Tema 02. Perkembangan Ekonomi Digital
A. Uang dan Lembaga Keuangan
1. Bagaimana Asal Mula Terciptanya Uang?
2. Apa Saja Jenis-Jenis dan Fungsi Uang?
3. Bagaimana Bentuk Lembaga Keuangan di Masyarakat?
B. Interaksi Masyarakat Abad ke-21
1. Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Jaringan atau Network Society?
2. Bagaimana Menerapkan Prinsip Interaksi yang Tepat di Dunia Digital?
C. Perkembangan Transaksi Ekonomi di Era Digital
1. Bagaimana Dampak Kemajuan Teknologi Terhadap Aktivitas Perdagangan?
2. Bagaimana Bentuk Sistem dan Alat Pembayaran Modern Saat Ini?
D. Literasi Finansial
1. Apa itu Literasi Finansial?
2. Mengapa Literasi Finansial itu Penting?
3. Apa Saja Cakupan Kemampuan dari Literasi Finansial?
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara mandiri untuk mengukur pemahamanmu terhadap topik pembahasan yang telah kita pelajari di tema ini.
A. Pilihan Ganda
Bacalah wacana berikut dengan seksama!
Literasi Keuangan Digital Rendah, Jokowi Minta Fintech Perluas Peran
Presiden Joko Widodo menyoroti masih rendahnya akses keuangan digital di Indonesia saat ini. Oleh karena itu, Presiden mengatakan pengembangan teknologi finansial sebagai pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Jokowi mengatakan literasi keuangan digital masyarakat RI baru mencapai 35,5%. Selain itu, jumlah masyarakat yang pernah menggunakan layanan digital masih sedikit, hanya 31,26%. “Masih banyak masyarakat yang pakai layanan keuangan informal,” kata Jokowi dalam pembukaan Indonesia Fintech Summit 2020, Rabu (11/11).
Di sisi lain, indeks inklusi keuangan (pengguna layanan keuangan) Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara ASEAN lainnya. Pada 2019, indeks inklusi keuangan di Indonesia mencapai 76%, lebih rendah dibandingkan Singapura sebesar 86%, Malaysia 85%, dan Thailand 82%. Oleh sebab itu Presiden berharap, perusahaan teknologi finansial (tekfin) tidak hanya berfungsi sebagai penyalur pinjaman dan pembayaran online, namun juga sebagai penggerak utama literasi keuangan digital masyarakat. Tak hanya itu, mereka juga dapat menjadi pendamping perencana keuangan masyarakat serta memperluas peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam akses pemasaran e-commerce.
Namun, ia menyoroti masih ada sejumlah risiko dalam sektor keuangan digital. Beberapa di antaranya seperti misinformasi, kesalahan pada transaksi, serta penyalahgunaan data pribadi. Terlebih lagi, regulasi keuangan non bank tidak ketat seperti regulasi perbankan. Oleh karena itu, Jokowi meminta pelaku tekfin memperkuat tata kelola yang baik dan akuntabel serta mitigasi berbagai risiko. Dengan cara tersebut, industri tekfin dapat memberikan layanan yang aman bagi masyarakat. “Serta memberikan kontribusi besar bagi pengembangan UMKM dan perekonomian nasional,” kata Jokowi.
Penulis: Rizky Alika | Editor: Ameidyo Daud Nasution | katadata.co.id (11 November 2020).
Sumber: https://katadata.co.id/ameidyonasution/berita/5fac4a1893be8/literasikeuangan-digital-rendah-jokowi-minta-fintech-perluas-peran)
1. Menurut wacana tersebut, rendahnya akses keuangan digital di Indonesia bisa ditingkatkan dengan cara ....
a. Mengembangkan teknologi finansial.
b. Mendorong literasi finansial.
c. Mencermati indeks inklusi keuangan.
d. Memperkuat tata kelola UMKM.
2. Perhatikan kalimat di awal paragraf ketiga berikut:
“Namun, ia menyoroti masih ada sejumlah risiko dalam sektor keuangan digital. Beberapa di antaranya seperti misinformasi, kesalahan pada transaksi, serta penyalahgunaan data pribadi.”
Solusi yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai pengguna keuangan digital untuk mengantisipasi hal tersebut adalah ….
a. Meningkatkan partisipasi dalam layanan keuangan .
b. Mengasah kemampuan literasi finansial.
c. Mendorong kebijakan hukum yang tegas dari pihak berwenang.
d. Mengembangkan jaringan pengguna layanan keuangan digital.
3. Pernyataan yang tidak sesuai dengan grafik yang ditampilkan dalam wacana tersebut adalah ….
a. Jenis uang elektronik memiliki posisi tertinggi sebagai layanan yang paling sering digunakan.
b. Seluruh layanan perbankan digital paling sering digunakan selama beberapa kali dalam seminggu hingga 1-2 kali dalam sebulan.
c. Terdapat 3 jenis uang giral yang masih digunakan oleh masyarakat di samping uang elektronik, yaitu layanan mobile banking, internet banking, dan SMS banking.
d. 3 tertinggi layanan perbankan digital adalah beberapa uang elektronik yang diterbitkan oleh bank.
4. Perhatikan beberapa hal berikut:
1. Belum optimalnya perkembangan fintech di Indonesia.
2. Jumlah populasi yang sangat banyak.
3. Tingkat literasi keuangan yang masih rendah.
4. Adanya sejumlah risiko dalam sektor keuangan digital.
Penyebab dari rendahnya tingkat persentase pengguna layanan keuangan di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara adalah ....
a. 1, 2, dan 3.
b. 1, 3, dan 4.
c. 2, 3, dan 4.
d. 2, 4, dan 1.
5. Apa contoh tindakan yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk ikut meningkatkan literasi finansial di Indonesia?
a. Menginstal aplikasi keuangan di komputer dan smartphone.
b. Membuat akun di bank dan menggunakan produk-produk perbankan.
c. Mencoba mengatur dan mengoptimalkan uang jajan dari orangtua.
d. Menggunakan uang elektronik dalam transaksi sehari-hari.
B. Esai
1. Apa peran utama uang dan lembaga keuangan dalam sistem perekonomian masyarakat?
2. Menurutmu apa saja perbedaan ciri-ciri antara berinteraksi secara langsung dengan berinteraksi melalui media digital? (Jawablah menggunakan tabel berikut)
Ciri-ciri interaksi secara langsung | Ciri-ciri interaksi melalui digital |
|
|
3. Pasangkanlah kondisi permasalahan dengan prinsip solusi berikut, lalu jelaskanlah mengapa kamu memasangkan hal tersebut.
No. | Kondisi (Permasalahan) | Poin | Prinsip (Solusi) |
1 | Banyak warganet yang menggunakan berbagai aplikasi digital tapi tidak pernah membaca syarat dan ketentuan penggunaannya sehingga sering terjadi pelanggaran batas minimum usia atau penggunaan aplikasi tidak dengan semestinya. | A | Respect |
2 | Seorang remaja merasa tertekan karena ia mendapatkan banyak ejekan setelah mengunggah foto di media sosial, baik oleh orang yang ia kenal maupun oleh orang lain yang tidak dikenalinya. Ia mengalami apa yang dikenal sebagai cyber bullying. | B | Educate |
3 | Perilaku kriminal seperti penipuan dan pencurian data pribadi kerap terjadi di internet sehingga banyak pihak yang menjadi korban. | C | Protect |
• Nomor 1 dengan poin …, karena ….
• Nomor 2 dengan poin …, karena ….
• Nomor 3 dengan poin …, karena ….
4. Perhatikan gambar berikut.
Masyarakat modern menggunakan berbagai macam alat pembayaran dalam melakukan transaksi. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan alat pembayaran berbasis elektronik yang ditunjukkan oleh gambar tersebut?
5. Perhatikan studi kasus berikut.
Dhea adalah seorang murid yang mewakili sekolahnya untuk mengikuti lomba tingkat nasional. Dari lomba tersebut ia berhasil meraih medali emas dan menerima uang pembinaan sebesar Rp10.000.000. Dalam pemanfaatan uang hadiah tersebut, Dhea mengalami kesulitan untuk bisa mengaturnya secara tepat. Ia ingin mengalokasikan uangnya secara proporsional (sesuai) untuk tabungan, investasi, sedekah, dan hiburan.
Jika kamu menjadi Dhea, bagaimana kamu akan mengatur alokasi uang tersebut?
Belum ada tanggapan untuk "Kumpulan Soal IPS SMP/MTs Kelas 9 Tema 02 Perkembangan Ekonomi Digital"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.