Untuk mengukur pemahaman siswa pada bab tertentu, diadakanlah tes baik berupa UH, UTS, dan ujian laiinya. Berikut kumpulan soal Bab "Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat". Kumpulan soal dibawah bisa dijadikan bahan latihan atau sebagai referensi dalam membuat soal.
|
Ujian |
I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang
paling tepat.
1. Dalam sebuah kisah, Nabi Isa a.s melarang untuk mencela bahkan terhadap
bangkai anjing sekali pun. Pelajaran yang dapat kita ambil adalah ....
A. Nabi Isa a.s adalah Nabi yang hebat
B. Kita harus perhatian terhadap anjing
C. Kita harus bersabar atas ketentuan Allah swt
D. Kita menghargai sesama makhluk Allah swt
2.
Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Menghadapi
pertandingan futsal minggu depan, Budi bersama timnya harus lebih giat
berlatih. Mereka berlatih setiap hari, tetapi pada hari minggu ini beberapa
anggota tim tidak datang untuk latihan karena harus menghadiri kegiatan
keagamaan.
Perwujudan
sikap toleransi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah....
A. tetap
berlatih dengan semangat walau pun beberapa anggota tim tidak hadir
B. mencari
pemain pengganti, karena kalau ingin menang tim harus selalu kompak
C.
menganjurkan agar semua anggota tim lebih mementingkan latihan agar dapat
meraih kemenangan
D. menunggu
anggota tim yang mengikuti kegiatan keagamaan terlebih dahulu, baru berlatih
bersama
3. Perhatikan penggalan ayat berikut!
وَكَذَلِكَ
جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ
Isi kandungan dari kutipan ayat di atas adalah ....
A. Islam mengajarkan umatnya agar bersikap sopan dan ramah kepada orang
lain.
B. Islam mengajarkan umatnya agar bersikap adil dan berperilaku jujur.
C. Islam mengajarkan umatnya agar bersikap adil dan berperilaku secara
moderat.
D. Islam mengajarkan umatnya agar bersikap toleransi dan ramah.
4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Tidak membedakan latar belakang seseorang
(2) Memberikan tugas sesuai dengan kemampuan
(3) Memberikan hak kepada pemiliknya
(4) Mempertimbangkan keseimbangan tertentu
Dimensi adil yang bermakna proporsional terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
5. Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada saat kerja bakti membersihkan kelas, sebagai ketua kelas Fatimah membagi
pekerjaan kepada teman-temannya. Siswa laki-laki diberi tugas untuk
mengeluarkan meja dan kursi, lalu memasukkannya kembali setelah lantai
dibersihkan. Sedangkan siswa perempuan mendapat tugas untuk menyapu dan mengepel
lantai.
Pandangan yang tepat terhadap ilustrasi tersebut adalah ....
A. Fatimah tidak berbuat adil karena membedakan laki-laki dengan perempuan
B. Fatimah tidak adil terhadap laki-laki karena memberikan pekerjaan berat
kepada mereka
C. Fatimah berbuat adil karena semua mendapatkan tugas yang sama untuk
membersihkan kelas
D. Fatimah berbuat adil dengan mempertimbangkan keseimbangan pekerjaan
laki-laki dan perempuan
6. Perhatikan tabel berikut!
Istilah
1 Adil
2 Moderat
3 Sekuler
4 Guluw
Pengertian
A Jalan tengah tidak ekstrem pada dua kutub
B Berlebihan dalam menjalankan agama
C Memberikan hak kepada pemiliknya
D Memisahkan agama dari urusan dunia
Pasangan istilah dan pengertian yang tepat pada tabel tersebut adalah
....
A. 1-A, 2-B, 3-C, 4-D
B. 1-B, 2-D, 3-A, 4-C
C. 1-C, 2-A, 3-D, 4-B
D. 1-D, 2-C, 3-A, 4-B
7. Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada saat pelajaran sedang berlangsung, sayup-sayup terdengar azan berkumandang.
Mendengar azan berkumandang, Yanto meminta ijin keluar kelas untuk melaksanakan
salat zuhur. Menurut Yanto salat zuhur di awal waktu adalah sunah rasulullah
Muhammad saw.
Bagaimana penilaian yang tepat terhadap sikap Yanto?
A. sikap Yanto sudah tepat karena mengikuti sunah rasulullah Muhammad
saw.
B. Yanto melakukan hal yang benar karena ia telah meminta ijin untuk melaksanakan
salat zuhur
C. Harusnya Yanto melaksanakan salat zuhur pada waktu istirahat atau
waktu yang telah dijadwalkan oleh sekolah
D. Yanto sudah bersikap moderat karena tidak melupakan kewajiban salat
di tengah aktivitasnya sebagai seorang pelajar
8. Perhatikan narasi berikut!
Di awal pandemi covid-19, banyak daerah yang tidak menyelenggarakan salat
Idulfitri sesuai dengan anjuran pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia.
Tujuannya adalah untuk memutus penyebaran covid-19 agar bisa dikendalikan.
Bagaimana penilaian yang tepat terhadap realitas tersebut?
A. tidak diselenggarakannya salat Idulfitri adalah kebijakan ekstrem yang
terlalu mementingkan kehidupan dunia.
B. peniadaan salat Idulfitri merupakan sikap moderat umat Islam yang memilih
untuk menghindari kemudaratan covid-19.
C. harusnya salat Idulfitri tetap dijalankan karena hidup dan mati seseorang,
baik karena covid-19 atau bukan sudah ditentukan.
D. anjuran pemerintah sudah tepat karena mendahulukan kepentingan kesehatan
masyarakat umum dari pada kepentingan satu agama saja.
9. Perhatikan nama-nama berikut!
(1) Ki Bagoes Hadikoesoemo
(2) Kasman Singodimedjo
(3) Muhammad Hatta
(4) Wachid Hasyim
(5) Soekarno
Nama-nama pemimpin umat Islam yang menyetujui penghapusan tujuh kata
sila pertama Pancasila demi persatuan Indonesia adalah nomor ....
A. (1), (2), dan (4)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (1), (4), dan (5)
10. Perhatikan narasi berikut!
Sore hari setelah proklasmasi kemerdekaan RI, ada aspirasi dari wilayah
timur Indonesia yang keberatan dengan kalimat “dengan kewajiban menjalankan
syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Aspirasi ini pun disampaikan kepada
para pemimpin umat Islam pada saat itu. Akhirnya para pemimpin Islam itu
menyetujui dihapuskannya tujuh kata tersebut
dan diganti dengan Pancasila.
Pandangan yang tepat terhadap narasi tersebut adalah bahwa kisah tersebut
....
A. merupakan kegagalan perjuangan umat Islam yang ingin menjadikan Islam
sebagai dasar negara.
B. menunjukkan bahwa para pemimpin umat Islam memiliki sikap moderat
dalam mengambil keputusan
C. merupakan pengkhianatan masyarakat di wilayah Timur Indonesia terhadap
perjuangan umat Islam
D. menunjukkan bahwa sejak awal, kepentingan umat Islam di Indonesia
selalu dikorbankan demi menghormati minoritas
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Jelaskan yang dimaksudkan dengan ummatan wasaṭan
dalam Q.S. al-Baqarah/2:143!
2. Bagaimana cara menjadi ummatan wasaṭan
sebagaimana yang dimaksudkan dalam Q.S. al-Baqarah/2: 143!?
3. Bagaimanakah hubungan antara sikap adil dan moderat? Jelaskan dan berikan
2 contoh!
4. Perhatikan ilustrasi berikut!
Andi sudah terbiasa melaksanakan puasa setiap hari senin dan kamis. Berdasarkan
seleksi yang dilakukan oleh pengurus OSIS beserta guru pembina, Andi terpilih
menjadi anggota regu gerak jalan. Waktu latihan sudah diputuskan empat kali
dalam satu minggu, yaitu senin, rabu, kamis, dan sabtu. Tentu saja ini menjadi
suatu dilema bagi Andi. Apakah ia tetap akan menjalankan puasa ataukah tidak
pada saat latihan.
Bagaimana pendapatmu, sikap moderat seperti apakah yang bisa diambil oleh
Andi?
5. Perhatikan ilustrasi berikut!
Asti sudah terbiasa mengenakan jilbab semenjak kelas 7 SMP. Saat ia naik
kelas 8, Asti lolos seleksi grup vokal yang diselenggarakan oleh sekolahnya.
Grup vokal itu terdiri dari 5 orang. Kebetulan hanya Asti yang mengenakan
jilbab. Pelatih grup sempat menanyakan apakah Asti
akan tetap mengenakan jilbabnya dalam penampilan grup. Asti pun merasa
dalam dilema. Ia sangat senang bisa masuk grup vokal. Tapi ia merasa berbeda
karena mengenakan jilbab sendiri. Ia semakin bingung karena ada pertanyaan
tentang dari pelatihnya.
Bagaimana pendapatmu, sikap moderat seperti apakah yanng bisa diambil
oleh Asti?
Belum ada tanggapan untuk "Soal Latihan PAI Bab Indahnya Beragama Secara Moderat"
Post a Comment
Dilarang membagikan link judi, pornografi, narkoba, dan kekerasan. Terimakasih.