adalah umat yang toleran

(2) Kekalahan politik umat Islam di Indonesia

(3) Menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama

(4) Kebesaran hati para pemimpin umat Islam Indonesia

Pernyataan yang tepat untuk menilai penghapusan kata “dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya” dalam Piagam Jakarta ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (4)

D. (2), (3), dan (4)

 

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Perhatikan ilustrasi berikut!

Arman berteman akrab dengan Ketut. Arman memiliki keinginan agar suatu saat Ketut mendapat hidayah dari Allah sehingga memeluk agama Islam. Demi terwujudnya keinginan itu, Arman sering mengajak Ketut berdiskusi tentang agama Islam. Beberapa kali Arman juga meminjami Ketut buku-buku keislaman. Sesekali Arman juga mengajak Ketut ikut salat bersamanya.

Bagaimanakah penilaian kalian terhadap ajakan Arman tersebut? Apakah ajakan itu termasuk sikap toleran? Jelaskan!

2. Perhatikan ilustrasi berikut!

Budi, Anton, Siti, dan Albert berencana mengerjakan tugas sekolah pada hari Minggu di rumah Albert. Mereka sudah berkumpul sejak jam 10 pagi. Sampai jam 15.00 tugas masih belum selesai dikerjakan. Padahal pada jam 15.30 Albert dan semua anggota keluarga mau melaksanakan kebaktian di gereja. Ayah Albert menawarkan agar mereka ikut kebaktian

dulu. Setelah itu baru melanjutkan mengerjakan tugas.

Sebagai seorang muslim, apa yang seharusnya dilakukan Budi, Anton, Siti?

3. Perhatikan narasi berikut!

Islam mengajarkan toleransi antar umat beragama. Salah satu bentuknya adalah dengan menghargai keberadaan agama selain Islam. Apakah maksud dari narasi tersebut?

4. Perhatikan narasi berikut!

Islam di Indonesia sangat beragam. Umat Islam Indonesia mengekspresikan keberagamaannya dengan cara dan tradisi yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan munculnya potensi perpecahan di internal umat Islam.

Bagaimana cara mengembangkan sikap toleransi sehingga potensi perpecahan tersebut tidak terjadi?

5. Perhatikan narasi berikut!

Semenjak awal Islam sudah mengajarkan tentang sikap toleran antar umat beragama. Banyak contoh yang dipraktikkan sejak zaman Nabi Muhammad Saw.

Sebutkan 3 di antara contoh tersebut!

Artikel keren lainnya: