Berdasarkan kurikulum terbaru, yakni kurikulum merdeka atau KOSP, pada PAI untuk SMP terdapat materi tentang sejarah kekhalifahan dinasti Abbasiyyah. Untuk menguji ketuntasan dan pemahaman siswa terhadapa materi tersebut, diadakanlah ujian baik formatif atau sumatif.
Berikut kumpulan aoal PAI Bab "Meneladani Produktivitas dalam Berkarya dan Semangat Literasi Masa
Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750-1258 M)".
|
Kertas Ujian |
I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang
paling tepat.
1. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menjadi khalifah setelah merebut kekuasaan dari Bani Umayah
(2) Nasabnya bersambung sampai Nabi Muhammad saw
(3) Menjadi khalifah dalam waktu lima tahun
(4) Pendiri Daulah Abbasiyah
Fakta sejarah tentang Abu al-Abbas ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Diberi nama resmi Madīnat al-Salām
(2) Dijadikan ibu kota pemerintahan pada masa Abu al-Abbas
(3) Dibangun oleh Khalifah al-Mansur
(4) Disebut sebagai kota bundar
Fakta sejarah tentang kota Baghdad terdapat pada nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
3. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Seni industri yang berkembang di Baghdad adalah seni permadani dan
keramik
(2) Seni yang berkembang pada masa Daulah Abbasiyah diantaranya arsitektur,
patung, lukis, kaligrafi, indurtri, dan musik
(3) Penguasa Abbasiyah melarang seni patung dan lukis karena berisikan
gambar makhluk bernyawa
(4) Khalifah Harun al-Rasyid pernah menyelenggarakan suatu festival di
Baghdad yang dimeriahkan oleh dua ribu penyanyi.
Fakta sejarah tentang perkembangan seni di kota Baghdad ditunjukkan oleh
nomor ...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Didirikan oleh Khalifah Harun al-Rasyid
(2) Dikembangkan oleh Khalifah al-Makmun
(3) Awalnya perpustakaan pribadi Khalifah al-Mansur
(4) Menjadi pusat ilmu pengetahuan dunia pada masa al-Muktasim
Fakta sejarah tentang Bayt al-Ḥikmah ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
5. Perhatikan narasi berikut!
Daulah Abbasiyah memberikan perhatian yang besar kepada para penerjemah
buku. Mereka mendapatkan fasilitas dan sarana yang memadahi dari para penguasa
untuk mengembangkan kegiatan penerjemahan dan keilmuan. Salah satu di antaranya
adalah seorang penerjemah yang bernama Hunayn ibn Ishaq.
Fakta tentang sosok yang disebut dalam narasi yang tidak benar adalah ....
A. Menerjemahkan buku bahasa Yunani ke bahasa Syria
B. Beragama Kristen Nestorian
C. Berasal dari golongan Sābi‘īn
D. Bekerja di Bayt al-Ḥikmah
6. Perhatikan narasi berikut!
Para penguasa Daulah Abbasiyah di masa keemasan memiliki perhatian yang
besar terhadap perkembangan Bayt al-Ḥikmah. Mereka menjadikan Bayt al-Ḥikmah
sebagai pusat ilmu pengetahuan dunia.
Para khalifah tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. al-Mansur
B. al-Rasyid
C. al-Makmun
D. al-Muktasim
7. Perhatikan narasi berikut!
Pada masa Abbasiyah para penerjemah buku memiliki tempat yang istimewa
di mata para penguasa. Mereka mendapatkan fasilitas yang sangat memadai sebagai
imbalan atas pekerjan mereka dalam menerjemahkan buku dan mengembangkan ilmu
pengetahuan.
Berikut ini yang bukan perlakuan para penguasa terhadap mereka adalah
....
A. Mendapat upah menerjemahkan buku berupa uang dinar seberat buku yang
diterjemahkan
B. Mendapatkan gaji pokok dalam profesinya sebagai penerjemah
C. Mendapatkan fasilitas pengembangan diri di Bayt al-Ḥikmah
D. Diangkat sebagai pejabat di istana khalifah
8. Perhatikan narasi berikut!
Para penguasa Daulah Abbasiyah memberikan kebebasan kepada pemeluk
agama non Islam untuk menjalankan agamanya sesuai dengan keyakinan
masing-masing. Mereka juga diberi kesempatan untuk ikut aktif dalam membangun
peradaban ilmu pengetahuan pada saat itu.
Berikut ini yang bukan bagian dari peran aktif tersebut adalah ....
A. Kaum Kristen Nestorian banyak terlibat dalam proyek penerjemahan dari
bahasa Yunani
B. Kaum Sābi‘īn (penyembah matahari)
berperan dalam pengembangan seni kaligrafi
C. Kaum Kristen Nestorian berperan dalam mengembangkan seni mural
D. Kaum Sābi‘īn (penyembah matahari)
terlibat aktif dalam penerjemahan
9. Perhatikan narasi berikut!
Masa keemasan era Daulah Abbasiyah tidak hanya berbicara tentang kesuksesan
umat Islam. Ada peran-peran umat non-Islam yang berkontribusi besar terhadap
masa keemasan itu. Di antaranya adalah peran para penerjemah yang beragama
Kristen Nestorian ataupun kaum
Sābi‘īn.
Nilai keteladanan yang terdapat pada narasi tersebut adalah ....
A. Moderasi umat beragama
B. Toleransi antar umat beragama
C. Keharmonisan intelektual
D. Hubungan antar umat beragama
10. Perhatikan narasi berikut!
Berkembangnya Bayt al-Ḥikmah sebagai pusat ilmu pengetahuan dunia berawal
dari tradisi penerjemahan buku yang berkembang dalam di wilayah Abbasiyah.
Membaca dan menerjemahkan buku serta mendirikan perpustakaan menjadi gaya hidup
masyarakat pada saat itu. Masyarakat hidup dalam keadaan sejahtera sehingga
memiliki kesempatan untuk
membaca ataupun menerjemahkan buku. Hal itu merupakan kesadaran bahwa
kemajuan dapat dicapai dengan kesungguhan.
Nilai keteladanan yang terdapat pada narasi tersebut adalah ....
A. Literasi pangkal kemajuan
B. Kesejahteraan pangkal literasi
C. Literasi pangkal kesejahteraan
D. Kesejahteraan pangkal kemajuan
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Bani Abbas berhasil mengembangkan Daulah Abbasiyah setelah berhasil merebut
kekuasaan dari Daulah Umayah. Mengapa mereka melakukan hal itu?
2. Daulah Abbasiyah berhasil mengembangkan kota Baghdad sebagai pusat
peradaban dunia. Bagaimana cara mereka melakukannya?
3. Daulah Abbasiyah berhasil mengembangkan Bayt al-Ḥikmah sebagai pusat
ilmu pengetahuan dunia. Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan keberhasilan
itu?
4. Di balik keberhasilan Daulah abbasiyah mencapai masa keemasan, terdapat
keharmonisan intelektual atar umat beragama. Bagaimanakah gambaran keharmonisan
tersebut?
5. Keteladanan apakah yang bisa diambil dari keharmonisan intelektual antar
agama untuk kehidupan kebangsaan di Indonesia?
Belum ada tanggapan untuk "Bank Soal PAI Bab Sejarah Kekhalifahan Daulah Bani Abbasiyyah"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.