Home · Parenting · Konseling · Blogging · Tips · Daftar Isi

Bank Soal Pendidikan Pancasila SMP Bab Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Salah satu materi yang dibahas pada Pelajaran Pancasila kurikulum merdeka untuk SMP kelas 8 adalah tentang kedudukan dan fungsi pancasila. Setelah peserta didik mempelajari bab tersebut biasanya diadakan assesmen untuk mengetahui ketercapaian dari pembelajaran. Berikut ada beberapa soal PG dan esay tentang kedudukan dan fungsi pancasila.

PPKn

Bab 1 | Pancasila dalam Kehidupan Bangsaku

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C atau D!

1. Pada 1 Juni 1945, saat sidang BPUPK, Sukarno berpidato menyampaikan pemikirannya tentang lima dasar negara Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila. Panca berarti lima dan sila berarti asas atau dasar.

Pernyataan yang sesuai dengan kalimat tersebut adalah bahwa Pancasila menjadi ….

A. pandangan hidup bangsa

B. ideologi negara

C. kepribadian bangsa

D. dasar negara

 

2. Pancasila merupakan fundamen, ilsafat, jiwa, pikiran, dan hasrat sedalam-dalamnya yang di atasnya didirikan negara Indonesia merdeka. Oleh karena itu, Pancasila disebut sebagai ….

A. ideologi negara

B. dasar negara

C. pandangan hidup bangsa

D. kepribadian bangsa

 

3. Pancasila menjadi landasan dalam penyelenggaraan negara, mulai dari penyelenggaraan pada lingkup pemerintah pusat hingga pemerintah daerah yang terkecil. Hal tersebut bermakna bahwa Pancasila memiliki kedudukan sebagai ….

A. dasar negara

B. pandangan hidup bangsa

C. ideologi negara

D. kepribadian bangsa

4. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Memperlakukan teman sesuai dengan harkat dan martabat manusia

(2) Tidak mengejek, mengintimidasi, dan mengucilkan teman dalam pergaulan sehari-hari

(3) Bergotong royong membersihkan selokan desa

(4) Menghormati hak berpendapat teman

Dari pernyataan tersebut, perilaku yang mencerminkan pengamalan sila kedua Pancasila ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

5. Pancasila merupakan kristalisasi dari pengalaman hidup dalam sejarah panjang bangsa Indonesia yang telah membentuk karakter, perilaku, etika, tata nilai, dan norma. Pernyataan tersebut membuktikan bahwa Pancasila berkedudukan sebagai ….

A. dasar negara

B. pandangan hidup bangsa

C. ideologi negara

D. kepribadian bangsa

 

6. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Memilih hidup sederhana meski memiliki kemampuan secara materi

(2) Mematuhi peraturan lalu lintas

(3) Hidup rukun dalam kebersamaan dan solidaritas sosial

(4) Membayar pajak tepat waktu

Berikut ini yang bukan merupakan contoh pengamalan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

7. Ketika ada kematian seorang warga, warga lainnya berkumpul di rumah warga yang berduka untuk menyampaikan bela sungkawa dan memberikan dukungan emosional kepada anggota keluarga yang ditinggalkan. Fakta sosial tersebut merupakan contoh pengamalan Pancasila sebagai ….

A. kepribadian bangsa

B. ideologi negara

C. pandangan hidup bangsa

D. dasar negara

 

8. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Pancasila merupakan lima nilai ilosois dan mendasar yang digunakan untuk memandang dan memaknai dunia dan kehidupan.

(2) Pancasila menjadi panduan yang menunjukkan arah dan orientasi dalam kehidupan bernegara.

(3) Pancasila menjadi dasar penyelenggaraan bernegara.

(4) Pancasila merupakan nilai-nilai dasar dan luhur bangsa Indonesia yang menjadi acuan dalam kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari.

Dari pernyataan tersebut, yang merupakan penjelasan dari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 2 dan 4

D. 1 dan 4

 

9. Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Menjadikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai cara pandang untuk memandang dunia

(2) Menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai arah dan orientasi dalam berbangsa dan bernegara

(3) Menyusun perundang-undangan yang mengacu pada nilai-nilai Pancasila

(4) Menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam mencapai tujuan bernegara

Dari pernyataan tersebut, yang mencerminkan Pancasila sebagai ideologi negara ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 2 dan 3

D. 2 dan 4

 

10. Pancasila merupakan panduan yang mengarah pada tercapainya tujuan bernegara, yaitu menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Hal tersebut bermakna bahwa Pancasila merupakan ….

A. kepribadian bangsa

B. dasar negara

C. pandangan hidup bangsa

D. ideologi negara

 

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Di sebuah sekolah terdapat seorang peserta didik yang pintar bernama C. Ia tidak mau mengikuti setiap kegiatan keagamaan yang dilaksanakan sekolah. Ia merasa hanya membuang waktu. Menurutnya, yang terpenting dari peserta didik adalah kecerdasan intelektual. Tidak perlu kecerdasan spiritual. Selain itu, menurutnya, kecerdasan intelektual menjadi faktor penting kesuksesannya pada masa mendatang.

Bagaimana pandangan kalian terhadap sikap C? Jelaskan sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan permasalahan tersebut!

2. Seorang peserta didik bernama A, sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk A. Semua pengurus kelas setuju. Sepulang sekolah, mereka menuju rumah A untuk menjenguk. Mereka membawa jeruk dua kilogram sebagai oleh-oleh. Sesampainya di rumah A, semua masuk ke ruang tamu rumah A. Hanya peserta didik D yang tidak masuk. Ia memilih menunggu di teras. Rupanya, D merasa minder untuk masuk rumah A yang megah. Peserta didik A pernah meledek D sebagai anak miskin.

Jika kamu adalah ketua kelasnya, bagaimana cara kamu mengajak D agar mau masuk ke ruang tamu rumah A? Jelaskan nilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut!

3. Peserta didik bernama R, sedang menyapu halaman sekolah. Lalu, secara tidak sengaja, peserta didik T berlari menabrak R yang sedang menyerok sampah. Akibatnya, R terjatuh dan sampahnya berserakan. Menyadari kesalahannya, T segera meminta maaf. Namun, R tidak mau memaafkan T begitu saja. Peserta didik R mencaci T untuk melampiaskan kekesalannya. Peserta didik R menilai T berlari dengan ceroboh.

Jika kamu diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mendamaikan R dengan T?

Jelaskan pula sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!

4. OSIS mengadakan kegiatan class meeting selepas penilaian akhir semester (PAS). Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada hari pelaksanaan, penanggung jawab empat cabang olahraga telah siap. Namun, ada satu penanggung jawab cabang olahraga yang tidak hadir. Akibatnya, cabang olahraga tersebut tertunda pelaksanaannya. Ketua OSIS menyalahkan ketua panitia karena dinilai tidak mengawal timnya dengan baik.

Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mencari solusi terbaik? Jelaskan sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu!

5. Pada sebuah rapat RT, seorang warga bernama Y memaksakan kehendaknya agar disetujui oleh semua anggota rapat. Ketua RT sudah menjelaskan agar Y menghormati pendapat warga lainnya. Namun, Y tetap ngotot karena merasa dia adalah warga senior di tempat tinggalnya dan orang berada secara materi. Sementara itu, warga lain juga tetap tidak mau mengikuti pendapat Y tersebut. Akhirnya, terjadi perselisihan antar peserta rapat RT. Kepentingan bersama menjadi korban karena egoisme pribadi seorang warga.

Seandainya kalian adalah ketua RT-nya, bagaimana cara kalian menyelesaikan persoalan tersebut? Jelaskan sila keberapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan permasalahan tersebut!

 

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Bank Soal Pendidikan Pancasila SMP Bab Kedudukan dan Fungsi Pancasila"

Post a Comment

Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.