Bab V |
Mengapresiasi Peradaban Daulah Utsmani
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di kelas 9 SMP dan MTs pada kurikulum merdeka. Salah satu materi yang dibahas adalah sejarah Kekhalifahan Turki Utsmani. Berikut kumpulan soal latihan PAI SMP bab "Mengapresiasi Peradaban Daulah Utsmani".
|
Kekaisaran Turki Utsmani |
I. Pilihlah jawaban yang paling benar!
1.
Sultan Sulaiman I mendapat gelar “Al-Qonuni” atau “The Magnificent”, yang
berarti ….
A. Sang
pemberi pengampun
B. Sang
pembuat undang-undang
C. Yang
sangat bijaksana
D. Yang
diberkahi Allah Swt.
2. Gelar
Al-Qonuni diberikan kepada Sultan Sulaiman I, karena ….
A.
Berupaya mendirikan kantor pengadilan diseluruh wilayah Turki
B.
Berjasa dalam meletakkan dasar hukum bagi Daulah Usmaniyah
C.
Mengangkat para khalifah yang benar-benar jujur dan adil
D.
Memberikan ampunan bagi para rakyat kecil yang lemah.
3.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1)
Kemerosotan akhlak sebagian pemimpin Daulah Usmaniyah
2)
Pemimpin yang kurang amanah
3)
Melemahnya kekuatan militer
4)
Terjadi persahabatan dengan bangsa-bangsa Eropa
5)
Masyarakat Daulah Usmaniyah banyak yang enggan bertani
6)
Terjadi krisis pangan pada masa Daulah Usmaniyah
7)
Terjadinya perpecahan di dalam wilayah-wilayah
8)
beberapa wilayah memisahkan diri dengan Usmaniyah
9)
Terdapat perebutan pengaruh dengan beberapa negara Eropa
Pernyataan
tersebut, yang bukan merupakan penyebab runtuhnya Daulah Usmaniyah terdapat
pada nomor ….
A. 1,
2,3
B. 2,
3,4
C. 4, 5,
6
D. 7, 8,
9
4.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1)
Melatih para tentara secara maksimal, dan mengirimnya pada misi penaklukan
Konstantinopel.
2)
Merangkul daerah-daerah yang sebelumnya sempat terlepas dari kekuasaan Daulah
Usmaniyah.
3)
Membuat kesepakatan dengan negara tetangga, seperti Venesia, Magyar, dan
Bosnia.
4)
Mengutus mata-mata untuk menyelidiki kekuatan dan kelemahan benteng musuh.
5)
Memberikan kontribusi terhadap persiapan kejayaan Daulah Usmaniyah pada masa
kepemimpinan putranya.
Pernyataan
tersebut, yang merupakan usaha Muhammad Al-Fatih dalam menaklukkan
Konstantinopel. ditunjukan oleh nomor ….
A. 1
dan2
B. 2
dan3
C. 3 dan
4
D. 4 dan
5
5. Salah
satu bukti bahwa para Khalifah Daulah Usmaniyah memiliki sikap toleransi beragama,
kecuali ….
A.
Menetapkan Islam sebagai agama resmi, tetapi diberi kebebasan memeluk agama lainnya
B.
Memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam memeluk agama masing-masing
C.
Khalifah tidak memperdulikan urusan agama yang dianut oleh rakyatnya.
D.
Khalifah memfasilitasi berkembangnya agama apa pun yang ada di wilayah
kedaulatannya.
6.
Sebuah bangunan peninggalan Sultan Ahmet I yang masih bisa dinikmati keindahannya
hingga pada zaman sekarang ….
A.
Mosque Al-Manar
B. Blue
Mosque
C. Masjidil
Aqsho
D.
Istana Al-Hamra
7.
Perhatikan wacana berikut!
“Usaha
penaklukkan kota Konstantinopel oleh Al-Fatih memakan waktu 9 bulan, dan tepat
pada 29 Mei 1453 M., kota Konstantinopel berhasil ditaklukkan. Setelah memasuki
Konstantinopel, Al-Fatih memasuki sebuah gereja Hagia Sofia/Aya Sofia (saat itu
dijadikan sebagai tempat perlindungan para rahib, pendeta serta masyarakat) dan
Al-Fatih yang
baik
hati, memberikan perlindungan kepada mereka.
Dari
wacana tersebut, dua nilai positif yang bisa kita teladani adalah ….
A.
Gotong royong dan pengorbanan
B.
Keteguhan dan keramahan
C.
Kegigihan dan toleransi
D. Istiqomah
dan kesabaran
8. Dalam
upaya memecah belah Daulah Usmaniyah, Timur Lenk menggunakan segala daya dan
upaya, salah satunya adalah dengan politik adu domba di kalangan internal
Daulah Usmaniyah. Perilaku tercela yang telah dilakukan Timur Lenk dalam
istilah ilmu akhlak dinamakan ….
A. Hasad
B.
Namimah
C.
Ghadhab
D. Riya’
9.
Perhatikan pernyataan berikut!
Sejak
mendeklarasikan diri sebagai sebuah republik pada tahun 1923 M., Turki berubah
menjadi negara yang berpaham sekuler. Paham sekuler tersebut tidak cocok
diterapkan di negara Indonesia. Alasan yang paling tepat dari pernyataan
tersebut adalah ….
A.
Indonesia adalah negara yang memiliki multi pulau, bahasa, dan suku.
B.
Indonesia telah mewajibkan semua rakyatnya agar memiliki keyakinan dan
senantiasa bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
C.
Negara Turki Usmani sangat berbeda karakter dan adat istiadatnya dengan negara
Indonesia
D.
Indonesia tidak akan berkembang jika menjadi negara sekuler
10.
Daulah Turki Usmani dihapuskan dan diganti menjadi negara republik sekuler
Turki, oleh ….
A.
Muhammad Taufik Pasha
B.
Mustafa Kemal Pasha
C.
Sultan Sulaiman I
D.
Muhammad Al-Fatih
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah
ini!
1.
Jelaskan secara singkat sejarah berdirinya Daulah Usmaniyah!
2. Di
antara Khalifah Daulah Usmaniyah, siapakah yang memiliki sifat amanah mengemban
tugas sebagai pemimpin? Jelaskan alasannya!
3.
Deskripsikan nilai-nilai positif yang bisa kita teladani setelah mempelajari sejarah
Khalifah Usmani! Dan jelaskan alasannya!
4.
Jelaskan kontribusi Daulah Usmaniyah dalam sejarah perkembangan Islam di dunia!
5.
Jelaskan, keteladanan apa sajakah yang kalian peroleh dari kehidupan Khalifah
Sulaiman Al-Qonuni!
Belum ada tanggapan untuk "Bank Soal PAI SMP Bab Sejarah Daulah Utsmani (Turki Utsmani)"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.