Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Materi Mapel Pendidikan Pancasila SMP dan MTs Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila mempunyai kedudukan strategis dalam upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas.

Pendidikan Pancasila memiliki 4 (empat) elemen kunci beserta cakupan/substansinya, sebagai berikut:

  1. Pancasila

  2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  3. Bhinneka Tunggal Ika

  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia


Materi Mapel Pendidikan SMP dan MTs Kelas 7 Kurikulum Merdeka

BAB 1 - Sejarah Kelahiran Pancasila

1 A. Kelahiran Pancasila dalam Sidang BPUPK

B. Perumusan Pancasila oleh Panitia Sembilan

C. Proklamasi dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara


BAB 2 - Penerapan Nilai-Nilai Pancasila

A. Makna Sila-Sila Pancasila

B. Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat

C. Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


BAB 3 - Patuh Terhadap Norma

A. Manusia sebagai Makhluk Tuhan Yang Maha Esa, Makhluk Individu, dan Makhluk Sosial

B. Pengertian Norma

C. Macam-Macam Norma

D. Mari Bertindak Sesuai Norma


BAB 4 - Keberagaman Bangsa Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika 

A. Makna Persatuan dalam Keberagaman

B. Persatuan dalam Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Kehidupan Bermasyarakat

C. Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Sosial dan Keberagaman

D. Tantangan dan Sikap terhadap Pengaruh Perubahan Budaya Tingkat Lokal, Nasional, dan Global

E. Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika


BAB 5 - Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

A. Makna Negara dan Unsur-Unsur Negara

B. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

C. Indonesia sebagai Negara Kesatuan

D. Upaya Menjaga Keutuhan Wilayah

Artikel keren lainnya:

Jika Guru Lebih Pintar, Mengapa Bukan Guru Yang Paling Sukses? (Membeli Keringat Guru)

Dalam sebuah diskusi, seorang murid bertanya kepada gurunya,

Murid : "Jika memang benar para guru adalah orang-orang yang pintar, mengapa bukan para guru yang menjadi pemimpin dunia, pengusaha sukses, dan orang-orang kaya raya itu?

Gurunya tersenyum, tanpa mengeluarkan sepatah kata pun, ia masuk ke ruangan nya, dan keluar kembali dengan membawa sebuah timbangan.
Sukses
Ia meletakkan timbangan tersebut diatas meja, dan berkata : " Anakku, ini adalah sebuah timbangan, yang biasa digunakan untuk mengukur berat emas dengan kapasitas hingga 5000 gram".
"Berapa harga emas seberat itu? "
Murid mengernyitkan keningnya, menghitung dengan kalkulator dan kemudian ia mejawab,

"Jika harga satu gram emas adalah 800 ribu rupiah, maka 5000 gram akan setara dengan 4 milyard rupiah,"

Guru : "Baik lah anakku, sekarang coba bayangkan seandainya ada seseorang yang datang kepadamu membawa timbangan ini dan ingin menjualnya seharga emas 5000 gram, adakah yang bersedia membelinya?"
Murid berkata : "Timbangan emas tidak lebih berharga dari emasnya, saya bisa mendapatkan timbangan tersebut dengan harga dibawah dua juta rupiah, mengapa harus membayar sampai 4 milyar?"

Guru menjawab : "Nah, anakku, kini kau sudah mendapatkan pelajaran, bahwa kalian para murid, adalah seperti emas, dan kami adalah timbangan akan bobot prestasimu, kalianlah yang seharusnya menjadi perhiasan dunia ini, dan biarkan kami tetap menjadi timbangan yang akurat dan presisi untuk mengukur kadar kemajuanmu. "

Guru berkata lagi, "Satu lagi pertanyaanku. Jika ada seseorang datang kepadamu membawa sebongkah berlian ditangan kanannya dan seember keringat di tangan kirinya, kemudian ia berkata : "Ditangan kiriku ada keringat yang telah aku keluarkan untuk menemukan sebongkah berlian yang ada ditangan kananku ini, tanpa keringat ini tidak akan ada berlian, maka belilah keringat ini dengan harga yang sama dengan harga berlian"
"Apakah ada yang mau membeli keringatnya? "
"Tentu tidak." Ujar murid.

"Orang hanya akan membeli berliannya dan mengabaikan keringatnya. Biarlah kami, para guru, menjadi keringat itu, dan kalianlah yang menjadi berliannya."

Sang murid menangis, ia memeluk gurunya dan berkata : "Wahai guru, betapa mulia hati kalian, dan betapa ikhlasnya kalian, terima kasih guru. Kami tidak akan bisa melupakan kalian, karena dalam setiap kemajuan kami, setiap kilau berlian kami, ada tetes keringatmu..."

Guru berkata : "Biarlah keringat itu menguap, mengangkasa menuju alam hakiki disisi ilahi rabbi, karena hakikat akhirat lebih mulia dari segala pernak-pernik di dunia ini."

Untuk semua guru, Terima kasih atas segenap perjuanganmu semoga Tuhan melindungmu dan memberimu rejeki. 🙏🙏🙏

Artikel keren lainnya:

Cara Membuat Related Post Sederhana di Blogspot

Tema bawaan dari blogspot tidak mencantumkan related post atau artikel terkait. Agar bisa menampilkan list artikel terkait di blogspot, tentunya kiat harus menambahkan beberapa kode agar muncul artikel terkait. Fungsi dari related post agar pengunjung semakin betah serta bisa mengeksplorasi isi blog dengan mudah.

Related Post

Cara Membuat Artikel Terkait Tanpa Tumbnail di Bawah Postingan Blog

1. Masuk ke Blogger klik Tema > Edit HTML

2. Simpan kode CSS Related Post berikut ini tepat di atas kode </head>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style type='text/css'>
#related-posts {margin: 15px 0px;}
#related-posts h2 {font-size:16px;font-weight: bold;color: #666;margin-bottom: 0.75em;}
#related-posts a {font-size: 14px;color: #333;border-bottom:1px dotted #E2E2E2;display:block;padding:5px 0;text-decoration: none;}
#related-posts a:hover {color: #48d;}
#related-posts ul {padding: 0px;list-style-type: none;}
#related-posts li {padding: 0;}
</style>
<script type='text/javascript'>
var relatedpoststitle=&quot;Related Posts&quot;;
</script>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
var relatedTitles=new Array();var relatedTitlesNum=0;var relatedUrls=new Array();function related_results_labels(json){for(var i=0;i<json.feed.entry.length;i++){var entry=json.feed.entry[i];relatedTitles[relatedTitlesNum]=entry.title.$t;for(var k=0;k<entry.link.length;k++){if(entry.link[k].rel=='alternate'){relatedUrls[relatedTitlesNum]=entry.link[k].href;relatedTitlesNum++;break}}}}function removeRelatedDuplicates(){var tmp=new Array(0);var tmp2=new Array(0);for(var i=0;i<relatedUrls.length;i++){if(!contains(tmp,relatedUrls[i])){tmp.length+=1;tmp[tmp.length-1]=relatedUrls[i];tmp2.length+=1;tmp2[tmp2.length-1]=relatedTitles[i]}}relatedTitles=tmp2;relatedUrls=tmp}function contains(a,e){for(var j=0;j<a.length;j++){if(a[j]==e){return true}};return false}function printRelatedLabels(currenturl){for(var i=0;i<relatedUrls.length;i++){if(relatedUrls[i]==currenturl){relatedUrls.splice(i,1);relatedTitles.splice(i,1)}}var r=Math.floor((relatedTitles.length-1)*Math.random());var i=0;if(relatedTitles.length>1){document.write('<h2>'+relatedpoststitle+'</h2>')}document.write('<ul>');while(i<relatedTitles.length&&i<20&&i<maxresults){document.write('<li><a href="'+relatedUrls[r]+'">'+relatedTitles[r]+'</a></li>');if(r<relatedTitles.length-1){r++}else{r=0}i++}document.write('</ul>');relatedUrls.splice(0,relatedUrls.length);relatedTitles.splice(0,relatedTitles.length);}
//]]>
</script>
</b:if>

3. Salin dan copy kode HTML/Javascript Related Post berikut ini di bawah kode <data:post.body/> atau di bawah <div class=’post-footer’>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><div id='related-posts'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'> <b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> </b:if> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=6&quot;' type='text/javascript'/></b:if></b:loop>
<script type='text/javascript'> var maxresults=5; removeRelatedDuplicates(); printRelatedLabels(&quot;<data:post.url/>&quot;); </script></div></b:if>

4. Save! Simpan template.

5. Buka blog atau refresh bila sudah membukanya.

Catatan:

  • Bila ingin menambah atau mengurangi jumlah postingan yang dimunculkan di Related Post, silakan ganti angka "5".
  • Semua postingan harus diberi label atau kategori agar bisa muncul per kategori.
  • Setiap langkah harus dilakukan dengan benar agar berhasil.

Artikel keren lainnya:

Bank Soal Pendidikan Pancasila SMP Bab Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Salah satu materi yang dibahas pada Pelajaran Pancasila kurikulum merdeka untuk SMP kelas 8 adalah tentang kedudukan dan fungsi pancasila. Setelah peserta didik mempelajari bab tersebut biasanya diadakan assesmen untuk mengetahui ketercapaian dari pembelajaran. Berikut ada beberapa soal PG dan esay tentang kedudukan dan fungsi pancasila.

PPKn

Bab 1 | Pancasila dalam Kehidupan Bangsaku

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C atau D!

1. Pada 1 Juni 1945, saat sidang BPUPK, Sukarno berpidato menyampaikan pemikirannya tentang lima dasar negara Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila. Panca berarti lima dan sila berarti asas atau dasar.

Pernyataan yang sesuai dengan kalimat tersebut adalah bahwa Pancasila menjadi ….

A. pandangan hidup bangsa

B. ideologi negara

C. kepribadian bangsa

D. dasar negara

 

2. Pancasila merupakan fundamen, ilsafat, jiwa, pikiran, dan hasrat sedalam-dalamnya yang di atasnya didirikan negara Indonesia merdeka. Oleh karena itu, Pancasila disebut sebagai ….

A. ideologi negara

B. dasar negara

C. pandangan hidup bangsa

D. kepribadian bangsa

 

3. Pancasila menjadi landasan dalam penyelenggaraan negara, mulai dari penyelenggaraan pada lingkup pemerintah pusat hingga pemerintah daerah yang terkecil. Hal tersebut bermakna bahwa Pancasila memiliki kedudukan sebagai ….

A. dasar negara

B. pandangan hidup bangsa

C. ideologi negara

D. kepribadian bangsa

4. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Memperlakukan teman sesuai dengan harkat dan martabat manusia

(2) Tidak mengejek, mengintimidasi, dan mengucilkan teman dalam pergaulan sehari-hari

(3) Bergotong royong membersihkan selokan desa

(4) Menghormati hak berpendapat teman

Dari pernyataan tersebut, perilaku yang mencerminkan pengamalan sila kedua Pancasila ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

5. Pancasila merupakan kristalisasi dari pengalaman hidup dalam sejarah panjang bangsa Indonesia yang telah membentuk karakter, perilaku, etika, tata nilai, dan norma. Pernyataan tersebut membuktikan bahwa Pancasila berkedudukan sebagai ….

A. dasar negara

B. pandangan hidup bangsa

C. ideologi negara

D. kepribadian bangsa

 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Memilih hidup sederhana meski memiliki kemampuan secara materi

(2) Mematuhi peraturan lalu lintas

(3) Hidup rukun dalam kebersamaan dan solidaritas sosial

(4) Membayar pajak tepat waktu

Berikut ini yang bukan merupakan contoh pengamalan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

7. Ketika ada kematian seorang warga, warga lainnya berkumpul di rumah warga yang berduka untuk menyampaikan bela sungkawa dan memberikan dukungan emosional kepada anggota keluarga yang ditinggalkan. Fakta sosial tersebut merupakan contoh pengamalan Pancasila sebagai ….

A. kepribadian bangsa

B. ideologi negara

C. pandangan hidup bangsa

D. dasar negara

 

8. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Pancasila merupakan lima nilai ilosois dan mendasar yang digunakan untuk memandang dan memaknai dunia dan kehidupan.

(2) Pancasila menjadi panduan yang menunjukkan arah dan orientasi dalam kehidupan bernegara.

(3) Pancasila menjadi dasar penyelenggaraan bernegara.

(4) Pancasila merupakan nilai-nilai dasar dan luhur bangsa Indonesia yang menjadi acuan dalam kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari.

Dari pernyataan tersebut, yang merupakan penjelasan dari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 2 dan 4

D. 1 dan 4

 

9. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Menjadikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai cara pandang untuk memandang dunia

(2) Menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai arah dan orientasi dalam berbangsa dan bernegara

(3) Menyusun perundang-undangan yang mengacu pada nilai-nilai Pancasila

(4) Menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam mencapai tujuan bernegara

Dari pernyataan tersebut, yang mencerminkan Pancasila sebagai ideologi negara ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

10. Pancasila merupakan panduan yang mengarah pada tercapainya tujuan bernegara, yaitu menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Hal tersebut bermakna bahwa Pancasila merupakan ….

A. kepribadian bangsa

B. dasar negara

C. pandangan hidup bangsa

D. ideologi negara

 

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Di sebuah sekolah terdapat seorang peserta didik yang pintar bernama C. Ia tidak mau mengikuti setiap kegiatan keagamaan yang dilaksanakan sekolah. Ia merasa hanya membuang waktu. Menurutnya, yang terpenting dari peserta didik adalah kecerdasan intelektual. Tidak perlu kecerdasan spiritual. Selain itu, menurutnya, kecerdasan intelektual menjadi faktor penting kesuksesannya pada masa mendatang.

Bagaimana pandangan kalian terhadap sikap C? Jelaskan sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan permasalahan tersebut!

2. Seorang peserta didik bernama A, sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk A. Semua pengurus kelas setuju. Sepulang sekolah, mereka menuju rumah A untuk menjenguk. Mereka membawa jeruk dua kilogram sebagai oleh-oleh. Sesampainya di rumah A, semua masuk ke ruang tamu rumah A. Hanya peserta didik D yang tidak masuk. Ia memilih menunggu di teras. Rupanya, D merasa minder untuk masuk rumah A yang megah. Peserta didik A pernah meledek D sebagai anak miskin.

Jika kamu adalah ketua kelasnya, bagaimana cara kamu mengajak D agar mau masuk ke ruang tamu rumah A? Jelaskan nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut!

3. Peserta didik bernama R, sedang menyapu halaman sekolah. Lalu, secara tidak sengaja, peserta didik T berlari menabrak R yang sedang menyerok sampah. Akibatnya, R terjatuh dan sampahnya berserakan. Menyadari kesalahannya, T segera meminta maaf. Namun, R tidak mau memaafkan T begitu saja. Peserta didik R mencaci T untuk melampiaskan kekesalannya. Peserta didik R menilai T berlari dengan ceroboh.

Jika kamu diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mendamaikan R dengan T?

Jelaskan pula sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!

4. OSIS mengadakan kegiatan class meeting selepas penilaian akhir semester (PAS). Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada hari pelaksanaan, penanggung jawab empat cabang olahraga telah siap. Namun, ada satu penanggung jawab cabang olahraga yang tidak hadir. Akibatnya, cabang olahraga tersebut tertunda pelaksanaannya. Ketua OSIS menyalahkan ketua panitia karena dinilai tidak mengawal timnya dengan baik.

Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mencari solusi terbaik? Jelaskan sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!

5. Pada sebuah rapat RT, seorang warga bernama Y memaksakan kehendaknya agar disetujui oleh semua anggota rapat. Ketua RT sudah menjelaskan agar Y menghormati pendapat warga lainnya. Namun, Y tetap ngotot karena merasa dia adalah warga senior di tempat tinggalnya dan orang berada secara materi. Sementara itu, warga lain juga tetap tidak mau mengikuti pendapat Y tersebut. Akhirnya, terjadi perselisihan antar peserta rapat RT. Kepentingan bersama menjadi korban karena egoisme pribadi seorang warga.

Seandainya kalian adalah ketua RT-nya, bagaimana cara kalian menyelesaikan persoalan tersebut? Jelaskan sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan permasalahan tersebut!

 

Artikel keren lainnya: