1. Pengertian Peer Teaching
Peer teaching atau tutor sebaya adalah
metode pembelajaran dengan cara memberdayakan peserta didik yang berkemampuan
lebih tinggi dari peserta didik lain untuk bertugas menjadi tutor yaitu
memberikan pelajaran dan latihan kepada teman lain yang belum paham.
|
Tutor Sebaya |
Pemilihan tutor sebaya harus
memperhatikan beberapa hal antara lain:
a) Diterima dan disetujui peserta
didik yang akan dibimbing
b) Mampu menjelaskan materi yang
dibutuhkan peserta didik yang merasa kesulitan
c) Memiliki sikap rendah hati
d) Memiliki daya kreatifitas untuk
memberikan bimbingan kepada peserta didik lain
2. Tujuan Peer Teaching
a. Memberikan umpan balik sehingga
siswa belajar secara aktif
b. Siswa lebih cenderung berani
untuk bertanya / aktif
c. Memotivasi dan meyakinkan
siswa
d. Efektif untuk meningkatkan
harga diri (selfesteem), pengembangan akademik dan social, meningkatkan
keterampilan berpikir kritis
e. Meningkatkan keseluruhan
perilaku, sikap, harga diri, komunikasi, ketrampilan interpersonal
3. Manfaat Peer Teaching
a. Otak bekerja secara aktif
b. Hasil belajar yang maksimal
c. Tidak mudah melupakan materi
pelajaran
d. Proses pembelajaran yang
menyenangkan
e. Otak dapat memproses informasi
dengan baik
4. Tahap Pelaksanaan Peer Teaching
a. Pilih materi yang dapat
dipelajari siswa secara mandiri dan dibagi sub-sub materi (segmen materi).
b. Bagilah siswa menjadi
kelompok-kelompok kecil yang heterogen
c. Masing-masing kelompok diberi
tugas mempelajari satu bab materi
d. Setiap kelompok melalui
wakilnya menyampaikan sub materi sesuai dengan tugas yang telah diberikan. Guru
bertindak sebagai nara sumber utama.
e. Setelah kelompok menyampaikan
tugasnya beri kesimpulan dan klarifikasi seandainya ada pemahaman siswa yang
perlu diluruskan.
5. Kelebihan dan Kekurangan Metode Peer
Teaching
Kelebihan Peer Teaching
a. Meningkatkan motivasi belajar
siswa
b. Meningkatkan kualitas dan
proses pembelajaran
c. Meningkatkan interaktif sosial
siswa dalam pembelajaran
d. Mendorong siswa ke arah
berpikir tingkat tinggi
e. Mengembangkan keterampilan
bekerja dalam kelompok
f. Meningkatan rasa tanggung
jawab untuk belajar sendiri
g. Membangun semangat bekerja
sama
h. Melatih keterampilan
berkomunikasi
i. Meningkatkan hasil belajar
j. Mempererat hubungan antar
siswa sehingga mempertebal perasaan sosial dan rasa solidaritas antar siswa.
Kekurangan peer teaching
a. Memerlukan waktu yang relatif
lama
b. Jika siswa tidak memiliki
dasar pengetahuan yang relevan maka metode ini menjadi tidak efektif
c. Kemungkinan didominasi oleh
siswa yang suka berbicara, pintar, atau yang ingin menonjolkan diri
d. Tidak semua guru memahami cara
masing-masing siswa bekerja di kelompok
e. Perlu dimodifikasi agar sesuai
diterapkan pada siswa Memerlukan perhatian guru yang ekstra ketat
Hellooo... Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat. Silahkan kunjungi laman web kampus kami tercinta walisongo.ac.id</a
ReplyDelete