Di akhir kelas 8, peserta didik memahami kondisi geografis
Nusantara dan potensi serta pelestarian sumber dayanya. Ia menganalisis
hubungan antara keragaman kondisi geografis Nusantara terhadap pembentukan
kemajemukan budaya. Ia juga memahami perkembangan hubungan antarwilayah di
Nusantara hingga munculnya semangat kebangsaan Indonesia. Peserta didik
mengumpulkan data dengan melakukan observasi masalah-masalah sosial kemudian
mengembangkan dan mempresentasikan temuan menggunakan berbagai media digital
dan nondigital. Ia melakukan penelitian sederhana, membuat karya atau melakukan
aksi sosial yang relevan di lingkungan sekitar dalam perspektif nasional,
kemudian ia melakukan refleksi dari setiap proses yang sudah dilakukan.
|
Merdeka Mengajar |
Capaian Pembelajaran Kelas VIII Pelajaran IPS beradasarkan kurikulum merdeka atau kurikulum 2021
1. CP: Memahami kondisi geografis Nusantara dan potensi serta
pelestarian sumber dayanya.
Ruang Lingkup Materi:
Sejarah:
• Sejarah Nusantara di periode awal abad Masehi hingga masa
kerajaan (perspektif lingkungan)
Geografi:
• Keragaman alam Indonesia.
• Potensi, pemanfaatan, dan pelestarian Sumber Daya Alam
Indonesia
• Populasi.
Ekonomi:
• Potensi, pemanfaatan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia
sebagai tenaga produktif perekonomian.
Sosiologi:
• Lembaga sosial (Struktur Pemerintahan Daerah)
2. CP: Memahami hubungan antara kondisi geografis Nusantara
terhadap pembentukan kemajemukan budaya.
Ruang Lingkup Materi:
Sejarah:
• Sejarah Nusantara di periode awal abad Masehi hingga masa
kerajaan (perspektif kehidupan sosial).
Geografi:
• Hubungan proses geografis terhadap lingkungan sosial
budaya masyarakat.
• Dinamika Kependudukan Indonesia Ekonomi:
• Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau
Sosiologi:
• Mobilitas Sosial
• Pluralitas Masyarakat Indonesia
• Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial.
• Keberagaman (politik, budaya, agama, ekonomi, sosial,
gender, usia) masyarakat Indonesia.
3. CP: Memahami perkembangan hubungan
antarwilayah di Nusantara hingga munculnya semangat kebangsaan Indonesia.
Ruang Lingkup Materi:
Sejarah:
• Sejarah masa kolonialisme hingga kemerdekaan.
Geografi:
• Jalur perdagangan antarwilayah di pelayaran samudera.
Ekonomi:
• Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan
Internasional.
Sosiologi:
• Dinamika sosial pada masa pergerakan kebangsaan.
4. CP: Memahami peran pemerintah dan masyarakat dalam
mendorong perekonomian.
Ruang Lingkup Materi:
Sejarah:
• Sejarah masa orde lama, orde baru, dan reformasi
(Perspektif ekonomi)
Geografi:
• Demografi wilayah.
Ekonomi:
• Perdagangan Internasional sebagai Perwujudan Kerja Sama
Ekonomi antarnegara.
• Peran Iptek dalam Kegiatan Ekonomi
Sosiologi:
• Dinamika penduduk.
• Populasi
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Capaian Pembelajaran IPS Kelas 8 SMP Kurikulum 2021"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.